Jadi Pembina Apel Kesadaran, Bupati Dapawole lakukan penyematan Pin Role Model Budaya Kerja

Birokrasi Daerah

WAIKABUBAK, TOP News NTT■■ Bupati Dapawole menjadi Pembina Apel Kesadaran sekaligus sematkan Pin Role Mode Budaya Kerja kepada Para ASN peserta apel kesadaran lingkup Setda Kabupaten Budaya Sumba Barat (Kamis, 17/09).
“Apel Kesadaran pagi ini disertai Deklarasi Nilai-Nilai Budaya Kerja dan Penyematan Pin Role Model, saya minta kepada Bapak/Ibu Pimpinan Perangkat Daerah/unit kerja terutama yang sudah melaksanakan Deklarasi agar dapat membagi tugas/pekerjaan kepada semua pegawai di instansi yang saudara pimpin sesuai tugas dan fungsi mereka, agar mereka bisa bekerjasama dan sama-sama kerja.” Ujar Dapawole memperingatkan awali sambutan.

Bupati Dapawole saat sematkan Pin Role Model Budaya Kerja secara simbolis kepada perwakilan ASN dalam Apel Kesadaran (Kamis,27/09)

Kembali Bupati Dapawole menegaskan bahwa dengan berbagai dinamika yang terjadi saat ini, secara konseptual, semua pihak harus jujur bahwa kinerja pegawai masih belum menunjukkan hasil yang optimal.
“Masih ada perilaku negatif seperti sering terlambat masuk kantor, tidak memanfaatkab waktu luang secara baik, tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan atasan tepat waktu, sering bersikap apatis, sering berkeliaran pada saat jam kantor, serta sering menggunakan hal-hal bersifat kontraproduktif seperti menghadiri kegiatan/acara pribadi pada saat jam kantor. Hal-hal tersebut haruslah diubah. Mulailah dengan belajar mengerjakan sesuatu yang benar, karena bisa datang dari sebuah kebiasaan. Jangan jadikan Deklarasi Nilai-Nilai Budaya Kerja ini hanya sebagai Formalitas semata tanpa bukti yang nyata.” Tegas Bupati lagi.

Selanjutnya Bupati Dapawole mengingatkan bahwa dalam moment Pilkada 2020 dimana saat ini sedang memasuki tahapan-tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat 2020-2025, Dapawole mengajak seluruh ASN untuk menjaga netralitas.
“Mari kita semai bibit-bibit kebajikan sehingga peradaban demokrasi yang ingin kita kembangkan dapat bertumbuh dengan baik bagi kemajuan dan kesejahteraan seluruh rakyat Sumba Barat.” Ajaknya lugas.

“Pilihan boleh beda, tapi tidak boleh menyingkirkannrasionalitas, etika dan moral yang sesungguhnya kita junjung tinggo selama ini dalam sebuah pilihan demokrasi. Untuk itu mari kita bersama  hindari sikap adu domba, mencari kambing hitam, melempar tanggungjawab dan tindakan lainnya yang dapat menggiring massa pemilih pada sikap antipati, kebencian publik, dan kemarahan ditengah-tengah masyarakat.” Tegasnya mengingatkan.

Kembali Bupati Dapawole mengingatkan bahwa mulai 26 September-5 Desember 2020, Bupati dan Wakil Bupati akan menjalankan cuti dalam rangka kampanye Pilkada. Dan selama kurun waktu tersebut  tugas san fungsi Bupati akan dijalankan oleh Penjabat Bupati.

Sehubungan dengan itu, Bupati Dapawole berpesan agat semua pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja dan seluruh ASN tetap bersikap loyal kepada Penjabat Bupati.
“Tetap tingkatkan kinerja kegiatan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.” Pesannya.

“Perlu saya tegaskan sekali lagi bahwa kinerja ASN Sumba Barat tidak akan berubah kearah yang lebih baik, jika masing-maaing individu tidak mau merubah dirinya sendiri. Persoalannya maaih berkisar pada pila pikir dan pola kerja semaunya saja, sehingga terjadi inkonsistensi pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.” Ujar Bupati menegaskan.

Nilai-nilai Budaya Kerja kali ini dideklarasikan oleh ASN pada Bagian Administrasi Pembangunan, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Bagian Ekonomi dan Bagian ESDM dan Kehutanan pada Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, dan dilanjutkan dengan penyematan PIN Role Model oleh Bupati Dapawole.

Hadir pada Apel Kesadaran tersebut Wakil Bupati Sumba Barat, para Asisten dan Staf Ahli  Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja, Pejabat Esalon 3 dan 4, ASN dan Tenaga Kontrak Daerah Lingkup Pemerintajan Kabupaten Sumba Barat.■■ juli br</b

Sumber : SP Humas & Protokol Setda Sumba Barat.