HUT Ke 2 Badan Pangan Nasional Di Kupang, Jalan El Tari Dipadati Ribuan Warga Kupang

Regional

KUPANG, TOPNewsNTT, Badan Pangan  Nasional  merayakan HUT Ke 2 tahun 2023 di Kupang dan diwarnai dengan senam bersama bergabung masyarakat dengan penjabat walikota, ketua  DPRD Kota Kupang, dengan Gerakan Makan Telur Bersama.

Nampak hadir anggota DPR RI Julie Lasikodat, Ketua DPRD provinsi NTT Emilya Nomleni, Penjabat Wali Kota Kupang, dan semua pimpjnan OPD mendampingi Kepala Badan Pangan Nasional H. Arief Prasetyo Adi, S.T, M.T mulai dari senam, makan telur rebus bersama, makan pagi bersama  B2SH (jagung bose, Sei Sapi dan tumis bunga pepaya).

Arief Prasetyo dalam wawancara mengatakan bahwa Badan Pangan Nasional dalam HUT ke 2 di Kupang, ingin mengajak masyarakat di Kupang menikmati makanan sehat B2SH yakni seragam, bergizi seimbang dan aman.

“Kami juga sedang  mengkampanyekan Stop Boros Pangan karena pangan kita di Indonesia untuk food loose and weii itu hingga 32persen sekitar 260-551 T sehingga apabila kita bisa hemat maka kita bisa membantu masyarakat. Maka kita himbau kepada masyarakat untuk belanja hemat. Misal kebutuhan sebulan hanya 5-10 kg beras, maka belanjalah secukupnya jangan sampai berlebihan karena nanti stok di masyarakat akan ketarik. Jadi apapun kalau dirush tidak akan baik.

Kita pilih NTT karena NTT punya potensi yang luar biasa.

Intervensi kita sudah puluhan ton sembako.masuk ke NTT kita mau pastikan daerah 3T Terluar, Terdepan, Terpencil dan Daerah Perbatasan, menjadi prioritas Presiden. Dan ia berpesan kepada kita semua ini harus diselesaikan madalah distribusi pasngan.

“Terima kasih kepada Menteri Perhubungan yang sudah membantu kami dengan tol laut dan ada 35 kintainer yang dikirimkan. Ada beras dan minyak harganya sangat baik. D ada bantuan pangan beras 10 lg 3 bulan sudah selesai, tahap kedua Oktober Nopember desember akan diberikan untuk 21.353 juta KPM dan untuk KRS keluarga Resiko 700 ribu lebih berupa ayam dan telur dan akan berlangsung selama 3 kali ditahun ini. Dan kana kita lanjutkan ke tahun berikutnya dan 22 kabupaten kota diberikan berdasarkan 113 ribu untuk NTT.” Tandas Arief.

Penyaluran lewat bahan pangan lewat BKKBN untuk stunting dan Kemensos untuk KPM .Badan Pangan langsung memberikan lewat Bulog sebagai penyedia dan Kantor Pos. Ini kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, peternak kecil dan pemerintah kabupaten kota.

Julie Laiskodat sebagai ketua PKK mengatakan PKK Provinsi NTT ikut mendukung dengan menyiapkan sebanyak 15 ribu butir telur dan 10 ribu mangkok jagung bose dan jus untuk sarapan bersama di sepanjang jalan El Tari hari ini yang disiapkan oleh ibu-ibu PKK NTT dan Kota Kupang.

Penjabat Wali Kota Kupang menyatakan bersyukur kepada Tuhan karena ada Badan Pangan Nasional yang lakukan intervensi dan silahkan masyarakat datang untuk nimmati pangan dan di kegiatan ini.|| jbr