Ikhsan Darwis Lolos, Yusak Benu Tidak Lolos, SC : Syarat Administrasi Belum Lengkap

Organisasi Regional

NTT, TOPNewsNTT|| Demikian terungkap  dalam pengumuman hasil verifikasi Balon Caketum BPD HIPMI NTT periode 2022-2024 yang dibacakan oleh Dasil Sahari, Sekretaris Stering Committe dalam jumpa pers di Sekretariat BPD HIPMI NTT (Rabu, 5/01/2022).

Dasil Sahari sek.SC Care Taker BPD HIPMI NTT saat membacakan keputusan SC didampingi ketua SC (Syaefudin AM san Bendahara Wiliam.Liyanto, Anggota Raden Santi, Megawati dan Restu Heru Dupe.

“Untuk menjalankan Roda Organisasi dan sesuai hasil keputusan rapat Pleno Stering Committe BPD Care Taker HIPMI NTT tanggal 4 Januari 2022 di Kupang tentang hasil verifikasi Bakal Calon Ketua Umum atas nama Yusak Viktor Benu dan Muhammad Ikhsan Darwis, maka keputusannya diambil  berdasarkan persyaratan umum dan khusus, maka berkas Balon Caketum Yusak Viktor Benu dinyatakan tidak lengkap dan tidak penuhi syarat sebagaimana disyaratkan dan diputuskan oleh SC Care Taker BPD HIPMI NTT nomor 01sc/musdalub 13/bpdhipmintt/13/2021, tapi  menyatakan persyaratan umum dan khusus balon caketum Muhammad Ikhsan Darwis dinyatakan lengkap dan  memenuhi syarat sesuai keputusan no.01/sc.musdalub.13/bpd.ntt/12/2021.” Tandas Dasil.

Dilanjutkan Dasil bahwa  SC Care Taker BPD HIPMI NTT memutuskan sesuai SK nomor  02/SC.musdalub.13/bpd.ntt/1/2022 tentang hasil verifikasi bakal calon ketum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia provinsi NTT masa bhakti 2022-2025.

“BPD HIPMI NTT memiliki tugas untuk mengibarkan panji-panji HIPMI ke seluruh NTT, sukseskan  Musdalub 13 BPD HIPMI NTT yang akan dilaksanakan pada 25 Januari 2022 di kota Kupang, proses kaderisasi BPD HIPMI NTT yakni akan memilih Ketua Umum BPD HIPMI NTT masa bhakti 2022-2025 di Musdalub 13 BPD HIPMI NTT.” Ujar Dasil lagi

“Dengannya maka sudah disahkan dan diputuskan bahwa  balon Muhammad Ikhsan Darwis menjadi calon ketua umum periode 2022-2025 dan berhak ikut dalam tahapan proses selanjutnya sesuai ketetapan SC BPD Care Taker BPD HIPMI NTT.” Tegas Dasil mengumumkan.

Keputusan berlaku sejak Rabu, 5 Januari 2022, namun dengan ketentuan tambahan :  sk akan dilakukan peninjuan kembali oleh SC BPD HIPMI NTT jika dipandang perlu dikemudian hari.

Hadir  Ketua SC Care Taker BPD HIPMI Syaefudin AM, didampingi sekretaris Dasil Saharai, Bendahara SC Wiliam Liyanto, didampingi juga 3 anggota SC yakni Raden Santi, Megawati dan Restu Heru Dupe. Hadir pula ketua timses MID Rudi Rikoni, Jubir Timses MID Tony A.Dima, dkk, serta salah satu mantan ketua BPD HIMPI NTT

Ketua SC Care Take BPD HIPMI NTT Syaefudin mengatakan bahwa selanjutnya ada tahapan kampanye akan dilaksanakan calon ketum yang lolos yakni pemaparan visi misi dihadapan Stering Committe dan 3 mantan ketum BPD HIPMI NTT. Sedang waktu dan tempat akan ditentukan kemudian.

Musdalub 13 akan diselenggarakan pada 25 Januari 2022,

“mungkin akan mundur 1 atau 2 hari karena akan disesuaikan dengan jadwal ketum BPP HIPMI dan stakeholder terkait.”jelas Syaefudin.

“Calon ketum yang lolos vrifikasi,  harus ikut tahapan pemaparan visi misi kepada SC dan 3 eks Ketum BPD HIPMI NTT dihadapan ketum BPC HIPMI kabupaten kota dari seluruh NTT.” Ujar Syaefuddin lagi.

Terkait berita 11 BPC bersurat ke gubernur NTT dan BPP, menurut Syaefuddin keputusan ini sudah melalui semua pertimbangan matang dan komunikasi.

“Untuk keputusan ini kami tunduk dan patuh kepada founding father yang telah meletakkan AD/ART dan petunjuk organisasi yang jadi pedoman kami untuk menjalankan program organisasi HIPMI. Yang kedua atas pertimbangan pimpinan-pimpinan kami, karena kami diamanatkan dan dimandatkan menjadi care taker BPD HIPMI NTT, tentu setiap langkah dan tindakan kami selalu melapor dan meminta pentunjuk. Kemudian terhadap ketum-ketum BPC kami judah komunikasikan sebelum mengambil keputusan tepatnya pada 8 wita malam kemarin kami lakukan rapat forum ketum BPC HIPMI se NTT untuk membahsa ini dan mohon doa restu untuk mwngambil keputusan ini. Artinya ketum-ketum BPC sudah tahu dan setuju. Selain itu SC sudah lakukan komunikasi formal dan informal dengan pendekatan dan pembicaraan dari hati ke hati dengan 2 balon caketum saudara Yusak Benu dan Muhammad Ikhsan Darwis. Karena sebagai pengusaha kami sudah dididik dan dilatih untuk tetap mengedepankan persahabatan dan persaudaraan. Tentu proses komunikasi antara kami dengan dua bakon ketum atau masing-masing balon ketum sudah berjalan dengan baik sampai sebelum kami umumkan hari ini,  namun mungkin belum ada titik temu yang baik, tapi kami pastikan punya landasan kuat, maka kami tetapkan keputusan ini sesuai pedoman yang benar  sesuai dengan aturan organisasi.” Tandas Syaefudin.

Terkait seperti apa HIPMI NTT akan berjalan ke depannya nanti, Syaefudin pastikan  akan menjadi beban ketum terpilih di Musdalub 13 nanti.

“Di Musdalub 13 nanti akan ditetapkan juga program-program kerja BPD HIPMI NTT yang nanti akan menjadi amanat ketum terpilih yang akan dimonitor oleh secara BPC yang memilih ketum tersebut.” Tandas Syaefudin.

Demgan keputusan penentapan caketum saat ini, ujar Syaefudin memang tunggal,  jika calon tunggal misal tidak loloa dalam pemaparan visi misi didepan panelis, dan tidak lolos dan gugur, maka ia mengatakan ide dan gagasan ketum dalam visi misi jika tidak sempurna maka akan dikoreksi dalam musdalub 13 nanti.

“Gugur atau tidak akan didasarkan sesuai patokan ad/art namun terkait penajaman visi misi dan  kapasitas organisasi HIPMI di NTT akan dibahas dalam musdalub 13.” Jelasnya.

Bagi balon Yusak Benu, Syaefudin pastikan akan tetap menjabat ketum BPC HIPMI Kota Kupang karena ia tidak pernah undurkan diri sehingga secara otomatis tetap menjabat.

“Sedangkan untuk peluang sebagai balon ketum bisa mencoba di periode 4 tahun berikut. Bagaimanapun Yusak adalah kader HIPMI yang punya niatan yang  tulus dan baik untuk membesarkan HIPMI NTT. Kami apresiasi setinggi-tingginya, mungkin bisa diperiode berikut kembali ikut. Karena membesarkan HIPMI NTT tidak harus menjadi ketua, tapi bisa salurkan ide gagasan di BPC kota Kupang. Sebagai info krusial, sebagai pendaftaran balon, kami menerima biaya pendaftaran dari saudara Yusak Benu. Namun karena tidak lolos dalam tahap selanjutnya dikembalikan.” Tandas Syaefuddin menutup penjelasannya.

Sementara dalam jumpa pers Tony Dima sebagai Jubir Timses mengatakan MID dengan Program MID (Move, Inovate dan Dedicate) yakni bukan hanya memperbesar HIPMI tapi juga ingin mewujudkan visi misi HIPMI menjadi nyata bangun ekonomi di NTT.  Swbagai senior HIPMI 10 tahun, HIPMI sudah lahir dalam hati dan akan berkontribusi bangun ekonomi NTT.

“Kami dari Tim Caketum MID beri apresiasi Saudara Yusak Benu yang sudah berkontribusi dalam kontestasi  pencalonan balon caketum ketua BPD HIPMI NTT. Namun kami juga berusaha lakukan yang terbaik dan hormati ad art dalam HIPMI. Kami juga  homati keputusan SC dan OC yang sudah putuskan karena sangat patuh terhadap AD ART.” Ujar Tony.

Caketum BPD HIPMI NTT 2022-2025 M.Ikhsan Darwis didampingi Ketua Timses Rudi Rikoni dan jubir Tony.A.Dima dan tim saat konfrensi pers usai pengumuman

Caketum BPD HIPMI NTT Muhammad  Ikhsan Darwis dalam konferensi pers mengatakan setelah ditetapkan sebagai caketum, ia berharap dapat mengikuti proses selanjutnya sampai pada ditetapkan dalam Musdalub pada 25 Januari 2022.

“Saya berharap  bersama teman-teman, ke depan kita sama-sama majukan HIPMI NTT untuk buktikan bahwa HIPMI ada untuk masyarakat NTT. Kita akan ciptakan pengusaha-pengusaha muda yang tangguh yang bisa membangun daerah ini yang kita cintai. Saya ajak semua senior dan teman di BPC bergandeng tangan sama bahu membahu untuk besarkan HIPMI NTT dan daerah masing-masing. Masih ada tahapan selanjutnya saya masih harapkan dukungan semua untuk sama-aama bangun HIPMI dan NTT.” Ungkap Darwis kalem.

“Saya juga apresiasi dan terima kasih atas kontribusi saudara dan abang saya Yusak Benu dan berharap kedepannya bisa sama-sama dengan saya bersama pengurus lain bahu membahu membesarkan organisasi dan wujudkan visi misi organisasi demi mensejahterakan NTT.” Ujar Ikhsan.|| juli br