Rayakan HUT Ke 39 dan Ajang Promosi, UT Kupang Gelar Jalan Santai

Birokrasi Pendidikan tinggi Regional

NTT, TOPNewsNTT|| Universitas Terbuka Kupang menggelar Jalan Santai dan berbagai kegiatan hiburan lainnya sebagai Puncak Acara Perayaan HUT ke 39 universitas negeri ini dan ajang promosi atau perkenalkan UT Kupang sebagai lembaga pendidikan tinggi yang layak dan terjangkau.

Jalan Santai berkerja sama dengan Harian Pos Kupang ini dilaksanakan mulai pukul 06.00 wita pagi dimulai dari arena Car Free Day di jalan El Tari, melintasi jalan Frans Seda menuju Kampus UT Kupang di Jalan Timor Raya depan Bundaran Tirosa (Sabtu, 9/9).

Ajat Sudrajat, Rektor UT Kupang kepada media usai semua kegiatan seremonial mengatakan Jalan Santai diikuti semua civitas akademisi, alumni, dosen, staf juga  dihadiri antara lain penjabat Wali Kota Kupang Fahrensy Funay, Kapolresta Kupang Kota Kombes.Pol.Risian Krisna Budiastwanto,S.H.M.H,S.I.K, dan sejumlah pimpinan Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di kota Kupang.

“Pagi tadi kami melaksnakan Jalan Santai, Jalan Sehat untuk program HUT ke 39 UT Kupang untuk memperkenalkan secara luas kepada masyarakat tentang UT Kupang. Semoga UT bisa terus berkibar di NTT dan juga bisa menjadi wahana pendidikan yang berkualitas di NTT dapat membantu pemerintah NTT meningkatkan sdm di NTT, sehingga masyarakat dapat mengenal UT Kupang dan mau memilih UT kupang sebagai tempat pendidikan.” Jelasnya.

Selain Jalan Santai ada 40 jenis kegiatan yang digelar antar mahasiswa,  antar staf dan dosen yang digelar secara serempak di 37 provinsi.

“Misalnya untuk karyawan, mahasiswa, tarik suara, menari, debat bahasa Inggris, MTQ, puluhan kegiatan lainnya.” Jelasnya.

Ajat juga menjelaskan ada 43 Program Sutdi, S1 34,  S2 8, S2 2 dan Mahasiswa UT berasal dari berbagai kalangan antara lain ASN, TNI/POLRI, Pemda, guru dan fresh graduate  SMA dan masyarakat umum dari pedalaman provinsi 3T sekarang memilih kuliah di UT.

Di Tahun 2023 ada hampir 9.800an yang terdata dan sedang mwnunggu info saat ini sedang mendaftar besok hari terakhir, tapi sudah banyak yang mendaftar untuk semester ini

UT adalah universitas pertama dan utama di Indonesia yamg berbasis e-learning atau digital. Kita Univeritas pertama PJJ dengan digital learnibg dengan HP dan Laptop. Tapi kami layani juga sistem luring untuk PGSD dan PAUD saja dengan menggunakan gedung sekolah tertentu di NTT dan dosennya dites dari  UT Pusat jika lolos tes maka bisa mengajar di daerah tapi harus lolos tes kualifikasi maka akan direkrut untuk mengajar di UT. Tapi jika jumlah mahasiswanya luring untuk fakultas pilihannya terbatas, maka PJJ dilaksanakan secara daring. Jumlah dosen di UT sekitar ribuan dan di NTT ada dosen kita yang tersebar di beberapa universitas di NTT.

Sementara di UT untuk menentukan kelulusan mahasiswa tidak ada syarat skripsi lagi tapi hanya tugas akhir dan wisuda dilaksanakan di UT Pusat untuk lulusan dengan IPK tertinggi 3,7 sementara IPK dibawah 3.7 diwisuda di daerah masing-masing.

Saat ini UT berada pada akreditasi kategori UNGGU setiap tahunnya.

Target penerimaan mahasiswa yang dtetapkan 3000 mahasiswa. Dan promosi dilakukan dengan sosialisasi turun ke daerah di 22 kabupaten kota memperkenalkan UT Kupang secara langsung.

Ajat menyatakan bahwa kemudahan berkuliah di UT Kupang adalah sistem kuliah dilakukan secara daring atau online melalui zoom meeting untuk kuliah tatap mukanya,  platform media sosial wa, website, email untuk mendapatkan materi ujian, modul secara soft, sementara modul hardnya kami kirimkan langsung ke alamat mahasiswa.

Standar sudah ditentukan dari pusat  per sks 36-40 ribu. Sementara S1 Hukum Rp1.4 juta. Bahkan ada Rp500.000 dan jika tidak mampu ya ambil 2 mata kuliah saja.

Di UT Kupang juga banyak mahasiswa penerima KIP dan Beasiswa CSR lainnya dengan standar SP mulai Rp1,4 sampai Rp1,7 juta per semester.

Biaya kuliah di UT sangat terjangkau dan perkuliahaannya sangat mudah dan fleksibel karena berbasis digital dilakukan dimana saja dan tidak terbatas usia berapapun bisa kuliah.

Di UT ada Fakultas FISIP : dengan prodi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan. FST : Ilmu Hukum Kikia, Fisikia, Matematika dan Bahasa Inggris.

“Registrasi awal juga Rp100 ribu dan SPP Rp1.3 juta. Banyak jurnalis kuliah di UT ambil jurusan Ilmu Komunikasi.” Promosinya.

“Harapannya bisa mengenalkan UT di masyarajat NTT hingga pelosok desa. Jadi tidak.hanya ASN tapi masyarakat. Kami.kunjungi mahasiswa kami di Amfoang, Semau, Kualin, Fatuleu memberi semangat agar mereka mengenal UT dan mahasiswanya tetap serius dan semangat belajar intinya kami ingin membumikan UT di NTT.” Tandas Ajat.

Status UT sendiri menurut Ajat adalah negeri dengan SP terjangkau dan sistem PJJ digital learning. Lukusan kita sudah 2000 dan salah satu Moeldoko adalah Kepala Staf Kepresidenan. UT juga sudah menjangkau hingga ke luar negeri. Jika mahasiswa berpindah tempat tinggalpun maka tinggal dutransfer data saja ke tempat baru dalam 15 akan selesai.

“Bahkan tadi pak penjabat sudah rencana MoU dengan kami untuk ASN Kota Kupang kuliah di UT Kupang.” Jelas Ajat

Untuk pendaftaran menjadi mahasiswa baru di UT Kupang silahkan kunjungi link pendaftarannya https://admisi-sia.ut.ac.id.

UT Juga  sudah peroleh rekor MURI sebagai PTN Dengan Penyelengaran Ujian Terbanyak di Dunia dan PTN Sebagai Penyelenggara Online Leraning dan Penjualan Bahan Ajar Terbanyak di Dunia.

Jadi UT sudah menerapkan Digital Learning sejak dulu sebelum ada perkembangan ITE seperti ini jadi kami pionirnya dan bukan hanya ASN, TNI/POLRI, masyarakat tapi juga fresh graduate SMA/SMK juga menjadi mahasiswa kami.

Di akhir wawancara, Ajat mengungkapkan kemudahn berkuliah di UT : tidak kenal batas usia, tidak ada DO, bisa berkuliah manapun dengan biaya terjangkau, efisien dan tidak perlu meninggalkan pekerjaan.

“Bahkan demi membantu mahasiswa untuk melancarkan proses digital learning, kami mendirikan Pokja urunan untuk berlangganan wifi dititik yang sulit jaringan internet. Kemudahan lain pendaftaran hanya butuh KTP Ijasah dan Pasfoto lewat platform Admisi dengan alamat pendaftaran :  https://admisi-sia.ut.ac.id dan ikuti semua langkahnya. Satu lagi kemudahan tidak ada tes masuk jika mau berkuliah di UT.” Ungkapnya berpromosi.

“Saya pimpinan UT Kupang dan staf mengucapkan selamat memasuki usia 39 tahun san semoga membawa dampak positif bagi masyarakat NTT dan turut membantu pemerintah membangun SDM masyarakat.” Ujar Ajat.|| jbr