Yohanes Sason Helan Terima SK Pensiun 29 Tahun 10 Bulan GM Kopdit Swastisari Kupang

Figur Koperasi Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT||Yohanes Sason Helan menerima Surat Keputusan Pensiun masa kerja 30 tahun pada Jumat, 2 September 2023 di Aula Hotel Cahaya Bapa Kupang.

Penyerahan SK Pensiun Yohanes Sason Helan yang dalam jabatan terakhir sebagai General Manager ini digelar dengan didahului Misa Ekaristis yang dipimpin oleh tiga orang Romo.

Dalam pesan khotbah dibacakan dari Injil Perjanjian Baru 1 Tesalonika dimana Paulus berpesan agar jemaat di Tesalonika tetap berjalan dalam kasih dan jangan meninggalkan kasih persaudaraan. Bahwa hidup dalam kasih persaudaraan dapat dilaksanakan apabila dalam diri manusia ada Roh Allah sebagai pemimpin.

Yohanes Sason Helan dipensiunkan lantaran sudah mencapai batas usia pensiun pada 1.September 2023 dengan masa kerja selama 29 tahun 10 bulan.

Yohanes Sason Helan diberikan Dana pengabdian, jaminan hari tua, uang pesangon, uang pengharagaan masa kerja dan uang penggantian hak sebesar Rp1.462.797.123 (1,4M). Yohanes Sason Helan pensiun dengan pangkat terakhir Ahli madya pembina 4A dengan masa kerja 29 tahun 10 bulan tanggal pensiun 1 September 2023.

Plt GM Kopdit Swastisari adalah Hendro Paulus Siki Kacab Kopdit Swastisati Kota Kupang. Dalam pembacaan sk pengangkatan plt GM Hendro Paulus Siki sebagai plt ia diberi tugas melaksanakan semua tugas GM dalam bidang administrasi, keuangan dan material sampai dengan pejabat definitif dilantik.

Pejabat Plt.GM KSP Kopdit Swastisari diangkat dengan tugas, kewenangan dan batas kewenangan antara lain tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan strategis dan atau tindakan strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek kepegawaian, tidak berwenang mengambil keputusan dan atau  tindakan kepegawaian meliputi pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai, dalam pelaksanaan tugas dan kewakibannya pejabata plt GM KSP bertanggungjawab kepada pengurus KSP Kopdit Swastisari.

Hendro dalam sambutannya menyampaikan bahwa peristiwa hari ini adalah hal pertama pegawasi dan perintis Kopdit Swastisari purna tugas yakni GM Yohanes Sason Helan.

“Bapak GM Yohanes Sason Helan bukan hanya sebagai pemimpin kami tapi juga orangtua dimana ia selalu berada bersama kita dengan pesan “kita sudah kumpulkan mereka semua dari yang kecil di Oepoi hingga sekarang karyawan 470an sekian karyawan yang  dikumpulkan. Beliau selalu hadir di setiap cabang terutama di csbang Kupang dalam ritual pagi briefing,  doa pagi dan selalu berpesan : “ini kebun kita, lsdang kita, kita yang rawat kita yang jaga.” Motivasi itu selalu diberikan terus.” Ujar Hendro.

“Kata kunci swastisari maju adalah persaudaraan seperti pesan khotbah Romo dan selalu digaungkan oleh Yohanes Sason Helan. Saya minta dukungan semua pihak untuk dengan gerakan dan semangat yang sama untuk maju lebih cepat.” Katanya.

Yohanes Sason Helan dalam sekapur sirinya kembali menyatakan kerja yang diperolehnya di Swastisari adalah hadiah dari orang mati karena saat ia menerima SK pengangkatan sebagai staf Kopdit Swastisari malamnya ayahnya meninggal.

Minta agar semangat dan disiplin kerja yang sudah ditorehkan dalam sejarah perjalanan dan pertumbuhan Kopdit Swastisari hingga kini harus jadi sebuah warisan bagi semua yang ada di Swastisari.

“Jaga dan rawat saja dengan baik, jujur, takut akan Tuhan, kerja keras dan junjung persaudaraan dalam Tuhan. Itu kunci sukses kita. Saya ingat saat masuk uang kita baru Rp65 juta dengan anggota kita sudah 111 orang. Kerja dengan sebuah kebenaran dan ketekunan dan kita akan capai hasil yang membanggakan banyak orang saya saja tidak percaya bisa 30 tahun kerja. Saya sering tinggalkan keluarga 2 sampai 3 minggu. Karena saya ingun jika kita sudah mengumpulkan jangan kita mencerai-beraikan.” Pesannya.

Ia juga minta terutama managemen dan pengurus agar terbuka dan rangkul media. “Jangan takut dengan media karena mereka adalah mitra dan teman. Jangan takut keluarkan ratusan juga setahun bagi pembiayaan media sebagai media publikasi karena media akan membesarkan Kopdit Swastisari.” Tandasnya.

Diakhir kegiatan diserahkan cincin emas sebagai tanda mata dan sebuah sarung sebagai cinderamata akhir masa jabatan.|| jbr