Pernyataan Sikap dan Dukungan KNPI NTT Terhadap KTT G20 Bali, Pulau Pasir Jadi Atensi Utama

  • Bagikan

NTT, TOPNewsNTT|| KNPI provinsi NTT yang diketuai oleh Yoyarip Mau, dalam press confress kepada awak media menyerukan dukungan bagi Forum KTT G20 yang sedang berlangsung di Kota Denpasar, Provinsi Bali, Indonesia sejak pada Senin, 14/11. Dan pulau Pasir jadi atensi utama untuk dimintai perhatian dari pemerintah pusat dan pemda NTT yang hadir di KTT G20.

Yoyarip Mau, didampingi pengurus KNPI NTT menyebutkan bahwa Forum KTT G20 merupakan forum antar negara yang terbentuk ketika krisis ekonomi melanda dunia pada tahun 1999.

“Tujuan utama dibentuknya G20 adalah untuk menemukan solusi bersama atas kondisi ekonomi global. ” tandasnya.

“Forum G20 merepresentasikan 80% ekonomi dunia, 75% perdagangan internasional dan 2/3 populasi dunia, hal ini menunjukan betapa pentingnya forum ini dalam menentukan arah kebijakan ekonomi dunia.” Lanjut Yoyarip.

“Anggota G20 terdiri negara-negara dari berbagai kawasan di dunia, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Mexiko, Argentina, Brazil, Inggris, Jerman, Italia, Perancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, Tingkok, Jepang, Korea Selatan, India, Indonesia, Australia, dan Uni Eropa.” Sebutnya.

Secara nasional, tambah Yoyarip merinci, terdapat tiga agenda prioritas presidensil G20 Indonesia yaitu :1. arsitektur kesehatan global 2. transformasi ekonomi digital dan 3.transisi energi.

Ditegaskan Yoyarip bahwa, pelaksanaan presidensil G20 Indonesia 2022 diarahkan untuk kepentingan masyarakat dengan melibatkan peran serta masyarakat secara langsung dalam penyelenggaraan rangkaian kegiatan G20. Apabila diklasifikasikan terdapat dua manfaat presindensil G20 bagi Indonesia yaitu: G20 merupakan forum strategis untuk membahas isu-isu global, kesehatan global, stabilitas keuangan, climate change (perubahan iklim), Showcasing (menampilkan) usaha pemulihan ekonomi indonesia dalam masa pandemi covid-19, Showcasing (menampilkasn) peran indonesia sebagai pemimpin pertemuan yang akan mendukung terbentukknya kebijakan global.” 

Pernyataan sikap dan dukunagn KNPI NTT : 

“Oleh karena itu hari ini, tanggal 15 November 2022, Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Nusa Tenggara TImur dengan tegas Menyatakan:

  1. Demi kesuksesan penyelenggaraan forum G20 di indonesia, diharapkan seluruh warga indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur untuk peduli dan turut berpartisipasi dalam kebijakan-kebijakan yang berhasil dirumuskan dalam pertemuan tersebut. 
  2. Indonesia harus menunjukan leardership (kepemimpinan) sekaligus memanfaatkan peluang bahwa peningkatan perekonomian dengan arah transisi energi, artinya memprioritaskan investasi-investasi baru yang lebih ramah lingkungan sekaligus menjadi pemimpin bagi rencana perubahan tersebut di dunia. 
  3. Sebagai organisasi kepemudaan dari Nusa Tenggara Timur, KNPI NTT meminta kepada pertemuan G20 agar menfasilitasi kedaulatan dan kepemilikan pulau pasir sebagai bagian dari NKRI. 
  4. G20 harus Meningkatkan devisa dari kunjungan delegasi ke indonesia, menghidupkan sektor Hospiitality, mendukung peningkatan konsumsi domestik, mengoptimalkan peran UMKM, meningkatkan penyerapan tenaga kerja
  5. Mengajak semua pemuda-pemudi untuk membantu keberhasilan berjalannya pertemuan G20.” Tandas Yoyarip menegaskan.|| juli br

 

  • Bagikan