Pj.Gubernur NTT Berharap Bank NTT Cabang Ngada Dapat Tumbuh Sehat dan Jaga Kepercayaan Masyarakat

Birokrasi Daerah Perbankkan

BAJAWA, TOPNewsNTT.com||Demikian antara lain salah satu harapan Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, saat sampaikan sambutan dalam peresmikan Gedung Kantor Bank NTT Cabang Bajawa, kabupaten Ngada, Sabtu (6/1/2024).

“Pada hari ini kita meresmikan Gedung Kantor Bank NTT Cabang Bajawa. Sebagai Bank Pembangunan Daerah, Bank NTT diharapkan dapat terus berperan aktif dalam mendorong pembangunan di daerah ini dengan tetap memperhatikan akuntabilitas, profesionalitas, dan taat pada aturan serta tetap bertumbuh menjadi bank yang sehat serta tetap menjaga kepercayaan masyarakat atau nasabah.” Kata Pj.Gub.NTT.

Selain itu, Pj.Gub.NTT  berharap dengan kehadiran gedung yang megah ini Bank NTT Cabang Bajawa dapat terus menjaga komitmen bersama untuk melayani masyarakat NTT khususnya masyarakat Kabupaten Ngada untuk terus aktif mendorong ekonomi salah satunya adalah pembinaan UMKM terus dilakukan untuk membantu pertumbuhan ekonomi daerah.

Kepada Pemkab.Ngada dan kepada masyarakat Kabupaten Ngada, Pj.Gubernur NTT berharap Mall Pelayanan Publik Kabupaten Ngada dapat tampil terdepan untuk melayani masyarakat dengan pelayanan prima.
“Beberapa waktu lalu saya sudah berkunjung ke Mall Pelayanan Publik Kabupaten Ngada ini dan saat itu saya kagum karena dari sekian beberapa Kabupaten yang saya kunjungi, Kabupaten Ngada yang terdepan dalam Mall Pelayanan Publik yang terpadu seperti ini. Ini akan meningkatkan kepercayaan publik kepada Pemerintah khususnya Kabupaten Ngada dengan kehadiran Mall Pelayanan Publik yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dan juga ada loket Bank NTT jadi masyarakat bertransaksi disana. Saya juga akan buatkan surat edaran kepada para Bupati/Walikota, kalau mau studi banding terkait pelayanan publik bisa datang ke Kabupaten Ngada,” ungkap Ayodhia.

Menurut Pj.Gubernur NTT, kehadiran Mall Pelayanan Publik ini, juga untuk menindaklanjuti arahan Wakil Presiden RI dalam rapat tentang Mall Pelayanan Publik (MPP) dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat pada tanggal 14 Maret 2022 lalu yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Wakil Gubernur NTT dan para bupati/Walikota se-NTT, yang telah menginstruksikan agar sebanyak 50% atau 11 (sebelas) Kabupaten/Kota di NTT harus menyelenggarakan Mall Pelayanan Publik (MPP) pada tahun 2023 dan sisa 50% atau 11 (sebelas) Kabupaten lainnya di tahun 2024.

Menyambut sambutan Pj.Gubernur, Bupati Ngada Andreas Paru mengatakan, peresmian Gedung Kantor Bank NTT Cabang Bajawa dan launching Mall Pelayanan Publik Kabupaten Ngada tersebut sebagai salah satu wujud RPJMD Peningkatan Sarana Prasarana.
“Dengan adanya peningkatan sarana prasarana ini juga untuk peningkatan pelayanan pada masyarakat baik dengan kehadiran Bank NTT Cabang Bajawa serta Mall Pelayanan Publik dengan 21 jenis pelayanan terpusat dan terpadu di satu tempat sehingga memudahkan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik”, kata Andreas.

Atas kehadiran Penjabat Gubernur, Bupati Ngada mengapresiasi sebagai bentuk nyata dukungan Pemerintah Provinsi NTT bagi masyarakat Ngada.

Dirinya sampaikan terima kasih juga kepada Bank NTT atas kontribusi nyata bersama pemda.Ngada dalam meringankan beban fiskal daerah antara lain melalui dana pinjaman dan juga pemanfaatan aset pemerintah daerah melalui kerja sama dengan pola inbreng yang saat ini memperoleh peningkatan penyertaan modal untuk menghasilkan PAD bagi daerah.

“Pemerintah Kabupaten Ngada juga terus bekerja sama dengan Bank NTT terkait dengan memaksimalkan UMKM dengan pemanfaatan potensi kopi, bambu dan tenun. Kita juga bersyukur dari 80 jenis kerajinan bambu, saat ini sudah 30 jenis sudah masuk e-catalog untuk dipasarkan. Kami juga kerja sama dengan PHRI dan Bank NTT dalam promosi dan pemasaran sehingga UMKM Kopi, bambu dan tenun dapat terserap dalam pemasaran,” sebutnya.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita oleh Penjabat Gubernur NTT bersama Bupati Ngada Andreas Paru, dan peninjauan sarana dan kelengkapan gedung Kantor Bank NTT serta berbincang bersama para karyawan Bank NTT dan disertai melaunching Mall Pelayanan Publik Kabupaten Ngada oleh Pj.Gubernur NTT.

Gedung kantor Bank NTT dan Mall Pelayanan Publik tersebut terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Ngedukelu, Kota Bajawa.

Launching Mall Pelayanan Publik Kabupaten Ngada ini merupakan lanjutan dari cara peresmian mall pelayanan publik untuk 12 Kabupaten (termasuk Kabupaten Ngada) yang dilaksanakan di Hotel Bidakara Jakarta oleh Menteri PAN-RB bersama Mendagri pada 21 November tahun 2023 silam.|| jbr