Kunker ke Kajong, Bupati Manggarai Minta Kerjasama DPRD Provinsi Perjuangkan Ruas Jalan Kajong-Kedindi

Birokrasi Daerah Infrastruktur Pertanian

RUTENG, TOPNewsNTT|| Bupati Manggarai, Herybertus G.L.Nabit,S.E.MS dan Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut,S.H menerima Kunker Anggota DPRD Provinsi NTT ke Kajong, Desa Kajong, Kecamatan Reok Barat (Selasa, 18/02).

Bupati Manggarai Herybertus G.L.Nabit,S.E,S.H

Kunker DPRD provonsi NTT dalam rangka pengecekan ruas jalan provinsi yang ada di wilayah kabupaten Manggarai, salah satunya ruas jalan Kajong-Kedindi.

Dalam sambutannya, Bupati Hery, menyampaikan terima kasih atas kunjungan tersebut dirinya menilai bahwa kunjungan tersebut merupakan sebuah kekuatan besar dalam membantu pemerintah kabupaten untuk memakukan Manggarai.
“Terima kasih banyak sudah hadir di Kajong, saya tahu dengan upaya yang tidak gampang.”ujar Bupati berterima kasih.

“Saya berharap para anggota DPRD Provinsi NTT bisa menyalurkan aspirasi masyarakat Manggarai untuk perbaikan perbaikan ruas jalan tersebut. Saya yakin perbaikan itu akan dilaksanakab dan hanya menunggi waktunya saja.” Sambung Bupati Nabit lagi.

Bupati Hery juga mengatakan rencana apabila tahun 2022 tidak diperbaiki, pembak Manggarai akan mengajulan surat ijin kepada gubernur NTT sehingga beberapa titik yang dinilai rusak parah dapat diperbaiki dengan menggunakan APBD Kabupaten Manggarai.
“Kalau kami dijinkan untuk menggunakan APBD Kabupaten Manggarai, meskipun tidak seluruhnya, tapi di titik-titkk yang kita anggap rusak parah, tolong kami dijinkan untuk menangani itu meskipun darurat saja.” Ungkapnya.

Bupati mengatakan bahwa pihak pemkab.Manggarai sudah bersurat sejak Oktober 2021 tapi belum dapat jawaban hingga hari ini. Tetapi kalau memang tidak jadi nanti, kami akan ajukan surat baru.
“Nanti kami akan beritahukan juga kepada bapak ibu di DPRD Provinsi NTT untuk sama-sama kita perjuangkan minimal di tiga titik itu.” Ujar Bupati menginformasikan.

Jalan tersebut menjadi tolok ukur pembangunan di wilayah itu. Pembangunan jalan tersebut akan berdampak besar bagi kesejahteraab masyarakat dan peningkatan ekonomi.
“Itu sebenarnya yang kita harapkan dari perbaikian tersebut. Kalau jalan ini sudah bagus, yang pasti akan berdampak pada ekonomi khususnya kami di.Manggarai.” katanya.

Bupati Hery juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov.NTT dan DPRD NTT dari Dapil Manggarai yang sudah memperjuangkan banyak hal untuk kemajuan kabupaten Manggarai.
“Terima kasih untuk banyak hal yang telah dilakukan dan kita berharap ada beberapa hal penting yang masih bisa dilakukan dalam dua tiga tahun ke depan.” Ungkapnya.

Rencana Sertifikasi Bibit Porang

Selain Infrastruktur, Bupati Hery juga mengungkapkan tantangan di Manggarai adalah peningkatan produktifitas salah satunya di bidang pertanian.

Ia menyebut Pandemi Covid 19 menjadi salah satu faktor penghambat yang berdampak besar terhadap perekonomian. Namun ia.menyatakan syukurnya sebagai berbagao elemen masyarakat terua berusaha untuk tetap produktif.

Bupati Hery juga mengapresiasi masyarakat Kojang khususnya tokoh agama atas inisiatif mendorong penanaman porang komoditas yang biza diperdagangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.
“Hormat dan terima kasih untuk Romo Bernard (pastor Paroki Kojang) yang telah bekerja sama dengan kelompok basis yang ada di Paroki Kojang ini sudah mulai bekerja sama menanam porang. Iti sesuatu yang luar bias.”ujar Bupati Hery.

Tahun 2022 pemkab.Manggarao berusaha menanam bibit porang di Manggarai bersetifikasi.
“Selama inj sudah ada sertifikasi bibitnya, tapi itu hanya dipakai untuk menjadi bibit di daerah provinsi NTT. Yang kita lakulan tahun ini supaya tersertifikasi secara nasional, sehingg wilayah di luar provinsi NTT juga bis membeli bibit porang di Manggarai.” Tandas Bupati lagi.

Arahnya, menurut Bupati agar Manggarai dalam varietas porangny menjadi salah satu dari sedikit sumber bibit porang di Indonesia.
“Kita tidak hany jual porang ke pabrik, tapi kita tanam porang untuk menjadi bibit bagi seluruh Indonesia.” Tutup Bupati.|| juli br

Sp prokopim.setda Manggarai