Hadiri Ibadah Emeritasi dan Perhadapan Pendeta, Penjabat Wali Kota Sampaikan Sejumlah Pesan

Birokrasi Religi Warta Kota

KOTA KUPANG  TOPNewsNTT||Penjabat Wali Kota Kupang, George Melkianus Hadjoh, S.H., pada Minggu (28/8) menghadiri acara Kebaktian Emeritasi, Pdt. Jacob Saku, S.Th., dan Perhadapan, Pdt. Selfiana Aome Bule Logo, S.Th., di Jemaat GMIT Pniel Sikumana wilayah Klasis Kota Kupang Barat.

Kebaktian tersebut berlangsung dalam ibadah pagi yang dipimpin oleh Wakil Ketua Sinode GMIT, Pdt. Gayus D. Polin, S.Th., dan Dekan Fakultas Theologia UKAW Kupang, Pdt. Dr. Welfrid F. Ruku, M.Th., M.A., disaksikan oleh anggota Jemaat GMIT Pniel Sikumana serta jemaat tamu dari GMIT Pondok Pengharapan Netenaneno Klasis Kupang Barat yang merupakan gereja asal Pendeta yang diperhadapkan. Turut hadir Ketua Majelis Klasis Kota Kupang Barat, Pdt. Lelin Fointuna Ndun, S.Th., Ketua Majelis Jemaat Pniel Sikumana, Pdt. Aprileny D. M. Tameno Ratu, S.Th., Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Pah Bessie S. Messakh, S.STP., M.Si., Kepala Bagian Prokompim Setda Kota Kupang, Daud N. Nafi, S.STP., serta Lurah Sikumana, Getruida Isabela.

Mengawali sambutannya, Penjabat Wali Kota menyampaikan salam kebangsaan yang menurutnya penyampaian salam ini sangat penting karena Pancasila lahir dari bumi NTT. Oleh karena itu semua masyarakat NTT harus bangga Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa yang lahir dari NTT.

Dikatakannya kebaktian saat ini adalah saat bersejarah dalam hidupnya karena setelah dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Kupang pada tanggal 22 Agustus 2022, Gereja Pniel Sikumana menjadi rumah ibadah yang dikunjungi sekaligus mengikuti kebaktian bersama dalam rangka emeritasi dan perhadapan pendeta.

Ungkapan terima kasih diberikan kepada bapak Pdt. Jacob Saku yang telah mengabdikan diri di ladang Tuhan selama kurang lebih 30 tahun. “Bapak mungkin secara administrasi sudah purna layan di Sinode GMIT, namun sebenarnya bapak telah masuk ke dalam dunia luas yang tidak bisa diukur melayani Tuhan tanpa sekat ruang dan waktu,” jelas Penjabat Wali Kota.

Ucapan selamat datang juga disampaikan kepada Pdt. Selfiana Aome Bule Logo, yang juga menjadi Wakil Ketua Majelis Jemaat Pniel Sikumana. Harapannya nanti bersama Pendeta dan Jemaat di Sikumana terus mendoakan dan menggumuli Kota Kupang agar Tuhan melimpahkan berkat-Nya demi kesejahteraan masyarakat di Kota Kupang.

Penjabat Wali Kota memberikan beberapa catatan yang diperoleh saat khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Dr. Welfrid F. Ruku, M.Th., M.A., antara lain;
1. Ketaatan orang beriman kepada Allah yang akan membuat seseorang akan berhasil dalam setiap usahanya,
2. Agar setiap usaha dapat diperhatikan maka harus benar-benar bergaul erat dengan Allah,
3. Harus memiliki disiplin dan kerja keras,
4. Tuhan telah memberikan tangan bagi setiap orang untuk mampu memperoleh berkat dari setiap usaha yang ia kerjakan, oleh karena itu pergunakanlah pemberian Tuhan dengan baik dan bijaksana,
5. Kunci agar menjadi pemimpin yang baik adalah memiliki kerendahan hati.

“Ketika saya diberitahu akan menjadi Penjabat Wali Kota Kupang, saya berdoa agar Tuhan melengkapi saya dengan karakter Kristus, supaya di mana saya memimpin nanti, Kristus dinyatakan yaitu melayani dengan kasih,” jelasnya.

Penjabat Wali Kota berpesan kepada Sinode GMIT agar semua Pendeta yang Emeritus untuk membuat sebuah _Christian Center_ di 3 (tiga) pulau besar di NTT yaitu pulau Timor, pulau Sumba dan pulau Flores. Tujuannya adalah memberikan wadah kepada pendeta yang telah memiliki pengalaman pelayanan lebih dari 30 tahun untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan yang luar biasa kepada anak-anak muda gereja.

Diakhir sambutannya Penjabat Wali Kota memiliki sebuah harapan besar menjadikan Kota Kupang sebagai kota terbersih di Indonesia dalam kurun waktu 1 (satu) tahun. Ia berharap GMIT bersama Pendeta dan Jemaatnya dapat mendukung usaha Pemerintah Kota Kupang ini dengan memberikan edukasi, mengimbau dan bekerja bersama masyarakat membersihkan lingkungannya masing-masing dimulai dari kebersihan kamar mandi, penempatan tempat sampah hingga lokasi pembuangan sampah sementara (TPS) sebelum diangkut oleh truk sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang. || juli br

sp prokopim setda kota kpg.*PKP_chr