PT ADIKAKA MANDIRI dan PT SMART AVIATION Luncurkan Pesawat Logistik Intra NTT Pertama

  • Bagikan

NTT, TOPNewsNTT|| PT ADIKAKA MANDIRI  melakukan peluncuran dan inagurasi pesawat logistik intra wilayah NTT pertama untuk melayani khusus distribusi barang pada Jumat, 16/09 di Landasan PT Angkasa Pura Kupang.

Foto inagurasi pesawat logistik pertama di NTT

Dalam jumpa pers bersama media usai inagurasi, dirut PT ADIKAKA MANDIRI Deki Kirenius Ola mengatakan bahwa pesawat logistis jenis Cessna Caravan C208B-5551 PK SNY ini adalah pesawat cargo yang didatangkan khusus untuk melayani kebutuhan cargo di wilayah NTT dikontrak oleh PT ADIKAKA MANDIRI dari PT SMART CAKRAWALA AVIATION tanpa batas waktu dan berharap bisa selama-lamamya.

Deki mengatakan bahwa satu unit pesawat ini sementara akan melayani 5 wilayah NTT,  belum semua wilayah dari 22 kabupaten, yakni Kupang-Waingapu, Kupang-Alor, Kupang-Ende, Kupang-Larantuka dan Kupang-Lewoleba.

Suasana jumpa pers

Ia berharap masyarakat dan pelaku usaha dapat memanfaatkan pesawat ini untuk kebutuhan  cargo karena harga cargo cukup terjangkau atau di bawah rate harga cargo yang sudah berjalan.

Sementara GM Angkasa Pura I mengatakan bahwa pesawat cargo logistik di bandar udara sudah ada tapi dari luar NTT tapi yang dalam NTT yang selama ini belum ada dan dititipka lewat pesawat penumpang dan terbatas.

Dengan adanya 1 unit pesawat cargo khusus intra NTT maka akan memperlancara pengiriman cargo intra daerah di NTT.

Dan ini hanya sebagai rangsangan agar geliat ekonomi tumbuh. Dan mungkin jika trend cargo meningkat maka akan ditambah pesawat atau di up grade ke pesawat lebih besar.

Jadwal terbang da wilayah layanan pesawat logistik

Saat ini menurut GM Angkasa Pura penitipan cargo di Pesaqat reguler tidak sampai 15 ton. Dan dengan adanya pesawat khusus cargo yang dapat memuat 1.4 ton cargo sekali jalan maka akan bisa meningkat jika bolak-balik beberapa kali sehari. Dan pengangkutan cargo bisa lebih banyak dan sering karena tidak ikut jadwal pesawat reguler.

Ketua HIPMI NTT Ikhsan Darwis  nyatakan berterima kasih membantu pemgusaha pemula untuk mendapatkan bahan baku dan prpdul mereka le luar kota kupang dan dari daerah ke kota Kupang.

HIPMI NTT, ujar Ikhsan, akan berkolaborasi dengan PT ADIKAKA MANDIRI untuk mendorong pelaku UMKM untuk menggunakan saranan ini dan ekonomi NTT akan bergerak.

Karena selama ini pengiriman barang  lewat laut maka kadang membuat produk rusak karena terlambat datang dan ia berharap dengan adanya pesawat khusus cargo ini maka semua kendala itu akan teratasi.

Boby Liyanto Ketua KADIN NTT juga menyambut baik hadirnya pertama kali masuk ke NTT.

Dan kepada NTT logistik dan PT Aviation juga sudah berani beroperasi  ke NTT. Dan dengan adanya pesawat tidak akan ada lekadian pending pengiriman barang intra NTT.

Kepada dunia usaha Boby mengajak pelaku UMKM untuk melihat peluang mereka menjual produk UMKM ke luar NTT.

Ini kesempatan baik bagi pelaku UMKM untuk menjual produk ke luar daerah di dalam NTT dna luar NTT.

Kadis perhubungan Isyak Nuka mengatakan tugas pwmeeintah hanya 2 fasilitasi dan regulasi.

Fasilitasi yakni mendukung dengan regulasi dan bahwa kedua managemen PT Adikaka Mandiri dan PT Aviation adalah orang gila yang harus didulung.

Masa pandemi dan ekonomi lagi menurun mereka berani bawa pesawat untuk cargo NTT.

Pemerintah tentu sangat mendukung dan bisa saja menambah pesawat cargo, karena gubernur NTT tidak suka dengan kata “nanti” tapi “tunjukkan bukti.” || juli br

  • Bagikan