Warga Kecewa Tak Satupun Anggota Dewan Hadir Musrenbang di Amfoang Selatan

Birokrasi Daerah Politik

Oelamasi, Top News NTT., ■■ Masyarakat Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, NTT kecewa. Pasalnya, anggota dewan asal Amfoang tak satu pun hadir pada kegiatan Musrembang tingkat kecamatan yang di gelar di kantor desa Oh Aem II, pada Kamis, (21/2/2019) lalu.

Kepala desa Oh Aem II, Stefanus Malafu yang dikonfirmasi media ini membenarkan hal itu.
“Iya benar, anggota dewan asal Amfoang tidak ada satu pun yang hadir, makanya banyak masyarakat kecewa,” ujar Stefanus via ponsel, Jumat (1/3/2019) siang.
Kades Stefanus ungkapkan, kekecewaan masyarakat lantaran aspirasi yang mereka sampaikan tidak di dengar langsung oleh para wakil mereka di parlemen agar bisa menjadi prioritas perjuangan pada pembahasan ke level berikutnya.
“Mereka (dewan) mungkin saja ada kesibukan sehingga berhalangan hadir. Tapi tidak apalah, ini bisa jadi penilaian masyarakat untuk tentukan pilihan nantinya,” jelas Stefanus ungkapkan umpatan kecewaan warga saat musrembang waktu itu.
Terpisah, Ferdinandus Lafu Daos, anggota DPRD fraksi NasDem asal wilayah Amfoang kepada wartawan saat di konfirmasi mengaku kesal atas jadwal musrenbang yang dikeluarkan pemerintah tahun ini.
Ia beralasan, jadwal musrenbang bagi anggota dewan mengikuti musrenbang kecamatan yang dikeluarkan tumpang tindih, tak seperti tahun-tahun sebelumnya. “Kegiatan musrembang kecamatan tahun ini berbeda. Jadwalnya ada yang tidak dapat, pokoknya tumpang tindih. Saya ikut musrenbang di Amfoang Timur, kegiatan di undangan seharusnya tanggal 25 Februari tapi tidak dilaksanakan. Nah, jadwal di Amfoang Selatan saya tidak dapat. Sudah habis kegiatan baru undangan datang,” jelas Ferdi.
Ferdi juga sesalkan, koleganya di Lembaga Dewan yang terpilih periode 2014-2019 asal wilayah Amfoang ada beberapa yang tidak mengikuti musrembang di enam kecamatan wilayah itu dengan alasan kemungkinan mereka tidak lagi masuk wilayah pemilihan Amfoang untuk pileg tahun 2019 ini.
Lorens Buknoni anggota dewan lainnya asal fraksi PDIP mengaku tidak ikut musrembang di Amfoang Selatan lantaran ia hanya mendapat undangan kegiatan di kecamatan Amfoang Utara. “Kalau di selatan saya tidak ikut. Saya dapat undangan musrembang hanya di Amfoang Utara. Begitu pula yang di kasih sekretariat DPRD,” ujar Lorens.
Lain lagi alasan yang diutarakan Ursula Totos-Bella, ia mengaku tidak mengikuti musrembangcam di desa Oh Aem II, lantaran urusan keluarga di Kupang sehingga telat saat perjalanan menuju lokasi kegiatan.
“Saya memang jadwalnya ke selatan, tapi abis urusan keluarga di Kupang saya pergi tapi sudah terlambat,” kata politisi partai Demokrat ini yang dikonfirmasi, Sabtu (2/3/2019) sore.

Dia juga meminta wartawan menanyakan anggota dewan lain asal wilayah Amfoang yang tidak mengikuti kegiatan tersebut. “Nanti coba tanya juga teman-teman lain yang terpilih asal wilayah Amfoang, alasan mereka tidak mengikuti kegiatan itu. Jangan cuma saya dong. Ada pak Leo, pak Habel, pak Daud. Kalau musrembang di Amfoang Tengah saya ikut,” gerutu politisi Demokrat ini mengakhiri pembicaraan.■■Juli Br

 

Sumber : lapoan wawancara Wartawan Kupang media (brc*)