Perkenalkan Dunia Kerja, Prodi Ilkom FST Undana Gelar Study Tour/Ekskursi ke Grup Telkom Kupang

Pendidikan tinggi Regional

KUPANG, TOPNewsNTT|| Perkenalkan dunia kerja yang berhubungan dengan bidang keilmuan di Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana Kupang menggelar Study Tour/Ekskursi  ke Grup Telkom Kupang bagi kurang lebih 150 mahasiswa semester genap (2, 4, 6 dan 8) angkatan tahun 2019-2022. (Jumat, 16/6).

Hadir memberi sambutan Ibu Agustina M. Goran Manager WarrRoom memberikan welcome speech mewakili General Manager didampingi Manajer bisnis operasi. Sementara dari Prodi Ilmu Komputer hadir Pak Meiton Boru, Koordinator Prodi Ilkom Undana.

Dalam sambutannya, Ibu Agustina, mewakili Managemen Telkom Grup Kupang sampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta studi ekskursi/study tour dari Universitas Nusa Cendana.
“Kami ucapkan terima kasih juga terutama kepada Undana yang sudah mempercayakan Telkom sebagai tempat kegiatan studiy tour /Ekskursi kemahasiswaan Prodi ilmu komputer  di lingkungan kerja kantor Telkom Witel NTT ini.” Ujarnya.

“Saya bersama dengan beberapa rekan manager dari manager Bges Op,  manager Access operation, dan manager Telkom Aksses yang  akan menyampaikan materi.” Kata Ibu Agustina,

Dalam Study Tour atau Eksursi akan disampaikan dua materi yakni Konfigurasi Jaringan Internet (Tim Bges Operation) dan Fiber Optik (Tim Telkom Akses), tambah Ibu Agustina .

Dan di sesi terakhir adalah kunjungan ke ruang kerja Witel Operational Center (WOC), jelas Ibu Agustina.
“Materi yang disampaikan ini adalah materi real operational yang kami lakukan sehari-hari dalam mendukung bisnis Telkom saat ini untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan telkom di Wilayah NTT.” Terang Ibu Agustina berharap.

Ia berharap, kegiatan ekskrusi ini dapat memberikan tambahan wawasan atau sedikitnya memberikan gambaran teori-teori yang dipelajari dalam mata kuliah dan memberikan inspirasi bagi mahasiswa sebagai calon tenaga kerja untuk benar-benar mempersiapakn diri untuk masuk dalam dunia kerja nantinya.

Sementara itu,  Ketua Program Studi Ilmu Komputer FST Undana Meiton Boru,S.T.,M.Kom kepada media menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan  program dari Prodi Ilmu Komputer (Ilkom) Undana, dimana mahasiswa diperkenalkan dengan dunia kerja.

“Jadi ketika mereka menyelesaikan studi di Ilkom mereka tahu apakah ilmu yang mereka sudah pelajari itu sinkron dengan dunia kerja atau tidak. Dalam penyampaian materi oleh pihak Telkom bahwa materi perkuliahan di program studi Ilmu Komputer itu sinkron dengan Telkom sangat terkait erat,  walaupun Telkom itu menerima karyawan dari semua latar bidang ilmu, namun salah satu faktor yang penting seorang karyawan harus punya skill atau kemampuan dan mengetahui yang terkait dengan pekerjaan di Telkom, salah satunya yakni mengetahui tentang teknik jaringan komputer dan komunikasi data.” Kata Pak Meiton.

Nah ini yang jadi hal penting, lanjutnya, karena di Program studi Ilmu Komputer juga telah memperkenal jaringan komputer dan komunikasi data.
“Dan kebetulan di tahun 2022 ada program Kemenkominfo terkait peningkatan  kompetensi lulusan Prodi Ilkom berkaitan sertifikasi di bidang jaringan komputer yakni FGA (Fresh Graduted Academy). Dimana Prodi Ilmu Komputer  Undana diberikan kesempatan untuk bergabung dalam kegiatan tersebut dan menjadi Trainer pada Cisco Academy.” Tandasnya.

Sementara di Telkom, lanjut Pak Meiton, “Pegawainya harus punya sertifikat terkait jaringan dan Prodi Ilkom sudah buka jalan untuk dapat mengambil sertifikat CCNA dengan diskon hingga 70% bagi mahasiswa atau umum dengan syarat harus lulus Course CCNA dengan nilai monimal 75. Ini sebuah kemudahan karena untuk mengambil course-nya harus membayar sekitar minimal Rp5 juta.” Jelasnya.

Program FGA, lanjutnya, seharusnya untuk lulusan yang belum bekerja tapi saat ini sudah dibuka juga untuk mahasiswa semester akhir dan umum.
“Awalnya FGA hanya di UGM tapi setelah Undana bergabung, saya diberikan amanat menjadi pengelola di Undana sehingga Course itu bisa dilakukan di Undana. Jadi mahasiswa yang mengambil Teknik Jaringan Komputer dan Komunikasi Data bisa mengambil Course CCNA dan gratis untuk mahasiswa. Jadi untuk mahasiswa aktif saat ini yang berkuliah di Prodi Ilmu Komputer saat lulus akan peroleh Ijasah S1 Ilmu Komputernya dan Sertifikat Course CCNA bahkan dapat memperoleh Serifikat CCNA.” Jelasnya.

Pak Meiton menambahkan, bahwa biaya untuk mengambil sertifikat CCNA C itu sekitar Rp5 juta dan jika diberi diskon diskon 70%  hanya membayar sekitar Rp1.500.000 saja.  “Tapi, hebatnya Sertifikatnya ini bisa dipakai melamar kerja terkait jaringan komputer tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia Internasional.”

Karyawan di Telkom juga disyaratkan memiliki sertifikat CCNA, CCNP dan sertifikat lainnya terkait jaringan hingga level advance. Sertifikat-sertifikat ini yang  bisa untuk bekerja di perusahaan multi nasional dan multi international jaringan komputer dan komunikasi data.

Tujuan besar dari study tour/ekskursi ni adalah agar mahasiswa mampu melihat apakah ilmu yang mereka peroleh di perkuliahan dapat sinkron tidak dengan dunia kerja di Telkom.

Metode study Tour adalah selain penyampaian materi di kelas, akan ada kunjungan ke ruang perangkat Fiber Optik agar mahasiswa melihat bagaimana secara teknis pemyambungan fiber optik dan implementasi di Telkom bagaimana komunikasi data dan jaringan komputer.

Study Ekskursi akan dilakukan setahun sekali bisa juga ditempat lain yang ada hubungan dengan teknik jaringan komputer dan komunikasi data maupun bidang ilmu komputer terkait lainnya.

Study eskursi ini hanya untuk mendekatkan mahasiswa ke dunia kerja sehingga mereka tahu dengan jelas bahwa ilmu mereka sinkron dengan Telkom.

Diakhir wawancara Pak Meiton berharap peserta dapat mengambil manfaat dari ekskursi/study tour dan lebih yakin kemana mereka bekerja setelah lulus nanti.|| jbr