Hadiri Penutupan TMMD Ke 114/TA 2022 di Niukbaun, Wabup.Jery Manafe Apresiasi Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

Birokrasi Daerah Pembangunan Desa TNI/POLRI

NIUKBAUN, TOPNewsNTT|| Pelaksanaan kegiatan TMMD ke 114 Tahun Anggaran 2022 KODIM 1604/Kupang sudah mencapai batas akhir pada 24 Agustus 2022 sesuai jadwal yang sudah diprogramkan selama sebulan yakni 26 Juli-24 Agustus 2022.

TMMD 114 TA 2022 berlangsung di Desa Niulbaun, kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang merupakan program kerja KODIM 1604/ Kupang yang berada  di wilayah kerja Kodam 9 Udayana yang dilaksanakana dalam rangka  membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik yang fisik maupun nonfisik, juga untuk  memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang dan kondisi prajurit yang tangguh.

Thema TMMD 114/TA 2022 Desa Niukbaun, “TMMD Dedikasi Terbaik, Membangun NKRI.”

Dalam laporan panitia pelaksana kegiatan dilaporkan dari sasaran yang telah dikerjakan dalam TMMD ke 114 2022 fisik maupun nonfisik fisik yakni pembangunan rumah pastoral gereja Katolik Santa Theresia Kabupaten Amarasi Barat, Rumah Pendeta GPDI, Rumah Pastori GMIT,  2 unit MCK dan  pembangunan jalan rabat 150 meter serta kegiatan non fisik (sosialisasi dan penyuluhan) ada 7 kegiatan bagi 100 orang peseeta yamg berasal dari masyarakat desa Niukbaun semuanya sudah seratus persen selesai.

Kegiatan sasaran non fisik berupa sosialisasi dan penyuluhan antara lain, penyuluhan teknologi tepat guna, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, Penyuluhan tentang kesadaran hukum, penyuluhan terkait perekrutan prajurit TNI, Penyuluhan tentang pertanian, pengeluaran tentang covid-19,  Penyuluhan tentang bela negara, Penyuluhan tentang stunting dan penyuluhan teknologi tepat guna.

Kegiatan non fisik djlaksanakan pada sejak tanggal 18 – 25 Juli 2022 sedangkan kegiatan fisik dilaksanan sejak 25 Juli – 24 Agustus 2022.

Pemerintah Kabupaten Kupang diwakili oleh wakil Bupati Jery Manafe usai kunjungi 2 rumah pastori gereja St.Theresia dan GPDI mengatakan sebagai pemerintah Kabupaten Kupang mengatakan apresiasi dan terima kasih atas kontribusi TNI khususnya KODIM 1604/Kupang lewat program TMMD ke 114 tahun 2022 karena sudah mau ada dan terlibat bersama masyarakat melaksanakan pembangunan baik secara fisik maupun non fisik.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI, karena lewat TMMD ke 114 Tahun Anggaran 2022 di desa Niukbaun ini sangat luar biasa. Kami sebagai pemerintah sangat  mengapresiasi bahwa hasil dari pembangunan sasaran fisik maupun nonfisik dari kegiatan sangat luar biasa.” Ujar Wabup Jery.

“Ini saya lihat bahwa kontraktor pun harus banyak belajar dari TMMD. Karena banyak kontraktor yang saya temui di lapangan pekerjaan-pekerjaan mereka masih banyak yang belum sempurna. Teman-teman wartawan bisa lihat saja dari luar saja catnya begitu bagus apalagi di dalam. Dan hari ini saya lihat yang dilakukan di desa NiukBaun yaitu ada 5 item pekerjaan fisik yaitu pembangunan 3 pastori, 1 rabat, 2 MCK.

Dan ada juga penyampaian penyampaian materi penguatan kepada masyarakat sosialisasi mengenai beberapa hal teristimewa yang lagi hangat sekarang mengenai stunting,  covid dan juga bagaimana anak-anak kita bisa lolos masuk TNI, kesadaran hukum dan sebagainya.

Yang kedua lewat TMMD ini merupakan sesuatu yang menyentuh kepada masyarakat. “Saya melihat di dalam kegiatan TMMD ini bukan baru kali ini saja saya lihat. Berapa kali saya ikuti sampai Amfoang Timur sampai  di daerah perbatasan pun masyarakat itu merasa sangat welcome dan menerima kehadiran anggota TNI dalam membangun desa lewat beberapa sasaran fisik dan non fisik ini.” Ungkap Wabup.Jery bangga.

Ia berharap program sepeeti ini perlu diteruskan dan mengharapkan TNI bisa terus bekerjasama dengan pemda untuk membangun desa bersama-sama sesuai dengan kebutuhan yang mereka butuhkan.

“Dan ini menjadi suatu Trigger atau pemacu contoh untuk pembangunan di desa harus dengan dana yang sangat terbatas tapi kualitas dan hasil yang sangat luar biasa dan waktu yang sangat tepat dan cepat sekali.” Kata Jery.

“Ketiga saya sangat berterima kasih baik itu kepada komandan Korem dan kepada pak kasrem dan seluruh jajaran TNI dan Dandim 1604 Kupang dan seluruh jajaran yang sudah bersedia dan untuk ada bersama kita disini, dan teristimewa Kasad sebagai penanggungjawab TMMD di seluruh Indonesia.” Ungkapnya.

“Dan Kita berterima kasih kepada TNI yang sudah ada bagi masyarakat sama dengan masyarakat, dan saya sebagai pemerintah Kabupaten Kupang, Desa Niukbaun,  Kecamatan Amarasi Barat mengucapkan terima kasih banyak TNI ada bersama rakyat dan Tuhan selalu bersama memberkati TNI dalam selurh aspek dan aktifitas. Dan kami percaya bahwa masyarakat bersama TNI dalam pekerjaan fisik yang mungkin agak sulit tapi bersama TNI bisa melaksananakan pekerjaan di kabupaten Kupang.” Kata Jery berterima kasih.

Sementara Dudung Abdurachman, S.E., M.M Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dalam sambutannya dibacakan oleh inspektur upacara Kasrem 161/Ws Kolonel Inf.Harseni Panie mengatakan Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan Ridhonya kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga dapat hadir untuk mengikuti acara penutupan TNI Manunggal membangun desa ke 114 Tahun Anggaran 2022 ¹ pada penutupan tmmd 114 Tahun 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selama 1 bulan (25 Juli-24 Agustus 2022) TNI,  Pemda dan masyarakat telah menyelesaikan program TMMD ke-114 Tahun Anggaran 2022 dan  ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa,  khususnya pemerintah daerah dalam mempercepat kesejahteraan masyarakat.

“Oleh sebab itu sebagai kepala dan penanggung jawab operasional TMMD ke 114/2022,  Saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu secara moril dan materil sehingga kegiatan TMMD ke 114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.” Ujar Kasrem Panie.

Program TNI manunggal bersama rakyat membangun desa ini sudah dimulai sejak tahun 1980an, dengan sebutan program ABRI Masuk Desa AMD.

Setelah melalui berbagai evaluasi program TMMD mengalami penyempurnaan, program tmmd yang telah berlangsung selama 42 tahun Apa yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah perdesaan sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

Pada pelaksanaan TMMD Ke 114 Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan di wilayah Kodam 9 Udayana khususnya KODIM 1604/Kupang setelah dikerjakan sasaran fisik dan non fisik antara lain 3 rumah pastori, 1 jalan rabat 150 meter, 2 unit MKC dan sasaran fisik penyuluhan dan sosialiasasi tentan Bela Negara, Stunting, Covid, Pertanian, Kesadaran Hukum, Pertanian, Wawasan Kebangsaaan, Rekrutmen TNI, Teknologi Tepat Guna, Postandu dan Pospidu PTM.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menggugah kesadaran masyarakat ttg program-program pemerintah ttg program penurunan stunting, ketahanan pangan, dan kesehatan.

Selalu penanggung jawab operasional TMMD 114 TA 2022, saya sampaikan permohonan maaf apabila dlm pelaksanaan TMMD ada ingkah laku dan kata2 yang tidak berkenan baik yg disengaja maupun yg tidak disengaja.

Atensi dan harapan yang disampaikan dalam pelaksanaan TMMD 114 2022 :
Pertama adalah menjaga kemanunggalan antara TNI dan masyarakat, pelihara semangat gotong royong, sebagai budaya bangsa yang sudah terpelihara dengan baik selama ini.

Pelihara hasil program TMMD 114 TA 2022 supaya dapat dinikmati oelh seluruh warga masyarakat dalam kurun waktu yang panjang.

Kepada Dan Satgas TMMD 114 2022 lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbandingan pada TMMD mendatang.

Kepada para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD 114 TA 2022, segera kembali ke induk pasukan masing-masing. Dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

Usai sambutan rombongan mengunjungi 2 sasaran fisik rumah pastori dan pendeta di 2 gereja St.Theresia dan GMIT lalu dilanjutkan ramah tamah.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur Korem 161/ws Kasrem dan jajaran, Dandim 1604 Kupang Letkol.Inf.Muhammad Iqbal.Lubis, dan jajaran, Wakil Bupati Kupang Jery Manafe dan unsur pimpinan Forkopimda kab.Kupang, ketua DPRD.kab.Kupang, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan perwakilan dunia pendidikan Kecamatan Amarasi Barat yakni siswa/i SMAN Amarasi Barat.|| juli br