Pagelaran Expo Budaya dan Olahraga Kelurahan Sikumana Meriah Dengan Pertandingan Tinju

Birokrasi Pariwisata Budaya Warta Kota

SIKUMANA-KUPANG, TONewsNTT|| Kelurahan Sikumana  menggelar Pagelaran Expo Budaya HUT RI ke 78 pada Selasa, 8/8.

Pj.Wali Kota Kupang hadir didampingi Irwasda  Polda NTT Kombes Taufik, beserta pimpinan OPD berlangsung di Lapangan Moina, Kelurahan Sikumana.

Penjabat wali kota dalam sambutan membuka Pagelaran Expo Budaya memuji semangat dan kreatifitas masyarakat, karang taruna pemuda dan semua pihak di kelurahan Sikumana yang sudah menggelar event seni dan budaya dengan titel Pagelaran Expo Budaya HUT RI ke 78.

Penjabat Wali Kota kembali mengulang bahwa untuk event Tahun 2023 pemkot hanya menganggarkan Rp15 juta untuk event pagelaran atau festival seni dan budaya, tapi tahun 2024 akan dianggarkan Rp25-35 juta.

penjabat mengingatkan bahwa tahun 2023 Pemkot Kupang sudah menganggarkan dana pembinaan Karang Taruna sebesar Rp200 juta untuk mendukung karang taruna di kota kupang, “saya tidak tahu sudah pakai atau belum silahkan tanya ke karang taruba . Dan Rp15 juta untuk kegiatan pagelaran di 2023.” Ujar Penjabat.

Selain itu untuk cabor Tinju sebagai cabor super prioritas yang sudah lahirkan dua petinju legendaris adal NTT ke Olimpiade. Ad aIrjen Jony adadoma petinju eprtama yang pecahkan telor tinju NTT ke Olimpiade dan Hermensen Balo yang dua kali ke Olimpiade yang menjadikan NTT memiliki nama lewat cabor ini yang setiap PON menyumbang medali untuk NTT dan Indonesia. Terima kasih untuk Pertina Indonesia dan NTT. Tahun 2023 Pemkot Kupang sudah anggarkan Rp350 juta untuk dana pembinaan bagi pembinaan atlit kota Kupang untuk persiapan bersama NTB NTT akan jadi Tuan Rumah sea games 22 2028.” Kata George bersemangat.

Kalender event seni dna budaya bertujuan membangkitkan semua potensi seni dan budaya di seluruh kota kupang bahwa kita adalah wilayah yang kaya dan eksotik untuk menjadikan pariwisata sebagai prime mover perekonomian NTT dan saya ditunjuk oleh gubernur untuk mendukung semua ini.

“Oleh karena itu semua event seni dan budaya dan olahraga yang menjadi milik masyarakat keluarahan Sikumana maka semua masyarakat harus datang dan saksikan kekayaan seni, budaya dan olahraga dari masyarakat untuk masyarakat. Maka kota ini akan hidup 24 jam menjadi kota yang sejahtera.” Ujar George menyemangati.

Panitia pelaksana melaporkan bahwa tujuan digelarnya Pagelaran Expo Budaya dan Olahraga adalah sebagai wahana pemersatu meningkatkan rasa bela negara dan keutuhan NKRI, ajang hiburan bagi masyarakat kelurahan Sikumana dan sekitarnya, wahana untuk tingkatkan motivasi pemuda yang punya bakat dan minat dalam bidang seni budaya dan olahraga, sebagai momen bagi seluruh masyarakat memaknai semangat dan perjuangan para pahlawan dan memperkokoh rasa bangga sebagai bangsa Indonesia.

Selain itu lewat kegiatan ini panitia berharap akan ada peningkatan rekonsiliasi kepentingan antara pemimpin di kota ini untuk mengangkat prestasi olahraga dari kelurahan Sikumana menuju prestasi yang lebih maksimal.

Secara khusus bagi masyarakat Sikumana san sekitarnya yang punya minat dan bakat pada cabor tinju, sepakbola dan pentas seni.

Dalam event ini ada berbagai kegiatan yakbi open sparing tinju antar sasana tinju sekota Kupang yang akan berlangsung Selasa, 8-11 Agustus 2023.

Sepak bola antar RW Sikumana yang sudah berlangsung sejak 26 Juli dan akan berakhir pada 17 Agustus, Lomba Tarian Ja’i antar RW se kelurahan sikumana (15 dan 16 Agustus), lomba tarik tambang 9-10 Agustus, Lomba Gerak jalan antar sekolah kelurahan Sikumana  (12 Agustus), Lomba Foti dan Gerak Jalan santai serta donor darah. Kebutuhan anggaran untuk event ini Rp120 juta yang diperoleh dari usaha dana panitia, sumbangan seluruh masyarakat Kelurahan Sikumanan dan sumbangan seluruh pelaku usaha di kelurahan Sikumana.|| jbr