Kantor Bahasa Provonsi NTT dan Ika Dubas NTT Gelar  Krida Duta Bahasa: Jaga Bahasa dan Niaga Bahasa

Bahasa Regional

NTT, TOPNewsNTT||Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar Krida Duta Bahasa: Jaga Bahasa dan Niaga Bahasa Tahun 2023 di Lippo Plaza, Kupang, mulai pukul 10.00—21.00 Wita. Kegiatan ini merupakan kerja nyata dari generasi muda di NTT yang terpilih sebagai Duta Bahasa NTT. Kegiatan Krida Duta Bahasa ini, baik Jaga Bahas maupun Niaga Bahasa, dilaksanakan secara bersamaan. Jaga Bahasa merupakan wahana bagi Duta Bahasa untuk berkampanye tentang pentingnya menjaga martabat bahasa Indonesia di ruang publik. Sedangkan, Niaga Bahasa bertujuan agar Duta Bahasa mendorong dan menggiatkan UMKM dengan tetap menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana niaga mereka, yakni tetap menggunakan bahasa Indonesia dalam produk mereka.

Kegiatan hari ini digelar dalam bentuk Kampanye Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik dan Pameran Niaga Bahasa. Kampanye Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik diikuti oleh 40 siswa dari SMK Negeri 1 Kota Kupang. Sedangkan, Pameran Niaga Bahasa diikuti oleh 20 UMKM yang berniaga dengan lebih mengutamakan bahasa Indonesia dalam produk mereka, seperti Kios Kaos, 405 Distro, I-AK Malole. 

Acara yang berlangsung meriah ini, diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri langsung dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ibu Elis Setiati, S.Pd., M.Hum.. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “Duta Bahasa merupakan barisan generasi muda yang cakap dan tangguh untuk mengawal dan memperkuat jati diri bangsa dengan modal kekuatan bahasa dan sastra Indonesia dan daerah”. 

Elis Setiati, S.Pd., M.Hum. juga menegaskan bahwa generasi muda harus lebih aktif dalam menggiatkan literasi, mengutamakan bahasa Indonesia dan melestarikan bahasa daerah, serta meningkatkan peran dan fungsi bahasa Indonesia dan daerah melalui pemanfaatan produk UMKM. Selain memartabatkan Bahasa Indonesia, ini juga bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat. 

Di akhir sambutannya Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur mengimbau “Duta Bahasa untuk tetap menjalin keakraban dan kerja sama antara Ika Dubas NTT karena ke depannya akan banyak lagi kegiatan prioritas yang akan melibat Duta Bahasa Provinsi NTT dan sebagai garda terdepan dan mitra kantor bahasa untuk tetap mengkampanyekan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.”

Ketua Panitia Krida Duta Bahasa Tahun 2023, Axl Lubalu, dalam laporannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan ucapakan selamat datang kepada para peserta kegiatan yang hadir. “Tahun ini, kami Duta Bahasa diberikan kepercayaan yang begitu besar oleh Badan Bahasa Kemendikbud lewat berbagai program krida yang berlangsung ini.” tegas Ketua Ika Dubas NTT ini.

Selain kampanye Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik, kegiatan ini juga diisi dengan lokakarya terkait Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan gelar wicara yang menghadirkan narasumber-narasumber dari kalangan profesi bergengsi di NTT, seperti Agustina Nenoliu (pengacara), Beverly Rambu (Jurnalis), Van Axxel (penulis lagu), Adoni Mooy (konten kreator). Hadir pula para anggota Ika Dubas NTT yang turut memeriahkan acara ini. || jbr