Peringati HORI, BI Kpa NTT Gelar Pameran Virtual di Lippo Plaza Kupang

Birokrasi Perbankkan Regional

NTT, TOPNewsNTT|| Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur meluncurkan Pameran Virtual Reality (VR) Museum Bank Indonesia dalam rangkaian event GEBYAR Gema Edukasi Beta Sayang Rupiah NTT.

Kegiatan yang berlangaung pada Sabtu,  6 November 2021, jam 15:00WITA di Atrium Lippo Mall Kupang oleh BI NTT ini adalah merupakan rangkaian kegiatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) pada 30 Oktober 2021 untuk menumbuhkan Cinta ,

Bangga dan Paham (CBP) Rupiah kepada masyarakat. Nampak hadir pada acara ini diantaranya Walikota Kupang Bapak Jefirstson R. Riwu Kore, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi NTT  Bapak Lery Rupidara, Dandim 1604/Kupang diwakili Kasdim 1604/Kupang Bapak Letkol Inf Sugeng Prihatin , Kapolres Kupang Kota yang diwakili Wakapolres Kupang Kota Bapak Kompol Iwan Iswahyudi , Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Bapak Catur Ariyanto Widodo , Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi NTT yang diwakili Wakil Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi NTT Bapak Setia Arianto, Mall Director Lippo Plaza Kupang Bapak Irwan Setiadi,  rekan media jurnalis pers, GENBI, Ketua Persatuan Istri Pegawai Bank Indonesia (PIPEBI) NTT Ibu Kadek Hemamalini, dan juga para konsultan serta pegawai BI NTT.

Launch Pameran Virtual Reality (VR) Museum Bank Indonesia Pusat yang berlangsung di Lippo Mall Kupang NTT ini dilaksanakan selama 3 minggu, dan Walikota Kupang serta Karo Ekonomi turut serta tes kacamata Virtual Reality, untuk merasakan pameran virtual dan sensasi kacamata Virtual Reality dengan Headset guna melihat secara langsung uang-uang yang berada di museum Bank Indonesia Pusat Jakarta bersama Kepala Bank Indonesia NTT secara virtual.

Kacamata VR yang digunakan membuat seolah-olah dan seakan-akan pengunjung sedang berada di dalam museum Bank Indonesia di Jakarta dan melihat serta merasakan sensasi virtual Reality, seperti keadaan sesungguhnya di berbagai sudut ruangan gedung Museum Bank Indonesia dan bisa touring berkeliling melihat berbagai koleksi uang rupiah Indonesia dari masa ke masa, serta dari jaman Indonesia Merdeka.

Walikota Kupang, Bapak Jefri Riwu Kore menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia khususnya kepada Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTT atas terselenggaranya Pameran Virtual Museum Bank Indonesia ini, sehingga menjadi edukasi kepada masyarakat di kota kupang NTT untuk cinta, bangga dan paham rupiah.

Walikota juga  berterima kasih atas segala dukungan yang diberikan BI NTT kepada Pemerintah Kota Kupang selama ini, dengan berbagai kerjasama di bidang Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan sinergi yang baik untuk pemulihan ekonomi nasional khususnya di Kota Kupang dan NTT secara menyeluruh.

Menurut Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja Kepala BI NTT, juga berupaya untuk mengangkat ekonomi sektor riil di Kotamadya Kupang, dengan membangun juga Dekranasda Kota Kupang berupa gallery, karena pelaku UMKM hampir 90% di Kota Kupang NTT, agar ekonomi Kupang NTT bisa bertumbuh secara positif walau di masa Pandemi.

Sedangkan Karo Ekonomi Setda Provinsi NTT, Bapak Lery Rupidara mengungkapkan Rupiah sebagai kedaulatan bangsa, dan sebagai fungsi pokok di alat pembayaran, bisa terjaga secara maksimal ketersediaannya di pelosok negeri terkhusus 22 Kabupaten/Kota di NTT dan pemerintah provinsi NTT mendukung secara optimal berbagai kegiatan Bank Indonesia NTT.|| juki br

Dilanair dari media darin jejeak hukum.foto dan redaksi : Hendrik Misa.