Pj.Walikota Minta Aparat Kelurahan Gerakkan Partisipasi Masyarakan Meriahkan Festival Seni Dan Budaya Kelurahan Nefonaek

  • Bagikan

Nefonaek-Kupang, TOPNewsNTT|| Festival Seni dan Budaya Kelurahan Nefonaek berlangsung di depan Kantor Lurah Nefonaek (Selasa, 16/8) dan dihadiri sekaligus membuka kegiatan Bapak Penjabat Wali Kota Kupang didampingi Bapak Asisten 2 Setda Kota Kupa Ignas R.Lega, Ibu Kadis Kominfo dan Ibu Kadis Pariwisata didampingi lurah Nefonaek  Ibu Josephina N. Ungirwalu yang mengenakan pakaian adat Rote Ndao.

Ketua Panitia I Maade Suardana Putera menjelaskan latar belakang digelarnya event festival seni dan budaya kelurahan Nefonaek adalah perayaan  Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023 menjadi sebuah momentum strategis bagi semua Warga Negara Indonesia umumnya dan lebih khusus bagi kita yang bermukim di Kelurahan Nefonaek untuk merefleksikan
diri sudah sejauh mana rasa kebangsaan dan nasionalisme dalam kehidupan
berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Karenanya pihak Kelurahan Nefo Naek bersama-sama dengan Tokoh Masyarakat, Ketua RT/RW, Tokoh Pemuda dan elemen
masyarakat lainnya telah bersepakat untuk melaksanakan berbagai kegiatan antara lain:
Lomba Fashion Show, Bola Voly, Drag Sepeda, Pidato, Tarik Tambang dan beberapa
kegiatan seni dan budaya.

Tujuan Festival antara lain :
a. Memupuk rasa kebersamaan diantara sesama warga yang ada di kelurahan Nefo Nack
serta mempertebal rasa kebangsaan dan nasionalisme bagi masyarakat terutama
generasi muda yang ada dalam wilayah Kelurahan;
b. Ungkapan syukur atas HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023.

Festival ini dimeriahkan oleh berbagai acara yaitu Karnaval yang diikuti oleh seluruh warga Kelurahan Nefo Nack, drumband SMPN 16,
siswa/siswi PAUD, TK, SMP, Remaja dan muda mudi pada setiap Rumah Ibadah
dan unsur-unsur lainnya pada tanggal 15 Agustus 2023, pukul 14.00 WITA. Peserta
karnaval menggunakan beragam pakaian etnis, modifikasi dan lainnya.

Festival disponsori oleh MCO, IM3, Enseval, KB  Pharma dan Indomaret, juga bapak Hengky Lianto dan Bapak Yusack Benu sebagai orangtua dan warga Kelurahan Nefonaek.

Bapak Penjabat Wali Kota Kupang George M.Hadjoh dalam sambutan sekaligus membuka Festival kelurahan Nefonaek mengatakan  apresiasi dan terima kasih ata support semua pihak, dan beliau hanya pesan mulai hari ini agar panitia dan aparat kelurahan berkeliling ke kampung-kampung (setiap RT dan RW-red) untuk memanggil masyarakat ikut menyaksikan dan memeriahkan kegiatan ini. “Mulai hari ini tolong keliling ini kampung-kampung di Perumnas ini semua masyarakat harus hadir di tempat ini untuk mengikuti semua kegiatan di sini. Karena ini kegiatan untuk masyarakat bukan untuk siapa-siapa “dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat untuk masyarakat.”

Selanjutnya menandai pembukaan festival, penjabat didampingi pimpinan OPD melepas rombongan karnaval budaya masyarakat dan siswa-siswi Kelurahan Nefonaek. Selanjutnya meninjau tenda UMKM Kelompok Dasa Wisma di depan lapangan volley.

Lurah Nefonaek Ibu Josephina N. Ungirwalu kepada media berharap event seperti ini benar-benar dilaksanakan secara rutin di setiap tahunnya.

“Festival kami karena masyarakat multi etnis di tempat ini kami tidak menonjolkan satu etnis saja tapi multi etnis. Konsepnya adalah Nasional agar semua menyatu. Aspek budaya dalam festival tidak ada lomba lagu, tari ataupin fashion show bernuansa tradisonal NTT hanya kami tampilkan dalam karnaval tadi saja. Selanjutnya adalah lomba-lomba Lomba Fashion Show (berpakaian nasional), Bola Voly, Drag Sepeda, Pidato, Tarik Tambang dan beberapa mata lomba lainnya.” Jelasnya.
kegiatan seni dan budaya.

Mungkin ke depan akan digelar yang mengangkat etnis tertentu sebagai bagiam dari pengenalan seni dan budaya asli NTT.

Saat meninjau tenda UMKM, Bapak Penjabat Wali Kota Kupang mencoba beberapa kuliner yang disiapkan para pelaku UMKM.|| jbr

 

  • Bagikan