Update Data Perkembangan Covid-19 di NTT Minggu,10/01 : Kota Kupang Masih Tertinggi

Birokrasi Kesehatan Regional

NTT, Top News NTT|| Eskalasi penyebarn Virus Covid-19 di NTT meningkat terus setiap harinya. Data terakhir (Minggu, 10/01), total pasien positif mencapai 2.618 orang tersebar di 22 kabupaten kota setelah ditambah 5 pasien positif hari ini.

Sebanyak  1.566 orang diantara pasien positif tersebut dinyatakan sembuh, dengan bertambahnya  61 orang sembuh hari ini (Minggu, 9 Januari).

Sedangkan yang masih dirawat atau dikarantina hingga hari ini masih tinggi, 975 orang  karena  ada penambahan  61 orang sembuh hari ini.

Yang tetap alami peningkatan setiap harinya adalah pasien meninggal. Sampai hari ini sudah mencapai  66 orang dengan penambahan 5 orang meninggal  hari ini.

Selain pasien dirawat yang alami penurunan, data pembanding Sabtu, 9/01 di NTT, total positif sebanyak 2.611 orang, sembuh 1.505 orang,  dirawat 1.036 orang dan meninggal 61 orang.

Total data positif, sembuh, dirawat dan meninggal dunia di 22 kabupaten kota di NTT hari ini tunjukkan eskalasi yang beragam.

Dari 22 kabupaten kota, kota Kupang pasien Covid paling tinggi yaitu  1.167 orang, sedangkan total sembuh hanya 453 orang, dirawat masih tinggi yaitu 677 orang.

21 kabupaten lainnya alami perkembangan baik dimana total pasien sembuh hingga 99% sehingga pasien dirawat tersisa sangat sedikit. Bahkan di Ende hari ini tidak ada pasien dirawat.  Tapi yang pasti terus meningkat adalah pasien  meninggal, karena  setiap hari selalu bertambah, dan data terakhir mencapai 66 orang.

Dari data total pasien positif, sembuh, dirawat dan meninggal di NTT pada Minggu, 10/01, kota Kupang masih menjadi wilayah dengan pasien tertinggi positif, dirawat dan meninggal.

Dari 22 kota kabupaten di NTT, 8 Kabupaten tidak ada pasien meninggal hari ini yaitu Nagakeo, Sumba Barat Daya, TTU, Malaka, Sumba Tengah, Manggarai Timur, Ngada dan Belu, sedangkan kota Kupang dan 13 kabupaten lainnya masih ada. Dan kota Kupang tetap masih tertinggi pasien meninggal yaitu 37 orang.

Kota  Kupang hari ini pasien positif mencapai 1.167 orang yang tersebar di beberapa rumah sakit utama dan rumah sakit penyanggah.

Pasien  sembuh hanya 453 orang, sehingga jumlah yang masih dirawat masih tinggi yaitu 677 orang.

Kluster penyebaran di kota Kupang masih berasal dari Transmisi Lokal dan Pelaku Perjalanan.

Di TTS saat ini pasien positif sebanyak 32 orang, tapi sembuh 24 orang, dirawat tersisa  7 orang dan 1 orang meninggal dunia.  Transmisi lokal, pelaku perjalanan dari Magetan dengan kapal  Lambelu.

Rote Ndao dari 16 orang positif, dinyatakan sembuh 9 orang, dirawat 1 orang, meninggal 3 orang yang merupakan pelaku perjalanan dari Magetan.

Di Ende ada perkembangan menggembirakan, yaitu dari 121 orang pasien positif, 120 orang dinyatakan sembuh dan yang dirawat tidak ada, karena 1 orang pasienya meninggal dan merupakan pelaku perjalanan dari Magetan. Pasien positif lainnya adalah kluster Transmisi Lokal.

Sikka pasien positif meningkat dibanding kemarin yaitu 138 orang, tapi kabar baiknya sembuh 122 orang, dirawat 11 orang dan meninggal 5 orang.  Kluster masih transmisi lokal dan juga pelaku perjalanan dengan kapal Lambelu dari Magetan dan Gowa.

Flores Timur terdapat 70 pasien positif, 39 dinyatakan sembuh dan 29 orang dirawat sedangkan 2 lainnya meninggal. Kluster penyebran masih transmisi lokal dan pelaku perjalanan dengan kapal Lambelu dari Gowa dan transmisi lokal.

Di Manggarai dari 100 orang positif, dinyatakan sembuh 86 orang, dirawat 10 orang, meninggal 1 orang, kluster pelaku perjalajan dari Gowa dengan Kapal S.Palangga dan Transmisi Lokal.

Kabupaten Nagakeo perkembangan baik karena masih 27 orang,  sembuh 26 orang, dirawat 1 orang, meninggal tidak ada, kluster pelaku perjalanan dari Magetan.

Manggarai Barat pasien positif meningkat menjadi 231 orang, tapi 162  orang diantaranya sembuh, hanya 64 orang masih dirawat dan 3 orang meninggal. Kluster transmisi lokal dan pelaku perjalanan dari Gowa dan Magetan.

Di Sumba Timur ada 131 orang positif dan 36 orang dinyatakan sembuh dan masih  89 orang dirawat, serta 6 orang dinyatakan meninggal. Kluster transmisi lokal dan pelaku perjalanan dengan Sangkakala.

Sumba Barat Daya terdapat 103 pasien positif, tapi 98 orang dinyatakan sembuh, dan 5 orang masih dirawat serta tidak ada meninggal. Pasien positif dan masih dirawat adalah PMI yang merupakan Pelaku Perjalanan dan sebagian adalah Transmisi Lokal.

Di Sumba Barat pasien positif menurun menjadi  84 orang tapi 59 orang diantaranya sudah sembuh, sisa  24 orang masih dirawat dan karantina terpusat, sedang 1 pasien meninggal dunia yang merupakan PMI Pelaku Perjalanan, pasien positif lainnya adalah kluster Transmisi Lokal.

TTU hanya 6 orang positif, tapi 5 orang sembuh dan sisa  1 orang masih dirawat dan tidak ada meninggal. Pasien poisitif adalah kluster Pelaku Perjalanan dan transmisi Lokal.

Kabupaten Kupang hanya 53 orang positif, tapi 36 orang sudah sembuh dan tersisa hanya 14 orang masih dirawat serta 3 orang meninggal. Kluster penyebaran mssih  dari Pelaku Perjalanan dan Transmisi Lokal.

Kabupaten Lembata tunjukkan perkembngan baik karena dari 94 orang pasien positif, 91 orang dinyatakan sembuh, dan hanya sisa 2 orang yang masih dirawat dan meninggal 1 orang. Kluster penyebaran masih dari Pelaku Perjalanan dan Transmisi Lokal.

Alor terdapat 40 pasien positif, dan 11 orang dinyatakan sembuh, 28 orang masih dirawat dan 1 orang meninggal. Masih dari kluster Pelaku Perjalanan  dan Transmisi Lokal.

Di kabupaten Malaka hanya ada 13 pasien positif, tapi 11 orang sudah sembuh dan hanya tersisa 2 orang masih dirawat dan tidak ada meninggal dunia, kluster penyebaran masih Pelaku Perjalanan.

Dibanding 9 Januari, Sumba Tengah juga alami perkembangan baik, dari 61 orang pasien positif, 58 orang dinyatakan sembuh, dan tersisa 1 orang dirawat, dan tidak ada meninggal. Kluster juga masih dari Pelaku Perjalanan dan Transmisi Lokal.

Di Manggarai Timur jumlah pasien positif menurun jadi 5 orang, sembuh 1 orang, dan masih dirawat 3 orang, serta tidak ada meninggal dunia dan masih kluster Pelaku Perjalanan.

Ngada tunjukkan perkembangan baik karena dari 54 pasien positif, 52 orang dinyatakan sembuh, tersisa hanya 2 orang yang masih dirawat dan tidak ada pasien meninggal. Kluster penyebaran masih dari Pelaku Perjalanan.

Di Belu juga tunjukkan perkembangan baik karena dari 63 orang pasien positif, sebanyak 60 orang dinyatakan dan tersisa 3 dirawat dan tidak ada meninggal dunia. Kluster penyebaran adalah  Pelaku Perjalanan.

Dan terakhir di Sabu Raijua yang hanya 9 orang, tapi kabar baiknya 7 orang sudah sembuh dan hanya tersisa 1 orang masih dirawat, tapi 1 orang meninggal. Pasien positif juga adalah Pelaku Perjalanan bukan transnisi lokal.

Dengan data perkembangan penyebaran Covid-19 hari Minggu, 10 Januari 2021, maka di NTT total pasien positif menjadi 2.618 orang, tapi  1.566 orang dinyatakan  sembuh dan masih 975 orang dirawat dan jalani karantina terpusat dan mandiri, serta 66 pasien positif meninggal dunia.
“Walau pasien sembuh meningkat, tapi setiap harinya terus ada penambahan pasien positif, dan meninggal dan ini patut diwaspadai oleh semua masyarakat di NTT untuk taati Prokes 3 M.” Pesan dr Messe Ataupah, Kadis Kesehatan Provinsi NTT lewat pesan wa.|| juli br

Sumber : Satgas Gugus Tugas Covid-19 prov.NTT