Pj.Walikota Minta Pimpinan OPD Turun Cek dan Data Permintaan Warga Manutapen

  • Bagikan

Manutapen/Kota Kupang, TOPNewsNTT|| Berkantor di Kantor Lurah Manutapen, Pj.Walikota George Hadjoh serius mendengar dan menanggapi keluhan dan permintaan warga (Jumat, 2/12).

Gebrakan berkantor di 51 kelurahan di Kota Kupang sudah dilakukan George Hadjoh selama 3 bulan masa jabatanny dengan tujuan mendekatkan diri dengan warga sehingga dapat mendengarkan langsung apa saja kebutuhan, masalah  setiap kelurahan untuk  memberikan solusi. Selain itu juga melihat potensi apanyang dimiliki setiap kelurahan baik sda dan sdm untuk dikembangkan sesuai program dan anggaran yang sudah ada pada pemkot.

Sebagai penjabat walikota, George hanya melanjutkan program kerja yang sudah ada, serta menjalankan tugas pelayanan publik bagi masyarakat NTT dalam kapasitas walikota dan penjabat bertanggungjawab pada Gubernur NTT yang telah menunjuk dan melantiknya sesuai sk Mendagri.

Dalam kunjungan kali ini, Pj.Walikota didampingi pimpinan OPD terkait seperti PUPR, Kebersihan dan Pertamanan, Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Kasad Pol PP, Camat Alak, Camat Maulafa, para lurah mendengarkan keluhan dan permintaan masyarakat yang diwakili oleh ketua LMP Kelurahan Manutapen.

Ketua LPM menyampaikan 13 daftar permintaan dan keluhan yang dibuat melalui keputusan bersama rt dan rw  dalam musrembang yang dibuat dalam  bentuk berdraft tertulia dan diserahkan kepada Pj Walikota untuk ditindaklanjuti oleh pemkot Kupang.

Pertama air bersih, ada 268 kk tersebar di 16 rt yang belum dialiri air bersih dari PDAM Kota Kupang. Ia minta layanan pemasanga instalasi pipa PDAM yang diprioritaskan kepada 268 kk yang belum terpasang.

Kedua aspal pinggir jalan dari bekas galian pipa SPAM Kali Dendeng yang terletak di kelurahan Manutapen yang belum ditutup kembali dengan aspal tapi hanya dengan semen dan sudah rusak dalam sebulan.

Ia minta perusahaan yang lakukan pekerjaan mengaspal lubang bekas galian.

Ketiga kawasan kehutanan RI yang sudah dikuasai 524 kk masyarakat pemkot diharapkan koordinasi ke kementerian dan pemprov.NTT agar dilegalkan untuk masyarakat yang sudah menempati.

Keempat tempat PDAM Kota Kupang yang akan disatukan dengan SPAM Kalidendeng di Manutapen, mereka minta perekrutan staf dari masing-masing 11 anak dari 11 RW di Manutapen.

Kelima masih ada 128 titik jalan tersebar di 33  RT belum ada lampu jalan, minta pemkot memasang lampu jalan di setiap titik yang masih gelap.

Keenam TPS RT 06 dan 02 belum memadai dan terbuka sehingga selain penempatan sampah terbatas, sampah juga tumpah ruah karena berasal dari luar kelurahan. Mereka minta agar diberikan 2 unit kontainer sampah yang tertutup.

Tembok penahan di RT 03 dan 16, dan lapen di RT 18, 06, 05 dan 24 sudah rusak berat, minta pemkot tingkatkan dari lapen ke hotmix.

Peningkatan jalan di RT 16, 18 dan 22 dan 25 minta peningkatan jalan lapen menjadi hotmix.

Jalan setapak dan Saluran air di 16 rt, 28, 29 dan 30 ada saluran air yang belum dibangun di RT 21 sehingga aliran ketika hujan menggenai jalan besar maka.perlu di buat jalan setapak dan drainase di 28 dan 29 sepanjang 300 meter dan jalan setapak di rt 30 menuju kali dendeng sudah rusak berat. Mohon diperbaiki.

Ada 5 embung yakni di wilayah rt 07 ada 2 embung, RT 12 ada 1 embung, RT 11 ada  1 embung dan di RT  14  ada 1 embung dengan kondisi berpotensi sumber air untuk dikembang tanaman hodropinik dan bibit ikan air tawar, mereka minta dukumgan pemerintah lewat anggaran untuk pengembangan kedua potensi tersebut.

Mohon PLN pindahkan Tiang listrik yang berada di RT 11 dan 13 ditanam di tengah jalan yang sebabkan kendaraan tidak bisa lewat.

Selain 11 item tersebut, ada 32 unit tidak layak huni di RT 04, 05, 06, 08, 15, 17 dan 22 yang perlu ditanggulangi lewat program bedah rumah.

Minta dibangun  Deker di 1 RT 5, RT 8, rt 13, RT 18,  RT 21, dan 2 deker di rt 31, sedangkan tembok penahan di rt 2 sepanjang 20 meter, bronjong di rt 03 sepanjang 10 meter dan saluran air di rt 03 memotong jalan 10 sepanjang 100 meter sangat urgen untuk dibangun RT 28 dan 29 sepanjang 300 meter.

Menjawab keluhan dan permintaan, pj.walikota minta pimpinan skpd yang ikut segera mengambil tindakan dengan melihat pada pagu anggaran yang sudah ditetapkan.

Dengan serius pj.Walikota meminta keseriusan para pimpinan perangkat daerah terhadap keluhan dan permintaan masyarakat.

Namun ia minta para pejabat rt, rw, kelurahan bisa mengetahui siklus pengusulan dan penetapan anggaran agar permintaan seperti i i bisa dilayani dengan baik.

Kami baru selesai penetapan anggaran, sehingga permintaan seperti ini yang seharusnya sangat penting bagi kebutuhan publik warga di kelurahan  ini bisa terlayani atau diusulkan dalam sidang.

Namun ia berharap kebutuhan  ini bisa diusulkan dalam perubahan anggaran 2023.

Kepada pimpinan OPD Pj.Walikota minta segera turun lapangan melihat dan mendata ulang karena ada bantuan 1000 lebih sambungan pipa.

Untuk Lahan Hutan Jati Kehutanan Provinsi NTT Pj Walikota minta Kabag Pemerintahan bersurat ke pemprov NTT tentang status lahan dan pemanfaatannya yang sudah dibangun 285 unit rumah permanen dan 174 semi permanen.

Permintaan rekrut Tenaga kerja di pdam kota dari manutapen minta asisten 1 rapat dengan managemen PDAM Kota Kupang untuk melihat pendidikan dan skil untuk bisa direkrut sesuai kebutuhan PDAM tapi tetap melalui tes

Lampu jalan Pj.Walikota minta upt lampu  usulkan untuk tahun anggaran tahun anggaran berikut dan akan bertahap.

Pj walikota minta 1.200 lebih titik lamou yang sudah terpasang apa kendalanya Tahun depan ada 2800 titik yang aka dikerjakan oleh pihak ketiga agar kepentingan rakyat bisa dipenuhi.

Pj walikota tegas meminta pemkot lewat upt lampu dan PUPR  yang harus kerjakan, jangan pihak ketiga.

Untuk TPS yang kurang memadai, Pj.Walikota minta Kadis Kebersihan Orzon Nawa segera minta digantikan kontainer dan Orzon janji akan mencopt 1 dari tempat lain untuk diberikan ke kelurahan Manutapen. Pj walikota pertanyakan mengapa tidak membeli mobil kontainer tertutup pasa 2023 harus menambah  kontainer dan kelurahan Manutapen diberi 2 unit kontainer.

Permintaan pengerjaan jalan lapen ke hotmix, drainase, saluran air, bronjong, deker, pj walikota janji akan diusulkan di tahun anggaran 2023. Tapi pj walikota minta permintaan disertai foto dan gambar sehingga bisa diminta csr pihak ketiga. Ia minta Kadis PUPR segera ditindaklanjuti.

Maxi kadis PUPR nyatakan sudah koordinasi dengan balai PUPR NTT akan diperbaiki sesuai status jalan.

Potensi pertanian hidroponik dan ikan ir tawar, PJ walikota mengatakan sudah minta Biro pemerintahan mendata lahan pemerintah maupun warga untuk ditanam dengan tanaman pangan untuk hadapi ancaman resesi ekonomi dan pangan, termasuk di Manutapen. Ada 10 ribu anakan cabe banruan BI dan dana BPT Bagi Hasil dan DAU  10 M untuk pengembangan pertanian, perikanan dan peternakan.

Karena hubungan pemerintah provinsi dan DPR tidak harmonis maka waktu lalu program bedah rumah layak huni tidak brjalan.

Ia berjanji akan mengusahakan kelanjutannya dalam tahun anggaran 2023.|| juli br

 

 

 

 

  • Bagikan