Pemkab.Manggarai Gelar Ritual Adat “Tesi” Jelang Pengerjaan Lapangan Natas Labar Motang Rua

Birokrasi Daerah Infrastruktur

RUTENG, TOPNewsNTT|| Lapangan Natas Labar Motang Rua akan segera dikerjakan,  Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menggelar ritus adat “Tesi”, Selasa (25/7) pukul 16.30 Wita bertempat di podium utama lapangan Motang Rua.

Ritus Tesi diartikan sebagai ritual adat meminta atau memohon restu kepada para leluhur sebelum pembangunan rumah atau sarana lainnya.

“Penataan Natas Labar Motang Rua sama sekali tidak mengubah fungsi dan nama dari lapangan Motang Rua. Natas labar adalah fungsi, Motang Rua adalah nama. Dengan demikian, kita generasi Manggarai hari ini tidak mengubah sedikitpun baik fungsi maupun nama dari tempat ini.” Ujar Bupati Manggarai Heribertus Nabit dalam sambutannya saat pelaksanaan ritual Adat Tesi.

“Tempat ini dalam generasi kita akan tetap menjadi tempat dimana semua orang boleh berkumpul, semua orang boleh beraktivitas, dan namanya pun tetap nama yang disematkan oleh para pendahulu kita, Motang Rua.” Lanjut Bupati Nabit.

Ia mengatakan, Sore ini akan dimulai langkah pertama untuk mewujudkan visi, visi tentang sebuah kota kecil yang kemudian berkembang sedemikian rupa menjadi lahan penghidupan bagi puluhan ribu kepala keluarga.

“Kita mulai langkah pertama untuk menata kembali tempat kehidupan kita.” Cetusnya.

Bupati Nabit berharap dengan dibangunnya Natas Labar Motang Rua ini akan menjadi ikon baru bagi Kota Ruteng.

“Oleh karena itu, Kepada seluruh masyarakat Manggarai, mari mengawal seluruh proses pembangunan di Kabupaten Manggarai.” Harapnya

Pada kesempatan itu, keluarga besar Ema Motang Rua menyerahkan cinderamata berupa lukisan Motang Rua kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai.

Turut hadir Kapolres Manggarai, Sekda Kabupaten Manggarai, Ketua Pengadilan Agama Ruteng, Pasi Pers Kodim 1612/Manggarai, Panitera Pengadilan Negeri Ruteng, para Asisten, para Pimpinan Perangkat Daerah, para Kabag, Direktur Perumda Tirta Komodo, Camat Langke Rembong, Kepala Bank NTT Cabang Ruteng, tokoh adat Ruteng Pu’u, tokoh adat dan keluarga besar Beo Kina.|| jbr

Sp Prokopim Manggarai