Launching Produk Jahe SMAN 2 Langke Rembong Bupati Dorong Masyarakat Ciptakan Produk Akhir

Birokrasi Daerah Pendidikan

RUTENG, TOPNewsNTT|| Bupati Manggarai, Herybertus G L.Nabit,S.E,M.A membuka secara resmi Bimtek Literasi dan Peluncuran Produk Kesehatan Bubuk Jahr Instan hasil karya Komunitad SMAN 2 Langke Rembong (Senin, 13/12).

Produk bubuk jahe hasil.karya siswa SMAN 2 Langke Rembong, Manggarai

Dalam sambutannya Bupati Hery Nabit mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut karena sesuai dengan harapan Pemda.Manggarai.

Menurut Bupati Hery menyebutkan Manggarai sebagai salah satu daerah penghasil jahe untuk daratan Flores yang juga sejak beberapa tahun ini sudaj dibawa ke luar negeri tapi masih dalam bentuk produk mentah.
“Mimpi kami sudaj mulai terwujud di SMAN 2 Langke Rembong. Karena tujuan kami di ekonomi adalah Manggarai memiliki produk akhir. Selama ini produk kita dijual secara gelondongan tanpa diproses.” Sebutnya Bupati Hery bangga.

Produk akhir adalah barang yang selesai dikerjakan dan siap dikonsumsi (baramg jadi). Langkah-langlaj yang sudah dimulai SMAN 2 Langke Rembong, dinilai Bupati Hery sebagai sebuah langkah maju dan sebagai contoh bagi masyarakat dalam mengelila hasil pertanian.

Bupati Hery pun berhatap inovasi seperti ini bukan hanya pada hasil pertanian, tapi juga pada bidang ekonomi lain.
“Menjadi contoh hari ini sehingga kami dorong kepada sekolah-sekolah lain, baik yang ada dalam kewenangan provinsi maupun yang jadi kewenangan kabupaten yakni SD dan SMP supaya menghasilkan produk atau membidangi inovasi yang bisa memberikan bekal bagi anak didik.” Harap Bupati Hery.

Bupati Hery juga berterima kasih kepada para guru di SMAN 2 Langke Rembong yang telah mendidik dan mengajar para siswa dengan baik.
Ia menyebutnya literssi dan produk sebagai hal yang luar biasa.

Bupati juga mengharapkan kreasi produk seperti ini akan menjadi upaya masyarakat Manggarai dalam mendukung kawasan pariwisata Flores.

Sementara guru pendamping dalam penciptaan produk, Dsi Anis Setyowati,S.Si mengatakan bahwa proses produksi sudah berjalan selama satu bulan.

SMAN 2 Langke Rembong, sebut Dwi membeli bahan baku jahe dari pedagang kemudian dilakukan proses pengelolaan menjadi bubuk jahe yang dikemas dalam ukuran 100gr.

Dalam peluncuran produk ini, Bupati Hery disuguhi pentas seni budaya dari para siswa SMAN 2 Langke Rembong. Menanggapai sajian tarian terebut Bupati menetapkan potensi kreatifitas seni budaya juga merupakan potensi pariwisata sehingga akan menjadikanny prioritas dalam pengembangN pariwisata.
Sehingga perlu diperhatikan kemampuan berbahasa minimal bahasa Indonesia yang baik dan bahasa asing dan literasi digital.
“Semoga apa yang telah kita mulai dan adik-adik pelajari jadi bekal untuk dunia pada masa depan yang memang keras dan penuh persaingan. Tapi jangan takut, saya yakin anak-anak Manggarai adalah orang yang berani menantang masa depan dan menemukan jalan terbaik.” Imbuhnya menyemangati
Turut hadir asisten Bupati Manggarai, drh.Yoseph Mantara, Kasek SMA se-kecamatan Langke Rembong dan para guru serta para siswa SMAN 2 Langke Rembong.|| juli br

Sp forkompin setda Manggarai