Kedua Kalinya Diskominfo Kota Kupang Terima Penghargaan Di Tahun 2023, Kali Ini Dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Birokrasi Warta Kota

Bandung-Jabar, TOPNewsNTT|| Bertempat di Gedung Sate, Kantor Gubernur Jawa Barat di Bandung, pada 2 September 2023 dalam Event Festival Literasi Digital (VIRAL) 2023, Dinas Kominfo Kota Kupang mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Jabar Saber Hoaks Awards sebagai Mitra Teraktif Penanggulangan Hoaks melalui Kota Kabas Hoax. Selain Dinas Kominfo Kota Kupang juga terdapat Perangkat Daerah Lain dari beberapa Wilayah yang mendapatkan apresiasi serupa, salah satu diantaranya Diskominfotik DKI Jakarta melalui Jala Hoaks.

Sekretaris Dinas Kominfo Kota Kupang Wildrian Ronald Otta yang berkesempatan hadir untuk menerima secara langsung Award tersebut, menyampaikan bahwa apresiasi yang diperoleh oleh Dinas Kominfo Kota Kupang ini tentunya adalah hasil kolaborasi yang luar biasa dari semua pihak yang terlibat dalam mendukung terlaksananya Kota Kabas Hoax untuk mewujudkan Kota Kupang Bebas Hoax. “Dalam kegiatan tersebut selain Pemberian Award juga dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Penanggulangan Hoaks antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan beberapa Perangkat Daerah dan Lembaga yang mempunyai komitmen yang sama dalam menanggulangi hoaks termasuk Dinas Kominfo Kota Kupang melalui program Kota Kabas Hoax”, ungkap Andre.

Pada kesempatan yang berbeda Kepala Dinas Kominfo Kota Kupang, Ariantje M. Baun menyampaikan terimakasih kepada semua stakeholder diantaranya Komite Intelijen Daerah Nusa Tenggara Timur, Polresta Kupang Kota, Subdit Cyber Crime Polda NTT, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undana serta Prodi Ilmu Komunikasi Undana yang telah banyak memberikan dukungan sehingga Kota Kabas Hoax dapat terlaksana dengan baik dan tentunya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas apresiasi yang diterima berupa Award sebagai Mitra Teraktif Penanggulangan Hoaks. Harapannya tentu agar kemitraan ini terus terjalin demi terwujudnya Kota Kupang bebas hoaks, terlebih dalam mengontrol informasi di dunia maya menjelang Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Kota Kabas Hoax sendiri merupakan Tim Kerja Dinas Kominfo Kota Kupang yang terbentuk melalui SK Walikota Kupang tentang Tim Teknis Lembaga Anti Hoax Kota Kupang – Kota Kabas Hoax yang memiliki tugas dan fungsi untuk memverifikasi informasi atau rumor yang belum jelas fakta – faktanya yang beredar di tengah – tengah masyarakat. Verifikasi informasi yang dilakukan melalui proses konfirmasi dan kompilasi serta pengolahan data dari sumber atau rujukan yang aktual dan kredibel.

Event Festival Literasi Digital (VIRAL) merupakan event tahunan yang diselengarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2020 melalui Dinas Kominfo Jawa Barat yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada sosok – sosok inspiratif atas prestasi yang telah dicapai dan juga kepada semua stakeholder yang berkontribusi dalam upaya memberikan literasi digital kepada masyarakat. Berlangsung meriah event tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. **

Rilis humas Diskominfo kota kupang