Perkuat Transformasi Mutu Pelayanan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Kupang Ajak Media Diskusi

Asuransi Birokrasi Regional

KUPANG, TOPNewsNTT|| BPJS Cabang Kupang ajak media kawal transformasi mutu layanan Program JKN KIS dalam Diskusi dengan Thema “Bersama Mengawal Transformasi Mutu Layanan Program JKN 2023” di Kupang (Selasa, 6/6).

Kepala BPJS Cabang Kupang, Ario Trisaksono memaparkan materi Transformasi Layanan Program JKN KIS 2023 yang menjelaskan Transformasi mutu layanan terus dilakukan BPJS Kesehatan demi menghadirkan kemudahan bagi peserta dalam mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan. Komitmen tersebut dibuktikan dengan hadirnya berbagai inovasi untuk memberikan wajah baru terhadap pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara.

Melalui transformasi tersebut, diharapkan bisa memberikan kepastian perlindungan kesehatan terhadap seluruh masyarakat Indonesia.

Berkat komitmen yang ditunjukkan, BPJS Kesehatan dianugerahi penghargaan Gold Champion of Indonesia WOW Brand Festive Day 2023 untuk kategori Health Insurance dan kategori Public Service Application untuk Aplikasi Mobile JKN yang diberikan oleh MarkPlus, Inc.
“Presiden meminta BPJS sudah harus lakukan dan miliki standar layanan kesehatan yang baik. Saat memberikan penghargaan Gold Champion of Indonesia WOW Brand Festive Day 2023 untuk kategori Health Insurance dan kategori Public Service Application untuk Aplikasi Mobile JKN yang diberikan oleh MarkPlus, Inc.” Ujar Mahyudi.
“Kami mengubah layanan dengan prinsip Mudah (cukup tunjukkan KTP saja bisa peroleh layanan), Cepat (perpendek waktu sistem layanan) dan Setara (layanan yang tidak membeda-bedakan, bebas biaya). Selain itu BPJS juga memberikan keringanan dalam pembayaran tunggakan bagi peserta dengan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) dengan jangka angsuran waktu 3, 6 dan 12 bulan yang bisa diakses lewat JKN Mobile. Program  REHAB untuk peserta yang kartu tidak aktif yakni PBPU dan BP yang punya tunggakan iuran.
BPJS kesehatan juga mewajibkan semua faskes yang kerja sama dengan BPJS punya janji layanan yang harus dipajang di semua FKTM dan RS tingkat 1. Program  REHAB untuk peserta yang kartu tidak aktif yakni PBPU dan BP yang punya tunggakan iuran.
Transformasi mutu layanan lain yakni  kemudahan mendaftar untuk layanan peserta BPJS yang tidak mau mengantri lama saat berobat, dapat melakukan pendaftaran secara online lewat aplikasi Mobile JKN.|| jbr