4 Rancangan tenun ikat NTT Mens Wear Padu Padan by Erwin Yuan siap ‘ledakkan’ panggung Indonesia Fashion Week

Entertainmen Figur Nasional

KUPANG, TOP News NTT ■■ 4 Rancangan Mens Wear”  Padu Padan tenun ikat NTT  by Erwin Yuan siap “ledakkan” panggung Indonesian Fashion Week yang akan digelar di JCC pada 4 April 2020 mendatang.

Erwin Yuan dan belasan desainer lokal NTT lainnya diberi kesempatan istimewa oleh Ketua Dekranasda NTT Julie Sutrisno Laiskodat mengikuti ajang IFW yang pada tahun 2020 ini mengangkat thema “Milenial” dengan tujuan mengangkat tenun ikat NTT lebih dikenal baik di Indonesia maupin dunia bagi kaum milenial.  Bukan saja tenun ikat NTT akan makin dikenal, tapi akan makin disukai dan jadi bahan sandang tapi akan ikut mendongkrak harganya sehingga penenun atau pengrajin tenun ikat NTT juga makin sejahtera.
“Jadi bunda Julie mengumpulkan desainer lokal NTT untuk ikut Indonesian Fashion Week 2020 (IFW 2020) yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC)  pada  4 April 2020. Desainer lokal NTT diberi tugas oleh bunda Julie untuk angkat tenun ikat NTT yang dibagi dalam 4 kelompok yaitu desain Gaun untuk dataran Timor (oleh Defrico Audy),  untuk daratan Sumba, Sabu dan Rote dan Alor (dilatih sama desainer Maya Ratih),  untuk daratan  Flores dipegang oleh desainer Temma Prasetyo dengan thema Mens Wear atau rancangan untuk khusus pria masa kini). Saya (Erwin Yuan dengan Padu Padannya) pegang desain untuk kabupaten Sikka.” Jelas Erwin Yuan desainer  “Padu Padan” tenun ikat NTT by Erwin Yuan, model, pimpinan TCP dan jurnalis Savanaparadise.com kepada media ini di Max Coffee Lippo Plaza, (Jumat, 21/02/2020) malam.

Erwin kelihatan sangat bersemangat  peroleh kesempatan ikut dalam ajang fashion bergengsi bertaraf nasional ini. Kebanggaan lain adalah desainer yang jadi pemandu adalah desainer terkenal yang membimbing desainer lokal NTT yang akan mengerjakan semua rancangan berbahan tenun Ikat NTT sesuai thema dari seluruh daratan NTT.

Sebagai desianer khusus tenun Ikat NTT yang diberi brand Padu Padan by Erwin Yuan dan sudah dikenal ini, Erwin akui baru kali pertamanya dirinya ikut dalam ajang fashion bertaraf nasional. Sehingga ia akan mempersiapkan semuanya dengan baik. Ia diberi tanggung jawabkan siapkan 4 rancangan aslinya dengan Mens Wear  khusus pria dengan bimbingan desainer nasional Temma Prasetyo.

Erwin sangat mengapresiasi Julie Sutrisno Laiskodat  sebagai ketua Dekranasda provinsi NTT yang sangat mencintai tenun ikat NTT seperti dirinya. Dan dengan semua upaya yang sudah dilakukan Julie Sutrisno Laiskodat dalam mengangkat tenun ikat NTT selama ini sejak menjadi isteri gubernur dan ketua Dekranasda NTT, bukan saja membawa rancangan tenun ikat NTT ke kancah nasional bahkan internasional, spirit itu ikut memberikan nafas bagi semua desainer NTT bahkan memberi motivasi bagi semua masyarakat untuk mencintai tenun ikat NTT.

Erwin berharap ajang seperti ini lebih sering di buat agar bisa angkat Tenun Ikat menjadi busana sehari-hari, serta angkat desainer NTT, agar makin cinta dan mau berkarya dengan Tenun Ikat NTT, bahkan  jadi perancang nasional dan internasional.

Ia bertekad akan gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, karena ini merupakan ajang nasional pertamanya dengan membuat sesuatu yang beda dalam rancangannya.

Erwin Yuan memang seorang desainer muda berbakat yang memiliki gaya dan prinsip uniq dan berbeda dalam 4 rancangannya yang sudah terkenal ; yaitu Jas, Jacket Boomber, Hoodie dan Outer yang selalu berani dalam permainan warna dan pola tenun ikat dan kombinasi bahan yang ditabrakkan. Serta rancangannya selalu  limited edition atau tidak ada rancangan yang sama dan bisa dijiplak.

Uniq itu kata yang tepat untuk gambarkan desain Padu Padan Erwin Yuan. Hal lain adalah tidak kenal namanya bahan sisa. Itulah Erwin Yuan dengan Padu Padannya.■■ jbr