Yayasan Bakti Kolaborasi Dengan Pemda.NTT dan Pemkot Kupang Gelar Festival DolDolu

Birokrasi Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT||Andre Otte Sekretaris Dinas Kominfo Kota Kupang menjelaskan bahwa pada  25 dan 27 Juli 2023 akan dilaksanakan Festival Kawasan Indonesia Timur oleh Yayasan BaKTI.

“Pemprov.NTT ditunjuk sebagai tuan rumah dan Kota Kupang menjadi tempat yang dipilih sebagai tempat pelaksanaannya Festival Kawasan Indonesia Timur. Rangkaian kegiatan bukan hanya pada 26 dan 27 Juli, tapi ada juga rangkaian kegiatan yakni EXPO UMKM, EXPO Property, kerjasama antara pemkot Kupang dengan Bank BTN Kupang dan sponsor-sponsor lain dan acara puncaknya akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan BaKTI pada 27 Juli  dalam konteks Malam Seni Budaya dengan Thema Kupang DolDolu. Tujuannya untuk melakukan review dan flashback kepada kita bahwa dari jaman dulu hingga sekarang kita tetap hidup dalam seni dan budaya yanf berlangsung hingga hari.” Jelas Andre Otte saat Press Confress di Ruang garuda Kantor Walikota Kupang (Kamis, 20 Juli 2023).

Muhamad Yusran Laitupa ketua Yayasan BaKTI menjelaskan secara virtual dari Jakarta bahwa Yayasan BaKTI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melaksananakan Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX 2023, yang akan digelar tangga 26-27 Juli 2023 di Kota Kupang – Nusa Tenggara Timur.

“Festival Forum Kawasan Timur Indonesia hadir untuk merayakan kemajuan dan inovasi pembangunan di Indonesia. Festival ini memungkinkan peserta berbagi informasi tentang praktik cerdas, pengalaman dan pembelajaran dari berbagai program pembangunan di tingkat lokal untuk memperkuat harmo-nisasi pembangunan serta meningkatkan manajemen program dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional.” Jelasnya.

Di Festival Forum Kawasan Timur Indonesia, peserta dapat mempelajari dan menyerap praktik baru yang memungkinkan mereka bekerja lebih efektif. Ini merupakan kegiatan yang san-gat baik untuk mengenal dan membangun hubungan baik dengan para pelaku pembangunan.

Selama dua hari pelaksanaan Festival Forum KTI diharapkan akan dihadiri oleh setidaknya 1.000 peserta yang merupakan perwakilan dari prominent figure pemerintah nasional dan pemerintah daerah, mitra pembangunan internasional dan nasional, organisasi non-pemerintah, akademisi, sektor swasta, pemuda, petani, nelayan, masyarakat adat, profesional, jurnalis, mahasiswa, dan pemerhati kawasan timur Indonesia.

Sebagai upaya bersama menyukseskan pelaksanaan Festival Forum KTI, Yayasan BaKTI melaksanakan pertemuan koordinasi untuk mensinergikan dukungan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur termasuk koordinasi persiapan yang diperlukan dalam pelaksnaan  Festival Forum KTI 2023 yang berlangsung di Kantor BaKTI 20 Februari 2023 lalu. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari Yayasan BaKTI, perwakilan dari Pro-gram SKALA – DFAT Australia dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diwakil oleh Johanna Lisapaly (PJ Sekda Provinsi Nusa Tenggara Timur) Dr. Alfonsus Theodorus (Kepala Bappelitbangda NTT) Maxianses H. Manafe (Sekretaris Bappelitbangda NTT) Jo-hannes Melky Subani (Koordinator Forum KTI Wilayah NTT).

Dalam pertemuan ini Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan respons dan dukungan penuh pada pelaksanaan Festival Forum KTI dan menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah.

Ibu Lisapaly menyatakan bahwa di bawah kepemimpinan gubernur, fokus pada menciptakan inovasi yang mampu mendorong kemandirian masyarakat untuk itu beberapa fokus pelaksanaan festival seperti Local champion, 4 pemuda dari NTT sebagai penggerak perubahan sosial di tingkat desa dapat tetap diangkat di Festival Forum KTI sebagai arahan dari Gubernur.

Selain itu, banyak praktik baik yang telah dibuat oleh masyarakat namun belum diapresiasi. Untuk itu perlu ada kolaborasi dari berbagai pihak, mendorong scale up dan replikasinya.

Melalui BaK-TI dapat memotivasi masyarakat NTT, karena NTT memiliki potensi yang luar biasa hanya perlu didorong serta Bappelitbangda mempunyai fungsi lebih untuk menyampaikan ke masyarakat untuk menyebarluaskan praktik-praktik cerdas khususnya di NTT.

Ibu Lisapaly kembali menyatakan dukungan Pemprov NTT untuk FFKTI sebagai acara Pemda, sehingga promosi bersama tentang Festival Forum KTI di kanal-kanal resmi pemerintah provinsi NTT seperti website dan media sosial.

Sebagai informasi, terdapat 4 rangkaian utama pelaksanaan Festival Forum KTI yaitu:

Panggung Inspirasi
Panggung Inspirasi adalah acara utama dalam Festival Forum Kawasan Timur Indonesia. Panggung Inspirasi akan menampilkan Praktik Cerdas terpilih dari ratusan inisiatif dan ino-vasi pembangunan di kawasan Timur Indonesia, termasuk praktik cerdas dan model pem-bangunan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Side Events
Festival Forum KTI menjadi ajang bagi pemerintah daerah dan mitra pembangunan di tingkat lokal, nasional serta internasional untuk menampilkan inovasi baru dari berbagai aktivitas pembangunan yang berhasil menjawab berbagai tantangan pembangunan. Beragam acara setelah sesi Panggung Inspirasi guna mendorong interaksi di antara pegiat pembangunan dan menawarkan berbagai kesempatan untuk berjejaring.

Galeri Informasi
Galeri Informasi adalah ruang pameran yang menampilkan beragam keberhasilan dan pem-belajaran dari upaya pembangunan yang dikerjakan lembaga pemerintah, mitra pembangunan internasional, LSM dan komunitas, peserta Local Champion Incubator, dan program CSR sektor swasta.

Malam Budaya
Festival Forum KTI menampilkan pementasan budaya dari Nusa Tenggara Timur khususnya dari Kabupaten Manggarai Barat yang menghadirkan kuliner khas, fashion dan tenun, tari, musik hingga komoditas lokal termasuk tenun ikat, kopi dan lain-lainnya.

Bagi masyarakat NTT ini dapat menjadi bagian dari proses interaksi regional sehingga meningkatkan kebang-gaan akan budaya dan terbangun semangat untuk terus berkarya membangun daerah.

PJ Branch Manager Bank BTN Kantor Cabang Kupang, Laloria N. Pardede saat press conference Event Kupang Doldolu di Kupang, NTT, Kamis (20/7) mengatakan, “Dengan berkolaborasi bersama Pemkot NTT, Pengembang dan UMKM di Wilayah NTT, Bank BTN Akan Menggerakkan Ekonomi NTT. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bersinergi dengan Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Expo bertajuk “Kupang Doldolu”. Acara yang berlangsung dari tanggal 22-27 Juli 2023 ini merupakan ajang Bank BTN dalam membangkitkan ekonomi masyarakat berkolabarsi dengan para pengembang properti, UMKM yang dikemas dalam rangkaian festival seni dan budaya khas Kota Kupang.” Ujarnya.

“Potensi Kupang menjadi alasan utama kami ikut menggelar Event Kupang Doldolu bersama pemerintah kota kupang karena pertumbuhan ekonominya yang semakin pesat, ditunjang oleh berbagi lapangan usaha, kami harap dengan digelarnya event ini akan mempermudah akses masyarakat terhadap produk dan aplikasi perbankan Bank BTN, mulai dari tabungan, Kredit Pembiayaan Perumahana atau KPR, pembiayaan usaha untuk UMKM hingga aplikasi BTN Mobile, ” kata Laloria N. Pardede.

Pada acara yang dibuka oleh Penjabat Walikota Kupang George Melkianus Hadjoh tersebut Bank BTN juga akan menandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemkot Kupang dalam rangka peningkatan kerjasama layanan perbankan khususnya KPR BTN dan Kredit Ringan (Kring) BTN.

“Untuk Properti Expo, kami mengundang 20 pengembang untuk ikut berpartisipasi dan sekitarnya 25 UMKM ikut terlibat dalam UMKM Expo,” kata Laloria.

Dia juga menambahkan selama event berlangsung pengunjung dapat membuka rekening online, mengikuti flash sale poin spekta serta transaksi non tunai dengan QRIS serta kesempatan untuk membeli rumah secara cepat karena adanya layanan persetujuan instant KPR dan Kredit Ringan BTN.

Rangkaian program dan produk tersebut, lanjut Laloria, menjadi salah satu strategi Bank BTN untuk meningkatkan bisnis Bank BTN diantaranya peningkatan Dana Pihak Ketiga atau DPK, khususnya tabungan, meningkatkan pengguna BTN Mobile dan mendorong transaksi non tunai dengan aplikasi BTN Mobile serta QRIS.

Sebagai informasi, BTN KC Kupang mencatatkan pertumbuhan bisnis yang positif, diantaranya kenaikan DPK dan penyaluran kredit. ” Realisasi kredit konsumer per Juni ’23 naik di atas 10 persen dibandingkan Juni ’22, sementara realisasi kredit UMKM melesat sekitar 34 persen dibandingkan periode Juni tahun lalu, dan untuk DPK, khususnya dari dana murah (tabungan dan giro) naik sekitar 6 persen dibandingkan Juni tahun sebelumnya,” kata Laloria.

Selain menawarkan produk dan program BTN yang menarik, Bank BTN juga sangat perhatian dengan tingkat literasi keuangan di Kupang. Selama acara berlangsung Bank BTN bersama Otoritas Jasa keuangan dan Bank Indonesia menggelar program literasi keuangan ke masyarakat umum.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan seluruh pihak yang mendukung kesuksesan acara ini, karena Acara ini juga bentuk komitmen Bank BTN dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Laloria

PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Kupang Jl. Jend. Sudirman No. 87 Kupang 85119 NTT.||jbr