Juara 1 Lomba Kebersihan di Kota Kupang Bakal Dihadiahi Rp25 Juta, Ini Pemenangnya

Birokrasi Kebersihan dan Lingkungan Hidup Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT|| Dalam rangka memotivasi madyarakat kota Kupang ikut mengupayakan kebersihan kota Kupang lewat penanganan sampah dan demi mencapai kota Kupang yang bebas sampah, pemkot Kupang menggelar Lomba Kebersihan tingkat OPD, Kecamatan, Kelurahan,  PAUD, SD dan SMP se-kota Kupang pada Desember 2022 lalu.

Pj.Walikota George Hadjoh yang umumkan langsung hasil lomba kebersihan mengatakan juara 1 lomba kebersihan semua tingkat tahun 2022 bakal dihadiahi uang tunai Rp25 juta rupiah.

Hal ini nyatakan Pj Walikota Kupang George M.Hadjoh saat membacakan Pengumuman hasil Lomba Kebersihan antar OPD, kecamatan  Kelurahan dan lembaga pendidikan di Kota Kupang yang sudah dilakukan oleh tim Juri Independen yang terdiri atas TNI/AD Polri, Akademisi dan Jurnalis di Rujab Walikota Kupang (Senin, 9 Januari 2023).

Pada sambutannya awali pengumuman  penjabat walikota menyampaikan,

“Ada tim juri independen yang menilai yang terdiri dari TNI/AD dan POLRI, Perguruan Tinggi dan jurnalis media cetak, eletronik  dan online.” Ujar Penjabat Walikota.

Hari ini hanya pengumuman pemenang lomba saja, sedangkan penyerahan hadiah pada tanggal 17 Januari 2023  dlm upacara HUT Korpri Kota Kupang.

George mengatakan lewat hasil lomba semua  media bisa melihat bahwa lomba ini benar-benar serius,  tidak main-main penilainnya dan objektif karena jurinya benar-benar independen.

“Tim juri penilai lomba kebersihan untuk tingkat OPD mulai dari perangkat daerah kelurahan dan kecamatan,” tegas George,

“Ketuanya Bapak Danramil yakni Mayor Inf.Hendrik Dunan, Sekretaris adalah bapak Abdul Hamid M.Hum (dosen PT), Anggota adalah Bapak Romo Yohanes Aman,Svd,S.H,MH, ibu Ina Djara, S.Sos, M.M., bapak Cristo Embu, ibu Ir.Nuranini Nuryani, bapak Benediktus Ridin dan Andyos Manu (untuk perangkat kelurahan).”

Lomba yang diselenggarakan antar OPD, kecamatan, kelurahan untuk kategori OPD Paling Terbersih, Bersih, Terkotor.

Sedangkan antar lembaga pendidikan yakni untuk kategori Terbaik dan Terjelek yakni dari tingkar PAUD, SD dan SMP dengan hasilnya sbb:

Tingkat Kelurahan,

a. Kategori Kelurahan Terbersih yakni Kelurahan Batuplat.

b. Kategori Kelurahan Bersih yaikni kelurahan Oesapa Barat, Bakunase 2, Nefonaek dan Tode Kisar.

Tingkat Kecamatan :

a. Kategori Kecamatan Terbersih yakni Kecamatan Oebobokecamatan
Maulafa, dan  kecamatan Kota Raja.

Tingkat OPD :

OPD Terbersih adalah Dinas Sosial, Dinas Penananama Modal dan PTSP dan RSUD SK Lerik.

Antar Lembaga Pendidikan :

1. PAUD

A. Yang Terbaik :
KB Cemara Liliba, KB Horeb (Nefona Raya), KB Joel (Oesapa) , KB Apel Three Pree Shcool (TDM), KB Libs n Louns n Rigth Star (TDM)

3. SD

A. SD Terbersih :
SDN Oeba 3 Fatubesi, SDN NBS, SDN Bonipoi 1, SD Dian Harapan, SD kristen Hosana Bonipoi.

4. SMP :

Kategori :

A. SMP Terbaik dan Terbersih :
SMPK Santa Familia Sikumana, SMPN 13 Kupang, SMPN 6 Kupang, SMPK Geovani Kupang dan SMPK Lentera

Dalam akhir sambutannya, penjabat walikota mengingatkan agar yang sudah peroleh predikat baik agar dapat ditingkatkan dan yang belum baik (terkotor dan terjelek) akan diberikan sanksi karena tidak sungguh melaksanakan.

“Yang juara 1 akan dikasi 25 juta. Tiap kategori yang juara 1 dapat hadiah 25 juta dan akan diserahkan pada HUT Korpri pada 17 Januari 2023 dan sekaligus pencanangan kebersihan tahun  2023.” Ujar Geroge.|| juli br