DPD REI NTT & BRI Gelar BREILIAN Pameran Perumahan Terbesar Tahun 2023 di Kupang

Ekonomi Bisnis Perumahan rakyat Regional

KUPANG, TOPNewsNTT||DPD REI NTT berkolaborasi dengan BRI kembali menggelar event  BRELIAN EXPO 2023, yakni sebuah pameran  perumahan terbesar di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang biasanya digelar 2 kali setahun. Dan ini penyelenggaraan ketiga setelah covid mereda dan dibukanya PPKM yang melumpuhkan hampir seluruh terutama ekonomi dunia terutama NTT sebagai provinsi 3T.

Event akbar yang dinantikan bukan hanya oleh developer yang tergabung dalam DPD REI NTT sebagai penyedia perumahan baik subsidi maupun komersil, tapi terutama oleh masyarakat yang NTT yang masih sangat besar presentasenya yang belum memiliki perumahan layak huni karena pada saat expo akan ada banyak promosi yang ditawarkan oleh para developer, mulai dari uang muka ringan bahkan bebas uang DP, setoran yang ringan, dan hadiah-hadiah doorprize  berlangsung di Lantai 1 Lippo Plaza dari tanggal 2–11 Juni 2023.

Dalam sambutan pihak BRI sebagai lembaga keuangan pendukung,  Kholis Syafroni, Regional Customer Banking Head BRI Denpasar, yang menjelaskan tujuan utama pameran ini adalah mendukung pembangunan perumahan di NTT dan membantu masyarakat dalam mencapai impian memiliki rumah
“Ini merupakan kegiatan bersama dengan REI NTT, dimana kami berusaha untuk dapat mendukung perumahan-perumahan subsidi di NTT. Sebab permintaan perumahan itu sangat besar. Sehingga muda-mudahan dengan pameran ini bisa membantu untuk mengedukasi masyarakat yang ada di NTT agar  yang membutukan rumah bisa mengambil rumah di anggota REI NTT,” ungkap Syafroni.

Ia juga membeberkan bahwa BRI sangat mendukung penuh kerja sama ini dengan menyediakan fasilittas kredit di semua cabang BRI di NTT.
“Yang pastinya kami sangat mendukung penuh kegiatan ini, dimana kami menyediakan fasiltas credit di semua cabang yang ada di NTT. Sehinga semua yang kita layani dapat tersubsidi” tegasnya.

Sementara, Ketua DPD REI NTT,  Bobby Pitoby mengungkapkan bahwa kegiatan ini meruapakan kegiatan yang kedua untuk kerja sama antara REI dan BRI NTT. Dan pameran Expo pertama untuk perumahan di NTT.
“Seperti yang saya katakana bahwa kegiatan pameran ini meruapakan kerja sama antara REI dan BRI NTT untuk membangun perumahan di NTT dan pameran ini merupakan yang pertama  di Indonesia,” ujarnya.

Ia juga membeberkan bahwa selama ini  banyak tantangan yang dihadapi di lapangan dimana tuntutan dari developer sangat banyak sedangkan tenaga kami masih terbatas.
“Memang masih banyak sekali tantangan kita karena developer kita sekitar 90.000an kalau kita baru bisa bangun 2000an masaih membutuhkan banyak waktu lagi untuk diselesaikan. Oleh karena itu saya kita masih membutuhkan dukungan dari Bank BRI dan Developer untuk lebih bergairah membangun daerah. Karena bukan kita yang membangun siapa lagi,” lanjutnya lagi

Diakui Bobby  bahwa selama ini pembangunan perumahan di NTT memang belum,  merata  karena dari 22 kabupeten kota fokus hanya berada di Kabupeten Kupang dan Kota Kupang, itupun pembangunan progresnya baru sekitar 70%
“Jadi total pembangunan masih kurang merata di seluruh NTT. Karena dari 22 kabupaten/kota kami selama ini hanya baru fokusnya berada di Kabupten Kupang dan Kota Kupang dan itupun baru sekitar 70an%  dan sekitar 30% yang ada di kabupaten lainya. Oleh karena itu, hal  ini yang perlu kita bangun merata. Oleh sebab itu saya dan Boby Lianto bersama pengurus DPD lainya lagi berusaha untuk membangun daerah-daerah lain. Sebab kita perlu berusaha untuk membangun daerah. Jika kita berjalan sendiri pasti sangat sulit,” tutup Boby Pitoby.|| jbr