Perguruan Silat PSHT Cabang Kupang 030, perangi Covid-19 bagi 250 masker gelar aksi bagi gratis

Kemanusiaan Koperasi Warta Kota

KUPANG, TOP News NTT ■■ Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT-NTT) Cabang Kupnga 030,  tunjukkan dukungan mereka kepada  pemerintah NTT dalam hal melawan penyebaran Covid-19 di NTT dengan gelar aski ⁰bagi-bagi 250 pcs  masker untuk  masyarakat yang menjadi pengguna jalan di 6 titik di Seputaran Bundaran Tirosa pada Rabu, 6 Mei 2019.

Pdt.Ady Ndi’y,S.TH, koordinator aksi dan didampingi 2 dewan pembina Gabungan PS PSHT Cabang Kupang 030 sesaat sebelum turun bagi masker gratis di seputaran Bundaran Tirosa

Ditemui sebelum turun ke jalan, koordinator aksi  Pdt.Ady Ndiy, S.Th didampingi 2 Pembina PSHT NTT Hilli Arkiang dan Suwarto, menjelaskan,
“Hari ini gabungan ranting dan cabang Perguruan silat PSHT Cabang Kupang 030  (Persaudaraan Setia Hati Teratai) ingin ikut berkontribusi bersama pemerintah NTT untuk masyarakat NTT khususnya kota Kupang, dalam ikut perangi Covid-19 dengan membagi 250 pcs masker di 6 titik di seputaran Bundaran Tirosa.  Pada tahap pertama kami bagi 250 pcs, tahap kedua 250 pcs masker lagi dengan sembako bagi janda dan lansia di kota Kupang.” jelas pendeta Ady usai persiapan turun ke lapangan pada Rabu, 6/5/2020 di depan gereja St.Petrus TDM 2.

Lanjut Ady menjelaskan bahwa,  pembagian masker gratis ini dilakukan PSHT Cabang Kupang 030 karena melihat kondisi dimana  dunia sedang dilanda serangan virus yang begitu memukul seluruh sendi kehidupan bangsa. “Serangan virus dengan dampak sangat luas ini melanda semua manusia di semua sendi kehidupan. Karenanya,  PSHT Cabang Kupang 030 yang sudah hadir di NTT sejak  1976 dan SK resmi tahun 1980, dan  selama ini selalu hadir  sebagai bagian dari bangsa, ingin juga  mengambil bagian dalam peperangan melawan Corona.  Walaupun hari ini hanya dengan membagi 250 pcs masker. Namun kami berharap dapat ikut berperan aktif untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau Corona ini.” Tandas Ady menjelaskan.

Kegiatan bagi 250 pcs masker  yang baru dimulai Rabu, 6 Mei 2020, dilakukan  di 6 titik yaitu di sekitar Bundaran Tirosa di depan hotel Amaris, depan Hypermarth, depan KFC dekat Bundaran Tirosa, Pulau Indah, depan pos polisi Bundaran Tirosa, , depan PLN arah jembatan Liliba,

Tahap kedua 250 masker akan dilakukan minggu depan  dengan aksi pembagian makanan siap saji bagi tukang ojek dan pemulung atau sembako bagi para janda dan lansia yang akan dilakukan selama pandemi ini. Kegiatan ini berjalan dengan dukungan sumbangan semua pihak.

“Rencana sumbangan lain pada  tahap kedua nanti, selain masker, juga akan disiapkan makanan siap saji untuk pemulung dan tukang ojek dan sembako bagi  para janda dan lansiap.” Jelasnya lagi.

Dalam pembagian masker hari ini, jelas Pendeta Ady PSHT Cabang Kupang 030  memberi teladan dengan taati protab pemerintah yaitu saat turun ke lapangan  membatasi jumlah anggota turun bagi hanya hanya 25 – 35 orang dengan per-titik hanya  5 orang dengan  pakai masker, sarung tangan, jaga jarak, dan hindari kontak fisik.
“Targetnya sebanyak mungkin masyarakat yang bisa kami capai sesuai donasi masker yang masuk.” Jelasnya.

Untuk pemerintah NTT, kabupaten kota, Pendeta Ady menyatakan :
“Pemerintah sudah berbuat banyak dan yang terbaik. Justeru kita perlu mendukung semua upaya pemerintah  dengan semua elemen bersatu tanpa sekat apapun berperang melawan Cororon. Ini saatnya kita jangan saling menyalahkan dengan membuang semua sekat perbedaan apapun, baik pemerintah, legislatif, TNI, Polri dan masyarakat, lemabaga agama, semua bersatu memerangi Covid-19. Jika kita bersatu kita bisa menang melawan Covid-19.” Tandas Pdt.Adhy mengajak dengan optimis.

Kepada masyarakat pendeta Adhy berpesan agar tetap ikuti anjuran pemerintah, jangan keluar rumah, pakai masker dan sarung tangan saat diluar rumah,  jaga jarak dan cuci tangan.”Dengan taati semua anjuran yang diberikan, kita akan mampu mengusir Corona dari NTT  dan Indonesia.” Ujarnya diakhir wawancara. ■■ Juli br