Sigap Babinsa Bantu Warga Korban Banjir di Kecamatan Omesuri

Bencana Alam Daerah Kemanusiaan TNI/POLRI

LEMBATA, TOPNewsNTT||Bencana alam banjir merendam rumah warga penduduk Desa Leudanung, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, pada Selasa (06/04/2021).

Banjir disebabkan hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur di Wilayah tersebut pada Jumat malam Lalu, serta merendam rumah warga dengan ketinggian air diperkirakan mencapai 20 centi meter.

Dari pantauan info dari Makodim 1624/Flotim, kepedulian Babinsa Koramil 1624-04/Omesuri, dengan sigap dan cepat malam hari langsung ke lokasi banjir dan membantu warga di Wilayah binaannya yang rumanya terendam air.

Danramil 04/Omesuri Letdal Inf Hamzah Bay membenarkan kejadian itu. Ia menyebutkan, pada Jumat malam, angin kencang disertai curah hujan sangat lebat, sehingga mengakibatkan terjadinya banjir di Desa Drien Leudanung, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata

“Pada malam itu hujan lebat, kemudian karena warga yang bermukiman di daerah dataran rendah, sehingga sejumlah rumah warga di Desa itu terkenang air, ya air masuk kedalam rumah,” kata Letda Inf Hamzah.

Namun setelah hujan reda, personel Babinsa Koramil 04/Omesuri membantu warga setempat menguras air yang masuk kedalam rumah dan membersihkan sisa lumpur yang tertinggal serta mencari korban yang mungkin belum di temukan.

“Kami bersama masyarakat Desa Laidanung, bergotong royong mencari korban yang tertimbun tanah longsor.
Kami menggunakan alat seadanya
Sehingga Kami berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa untuk mendukung dan membantu alat berat supaya pencarian korban bisa diketemukan.”

Ia mengimbau kepada warga yang rumahnya dekat dengan aliran sungai agar tetap berhati-hati dan kepada masyarakat yang melintas di jalan agar berhati-hati saat berkendara dan selalu waspada apabila curah hujan semakin tinggi.

Selain itu, Koramil 04/Omesuri telah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata, untuk memonitor perkembangan di wilayah dalam penanggulangan bencana.|| juli br