“Sebarkan Kesadaran, Selamatkan Generasi”, Dosen Poltekkes Kemenkes Kupang Beri Penyuluhan dan Pemeriksaan Taeniasis di Desa Bone

Artikel Daerah Kesehatan masyarakat Pendidikan tinggi

Penulis : Aldiana Astuti, M.Biomed

(Dosen Poltekes Kupang)

***Dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan masyarakat, Dosen Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kupang menggelar kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan taeniasis di Gereja Tri Tunggal Desa Bone, Kecamatan Nekamese (Minggu, 24/03 2024).

Taeniasis, yang sering disebut sebagai infeksi cacing pita, merupakan ancaman serius bagi kesehatan masyarakat. Dengan memahami risiko dan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat melindungi diri dan generasi mendatang dari dampak negatif penyakit ini.

Dr.Aldiana Astuti, M.Biomed, dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut, memberikan penyuluhan tentang bahaya taeniasis yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Melalui informasi mendalam dan solusi pencegahan yang disampaikan, diharapkan masyarakat dapat lebih proaktif dalam menjaga kesehatan.

Saat penyampaian penyuluhan tentang bahaya Taeniasi oleh penulis

Partisipasi aktif dari jemaat gereja Tri Tunggal Desa Bone turut memperkuat kesuksesan acara ini.

“Kami berterima kasih kepada tim Poltekkes Kemenkes Kupang atas penyuluhan dan pemeriksaan taeniasis ini. Langkah-langkah preventif yang kami pelajari hari ini akan membantu kami menjaga kesehatan keluarga dan komunitas,” ujar Maria.

Kegiatan ini bukan hanya sekadar penyuluhan, tetapi juga pemeriksaan langsung terhadap beberapa anggota masyarakat untuk mendeteksi kemungkinan infeksi taeniasis. Tindakan ini merupakan bentuk nyata komitmen Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kupang dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Thema “Sebarkan Kesadaran, Selamatkan Generasi”, jadi semangat di balik kegiatan ini. Dengan langkah-langkah konkret seperti penyuluhan dan pemeriksaan langsung, kita dapat bersama-sama melawan penyakit dan menjaga masa depan yang lebih sehat bagi kita semua.(**)