Gubernur NTT VBL Positif Covid-19 dan di Rawat di RSAD Jakarta, Pemerintahan NTT Dijalankan Sekda.NTT

Birokrasi Kesehatan Regional

NTT, Top News NTT|| “Untuk masyarakat NTT saya infokan terkait hasil PCR Gubernur NTT Viktor Laiskodat, yang rencananya hari ini akan kembali ke Kupang, namun ternyata harus tes PCR. Kemarin sore Gubernur lakukan PCR dan hasilnya langsung keluar positif.” Jelas Sekda Beny Polo Maing awali pres Confres bersama awak media di lantai 2 teras Sasando kantor Gubernur NTT Rabu, 13/01.

Menurut penjelasan Sekda, gubernur NTT sempat ke Jakarta pada 8/01 dan saat lakukan tes swab dan rapid antigen hasilnya negatif, begitupun dengan tes PCR hasilnya negatif.
“Sehingga gubernur  ke Jakarta,. Dan saat ini gubernur sedang dirawat di RS AD Jakarta. Secara fisik gubernur dalam kondisi sehat, tapi beliau memilih isolasi du RS AD Jakarta untuk minimalisir transmisi lokal dengan lingkungan sekitra dirinya.” Jelas Beny

“Terkait isteri dab anak juga sudah dilakukan PCR dan hasilnya negatif.” Tandasnya lagi.
“Saat ini karena kedua kepala daerah NTT,  gubernur dan wakil gubernur positif Covid-19, maka dalam rangka pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan publik di NTT tetap akan berjalan sebagaimana mestinya. Segala hal prinsip dan mendesak akan terus dilaporkan dan dikoordinasikan dengan kedua pimpinan.” Jelasnya.

Hal lain yang dijelaskan oleh sekda yang didampingi kadis Kesehatan Prov.NTT dr.Messerasi Ataupah yang juga adalah ketua satgas gugus tugas percepatan penanganan Covid-19,
“Hari ini sesuai jadwal vaksinasi nasional akan dilaksanakan perdana terhadap presiden dan di daerah akan dilanjutkan sesuai jadwal.” Jelasnya singkat.

Sementara dr.Messe Ataupah menjelaskan : “Besok, Kamis, 14/01 akan dilakukan vaksinasi sosial.savety dll yang dipilih dan dikoordinasikan ke pusat, ke Kemenkes 10 orang. Besok akan dicek kesehatan ke-10 orang tersebut untuk selanjutnya akan divaksin.” Jelas dr.Messe.

“Untuk   kabupaten Kupang sudah di distribusikan  dan hari ini akan di distribusikan ke kota Kupang. Kami masih menunggu akan ada kiriman lagi untuk di distribusi ke 20 kabupaten lain, sambil menunggu persiapan ruangan rantai dingin sarana kesehatan di daerah dipersiapkan dengan baik. Karena bila kondisi penyimpanan tidak cukup dingin, karena vaksin akan rusak dan tidak bisa dipergunakan, bila ruangan penyimpanan kurang dari 2 derajat. Karena itu kami minta agar pemerintah kabupaten kota persiapkan cold room untuk penyimpanan.” Jelasnya.

“Ada laporan sarana kesehatan di kabupaten kota di NTT belum siap hingga saat ini. Siapkan dulu sarana lantai dingin. Karena di NTT makin tinggi angka positif 2.807. Selasa, 12/01 kemarin positif Covid-19 tambah 181, kota Kupang 155 orang. Untuk satgas kabupaten/kota akan dibackup untuk lakukan protokol kesehatan dan penegakan disiplin.” Tandas dr.Messe.

Diakhir press confress, Sekda NTT Beny Polo Maing mengingatkan masyarakat NTT
“Terkait vaksin untuk masyarajat NTT bahwa vaksin hanyalah untuk membantu perkuat imun tubuh saja, tidak berarti pelaksanaan prokes bisa kendur tapi harus tetap dilaksanakan. Oleh karena itu saya imbau agar seluruh pihak masyarakat masibg-masing tetap tegakkan disiplin. Pemerintah akan terus usahakan pantau pelaksanaan prokes dan penegakan disiplin prokes.” Tandas Sekda Beny Polo Maing akhiri press confress.|| juli br