Jasa Raharja NTT Sponsori Event Funtasy Teladan Dengan Pengobatan Gratis serta Sosialisasi

Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT|| Asuransi Jasa Raharja Provinsi NTT turut mendukung kegiatan Funtasy Teladan yang digelar SMA Teladan Kupang dengan membuka Posko pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis disertai edukasi peran dan fungsi Jasa Raharja.

Event Funtasy Teladan digelar pada Sabtu, 2/9 dihalaman Depan SMA Teladan di kelurahan Maulafa, Kupang dan  berlangsung dari 25 Agustus–25 September 2023.

Roy Januar Kanit Operasional Jasa Raharja NTT, menjelaskan bahwa event ini digelar masih dalam rangka perayaan HUT RI ke 78 tahun 2023.

“Jasa Raharja ingin berbagi dengan masyarakat lewat  Posko Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi msyarakt sekitar kelurahan Maulafa dan kota Kupang. Selain itu, kami juga ingin mengeduaksi masyarakat tentang peran dan fungsi Jasa Raharja, serta memperkenalkan dua program asuransi sosial, yaitu Asuransi Kecelakaan Alat Angkutan Umum yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum.” Jelas Roy januar.

“Jadi tugas fungsi Jasa Raharja adalah urus kecelakaan yang ada di NTT ini, menjamin di rumah sakit, atau bahkan membayar santunan untuk ahli waris korban meninggal dunia akibat kecelakaan. Nanti akan  dijelaskan oleh petugas Jasa Raharja memberikan informasi di sela acara Futsal ini dengan pembagian Doorprize berlangsung hari ini.” Jelasnya.

Jasa Raharja menargetkan 100 orang untuk berobat gratis dan sosiisasi hanya berlangsung pada pembukaan Funtasy Teladan (Sabtu, 2/9).

“Saya berharap ini ajang anak muda dan sekarang kecelakaan sudah year on year dari tahun lalu ke tahun ini naik sekitar 12 % lebih jika dibnadingkan Agustus 2022 ke Agustus 2023.

Menurut Rio sosilisasi ini penting  dilakukan terutama kepada anak muda yang hari ini hadir menonton karena dari data pembayaran santunan kecelakaan lalin tertinggi yang dibayarkan Jasa Raharja di NTT adalah kelompok anak muda hingga Juli 2023 sebesar hampir 14.565M lebih untuk santunan kecelakaan. Santunan kematian 9,6M susa dibayarkan, luka2 4,5% dan sisanya 100 sna 200 juta biaya pwrawatan cacat tetap, ambulan dan  P3K.

Dibandingkan demgan Juli 2022 ada kenaikan 86 orang atau 12,34%. Juli 2022 pembayaran santunan hanya Rp12M, tapi pada Juli 2023 pwmembayaran santunan mencapai Rp14,5M lebih, atau naik Rp2M lebih atau 2% sekitar.

Dari catatan Jasa Raharja, kecelakaan yang memakan korban terbesar pada pelajar dan mahasiswa. Dalam event yang dihadiri kelompo pelajar dan mahasiswa ini berarti  kita bisa sosialisasi dan himbau agar mereka taat berlalin, pakai helm lindungi kepala karena benturan pada kepala pengobatannya lebih memakan biaya daripada anggota tubuh lainnya.juga jangan meminum keras saat berkendara karena melanggar UU no 2 dan tidak dijamin oleh Jasa Raharja.

Urutan kedua lalin yang memakan korban adalah para pekerja dan akan menyebabkan kemiskinan karena orang tidak akan dapat bekerja dan hilangnya penghasilan. Dampaknya sangat besar. Itu akan menjadi musibah yang lwbih oarah daei pandemi. Kalau Pandemi menimpa semua orang dalam suatu waktu, tapi kecelakaan terjadi setiap hari.

Saat kita sednag wawancara saja, ditempat lain terjadi kecelakaan dan polisi sedang lakukan olah TKP.  Sangat miris jika orang muda dan kelompok pekerja harus tergerus oleh pembalap liar, asal berkendara, pengendara yang kebut-kebutan di jalan, pengendara yang tidak taat lalin, tidak pakai helm.

Selain lakukan sosialisasi tentang berkendara yang baik dengan pihak polisi lalin,  kita didukung oleh RS Bayangkata membuka pos pengobatan gratis di tempat ramai, kita membuka banner, spanduk dll guna edukasi, yang jelas kami banyak melakukan program action plan yakni di setiap kabupaten membentuk 5 Pilar Keselamatan, antara lain selain dari Pihak Kepolisian, Perhubungan, Dinss Kesehatan, PU dan Jasa Raharja semuanya mengupayakan cara meminimalisir korban Laka Lantas baik dengan memperhatikan lampu-lampu yang rusak diperbaiki, lampu merah yang harus dipasang dilokasi tertentu yang rawan Laka Lantas.

“Jasa Raharja juga lakukan edukasi dan sosialisasi dengan Gerakan Go to School dan Go to Campus. Selain itu kami melakukan sosialisasi lewat media sosial, radio dan media cetak untuk mengantisipasi agar minimal pengendara mengurangi kecepatan mengendarai agar kendaraan yang lecet jangan orangnya. Karena jika terjadi kecelakaan maka negara akan membayar lewat santunan dan akan menggerus keuangan negara. Kita saling memberi rasa nyaman bagi sesama pengendara, kita sama-sama toleransilah.” Ujar Roy akhiri wawancara.

Sementara ketua panitia kegiatan Alex Pau menjelaskan event Funtasy Teladan digelar untuk anak muda dan sekolah SMA Teladan dalam rangka HUT RI ke 78 tahun.

Pertandingan futsal, Pentas budaya, Gelar UMKM Boots, pengobatan gratis dan share stunting diakhir kegiatan.

Saya ajak semua anak muda kota Kupang bergandneg tanhan buat kota Kupang lebih kreatif dan sapat membantu masyarakat dengan adanya event ini mengbangkan ekonomk ekonomi kreatif dan saat ininada 50 UMKM. Ada 45 tim yang akan bertanding dan peserta dari pelajar, mahasiswa, masyarakat umum.

Sponsor Pegadaian, Jasa Raharja, Viquam, XL, Sasando Hotel dan GardaIndonesia.com.

Semoga dengan adanya kegiatan ini akan menggerakkan ekonomi kreatif, bidang olahraga dan kesehatan dan  bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan menjadikan kota Kupang lebih baik lagi.

Event dibuka sore tadi oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol.Rishian Krisna Budiaswanto.|| jbr