Berkolaborasi Dengan Levico dan Dekranasda NTT, Temma Prasetio Bawa Tenun Ikat Ke Dubai Fashion Show 2023

Entertainmen Figur Internasional

NTT, TOPNewsNTT|| Temma Prasetio adalah seorang Desainer Menswear dan yang juga merupakan founder dan creative director dari brand pria “BYTEMMAPRASETIO” yang menangani dari sisi design pakaian pria, membawa tenun ikat NTT ke Dubai Fashion Show (DFS) 2023.

24 Pakian Pria dengan thema winter season berbahan Tenun Ikat NTT berhasil dibawa oleh Temma ke Ajang Internasional yang masuk ke TOP 5 fashion show bentuk kerja yang kedua dengan Dekranasda NTT atau Levico Butik dari Bunda Julie Laiskodat yang pada tanggal 11/3/2023 ia menghadiri Dubai fashion week yang proses sudah mulai dari November  2022 yang lolos Arab Council Fashion yang menjadi menggawangi Dubai Fashion Week. Demikian penjelasan Temma dalam teleconference bersama media (Jumat, 17/3).

Ia minta support Bunda Julie untuk bawa tenun NTT ke Dubai Fashion Week agar lebih memperkenalkan Tenun Ikat di kancah international untuk baju khusus pria.

“Sponsor utama DFS adalah Menologi ByShep untuk tenun diaponsori oleh Letico Butik. Bunda Julie sangat senang tenun ikat dibawa ke DBS. Ia akui sejak 2011-2022 selalu ikuti fashion show di tingkat nasional saja. Di DBS itupun acaranya beralngsung lancar cuma.lrosesnya berbeda dengan Indonesia.” Jelas Temma.

Tapi respon mereka sangat konsern dengan patron tenun NTT dan desain menggunakan ready to wear dan internasional untuk winter season.

“Saya menciptakan yang ready to wear agar tenun ikat NTT lebih dipakai semua kalangan untuk kondisi apapun. Saya tidak mau mendesain yang terlalu sulit untuk digunakan semua kalangan. Saya masukkan unsur yang lebih diterima dipasar internasional. Saya masukkan unsur culture-modern (tradisi modern). Dan mereka melihat warna dan desain tenun ikat saya lebih natural dan cocok dengan kondisi mereka di yang punya winter season.” cetus Temma.

“Permainan warna kita earth tone sangat mereka sukai. Kebetilan saat show kita sangat berbeda. Yang lain lebih modern dan kita ada patron culture modern hanya NTT sehingga peroleh apresiasi dan interest luar biasa.dari penonton.” Ujar Temma.

Temma memakai hampir semua daerah di NTT dan ada sekitar 24 desain yang dibawa ke DFS yakni setelan jaket, jas, jas panjang, boomber jacket, shirt, dari casual sampai berat untuk setelan longfoot dan over size.

Temma berharap dukungan pemerintah ada untuk dunia fashion di NTT terutama yang mengangkat Tenun Ikat NTT sebagai bahan utama.

DFS saat ini masuk dalam 5 TOP International Fashion, jadi saat tenun ikat masuk ke DFS maka Tenun Ikat ikut terangkat.

Selain seorang Desainer Menswear, Temma  juga merupakan founder dan creative director dari brand pria “BYTEMMAPRASETIO” yang menangani dari sisi design pakaian, operasional, branding, marketing, hingga kehumasan.

Kecintaannya terhadap dunia seni dan budaya yang tinggi merupakan awal dari tercetusnya keinginan untuk menggeluti dunia fashion.

Temma Prasetio adalah lulusan sekolah fashion “Instituto Di Moda Burgo” jurusan menswear yang merupakan sekolah mode internasional pertama di Indonesia yang berasal dari Milan, Italia. Temma yang juga bekerja sebagai professional di salah satu perusahaan kosmetik terbesar dunia asal Prancis ini mempunyai pengalaman lebih dari 10 tahun yang fokus pada edukasi, branding, pengaturan stock, rencana produksi, dan pengaturan pengiriman barang, dimana bidang fashion, edukasi dan Supply Chain saat ini tidak bisa dilepaskan.

Dari dunia seni sendiri, temma juga pernah terlibat dalam beberapa proyek, Diantaranya menjadi vokalis untuk pementasan musikal Onrop (2010), pelakon untuk Musikal Bawang Merah Bawang Putih (2011), beberapa film pendek (FTV) dan proyek iklan komersial. Berkecimpung pada dua sisi yang berbeda yaitu bisnis dan seni, menciptakan esensi penting baginya dalam menjalankan bisnis fashion yang merupakan perpaduan dari berbagai unsur, tak hanya kreatif.

Dari mengembangkan brand-brand miliknya tersebut, Temma beberapa kali terlibat dalam acara – acara berhubungan dengan fashion antara lain menjadi tamu dalam acara TV antara lain di Channel Jawa Pos TV, Berita Satu dan Net TV,Trans TV, serta menjadi pembicara di acara – acara webinar dan social media, Temma juga beberapa kali terlibat dalam acara fashion show besar antara lain yaitu Jakarta Fashion Week 2017-2022, Indonesia Fashion Week 2022, JF3 2022.

Pada Oktober 2018, Temma Prasetio terpilih sebagai pemenang kedua Lomba Perancang Mode Menswear 2018 yang diselenggarakan oleh Jakarta Fashion Week, terpilihnya Temma Prasetio sebagai pemenang kedua ini semakin mengukuhkan predikat Desainer yang berkualitas yang mana predikat ini tidak pernah terpikirkan olehnya pada saat memulai usaha brand “Mandhari”-nya.

Dengan mendapatkan predikat pemenang tersebut, Temma Prasetio beberapa kali dipercaya untuk mensupport pakaian yang didesign khusus pada acara2 bergengsi di pertelevisian antara lain untuk host SCTV Music Award, Host Liputan 6 Award, Host Ulang Tahun SCTV ke 29 tahun, peserta Indonesian Idol, peserta LIDA Indosiar, Beberapa selebritas tanah air pun mempercayakan pilihan busananya pada Temma Prasetio, antara lain Fedy Nuril, Deva Mahendra, Raffi Ahmad, Andhika Pratama, Carend Delano, Rizky Febian, Vidi Aldiano, Boy William, Rio Dewanto, Iqbal Ramadhan, Jaz hayat, group music RAN, Marcell Siahaan, Varrel Bramasta, Angga Yunanda, Judika, Fabio Asher, Gabriel Prince, Andmesh Kamaleng ,dan masih banyak lagi.

Temma Prasetio mengharapkan kedepannya akan terus menampilkan portfolio karya yang berkualitas dan siap pakai untuk segmen Menswear, juga Ia pun berharap untuk dapat tetap membantu upaya bangsa dalam melestarikan wastra bernilai tinggi sambil mewujudkan visi brand ini yaitu “Mem-batik-kan Tenun” khusus untuk koleksi pakaian pria.|| jbr