DPD NTT Partai Demokrat Resmi Dukung Alfret Baitanu,S.H Maju Pileg 2024

Politik Warta Kota

PENKASE-KUPANG, TOPNewsNTT|| Keluarga Besar Baitanu-Feto Mone Alak menggelar Temu Kader Partai Demokrat sekaligus sebagai syukuran atas dukungan DPD  Partai Demokrat NTT terhadap Alfret Baitanu, S.H maju ke Pileg 2024.  Hadir Ketua DPD NTT Partai Demokrat Leonardus Lelo dan pengurus lainnya, wakil Ketua Dewan Pertimbangan DPP  Partai Demokrat John Kaunang, dan pengurus DPC, PAC sekota Kupang dan kecamatan Alak, hadir juga wakil ketua dewan kehormatan Thomas Ola Langoday (mantan bupati Lembata). (Sabtu, 3 Juni 2023).

Bertempat di rumah tua keluarga besar Baitanu di Penkase, Kelurahan Alak, temu kader digelar dengan menghadirkan seluruh keluarga besar Baitanu-Feto Mone sebagai ucapan terima kasih  atas dukungan Partai Demokrat bagi Bacaleg Alfret Octovian Baitanu,.S.H yang akan mengikuti Pileg pada 2024 mewakili Dapil 1 Kota Kupang di Pileg DPRD Provinsi NTT.

Mewakili keluarga besar Baitanu-Feto Mone Antonius Lay menyatakan terima kasih dan apresiasi bagi kehadiran dan perhatian ketua DPD Partai Demokrat provinsi Nusa Tenggara Timur Leonardus Lelo yang rela hadir dalam pertemuan ini.

“Selamat datang pak Leo Lelo, ketua DPD NTT Partai Demokrat bersama rombongan di rumah kami rumah keluarga besar Baitanu-Feto Mone di kelurahan kecamatan Alak, untuk kita boleh bertemu bersama-sama dalam acara yang sangat bermartabat ini.  Ini adalah ungkapan hati keluarga besar Baitanu-Feto Mone di rumah anak kami Alfred Octovian Baitanu,S H. Kami hanya dengar cerita bahwa anak kami  sudah jatuh cinta dan sudah lakukan pendekatan dengan sekretariat atau kantor Partai Demokrat. Dan puji Tuhan setelah dia ke sekretariat atau kantor Demokrat dia diterima atau didukung menjadi salah satu bakal calon anggota legislatif  DPRD provinsi Nusa Tenggara Timur melalui pintu Partai Demokrat. Dari tempat ini kami berterima kasih kepada ketua DPD dan seluruh badan pengurus Partai Demokrat yang sangat membantu mendukung dan menyelesaikan proses administrasinya sampai anak kami ditetapkan sebagai bakal  calon anggota DPRD provinsi NTT tahun 2024.” Ujar Antonius.

Ia juga berpesan kepada Alfret, agar setelah  sudah diterima menjadi salah satu bakal calon anggota DPR provinsi Nusa Tenggara Timur, seluruh orang tua ingatkan kepadanya sebagai anak agar dapat menaati seluruh aturan, ad/art partai. Dan bersama seluruh pengurus partai bekerja sama membangun bangsa lewat partai.

Sementara Alfret Baitanu, sebagai Bacaleg Anggota DPRD Provinsi NTT, dalam ungkapan hatinya secara singkat mengungkapkan bahwa  apa alasan dirinya dan keluarga besar memilih  Partai Demokrat karena sejak awal ia sudah mendengar tentang Partai ini dan kiprahnya terhadap pembangunan bangsa sehingga ia sudah bersimpati terhadap partai ini.

“Karenanya saya ajak kita semua bergandeng tangan mendukung partai Demokrat dalam sukseskan pemilu dan bekarya ditengah-tengah masyarakat.” Ajaknya.

Sementara Leonardus Lelo, ketua DPD NTT Partai Demokrat mengatakan, “Bahwa Alfret Baitanu masih sebagai Bacaleg belum ditetapkan menjadi Caleg masih dalam proses menuju Caleg. Tapi pasti akan menjadi caleg, mari kita berusaha bersama untuk itu.” Ungkapnya.

“Beliau (Alfret-red) sudah  bertemu dengan saya dan menyampaikan ingin bergabung menjadi kader parkir Demokrat dan nanti akan diakomodasi menuju itu, tapi tentu ada prosesnya nanti kita akan bahas kebetulan ada bapak Wakil Ketua Dewan Pertimbangan di sini, tapi saya mohon dukungan doa agar harapan Bapak Ibu sekalian mungkin bisa  kami lakukan dengan mengikuti proses dan mekanisme yang ada di partai.” Janji Leo.

Namun Leo menegaskan bahwa selalu kepada keluarga Baitanu-Feto Mone yang hadir bahwa  jik ingin mendukung Partai Demokrat harus benar serius, dengan  hati yang tulus dan ikhlas  untuk kemajuan daerah nusa dan bangsa.

“Kehadiran partai itu ada tujuan yang mulia yaitu untuk negara untuk bangsa. Kehadiran  partai politik ada 7 tujuan,  yang perlu bapa mama ketahui yakni ada empat tujuan utama dan  tiga tujuan khusus. Yang hadir malam ini sudah  bergabung dan punya KTA tidak? Kalau belum jangan hanya mendukung adik Alfret saja,  tapi harus mendukung secara menyeluruh. Saya jelaskan 7 tujuan partai politik yang pertama yaitu mewujudkan tujuan nasional yang tertuang di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-4 segenap bangsa Indonesia memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia,  tujuan yang kedua yaitu ikut menjaga dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang ketiga mengembangkan kesadaran demokrasi berdasarkan Pancasila atau dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam negara kesatuan Republik Indonesia, keempat mewujudkan keadilan dan kesejahteran bagi seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan 4 tujuan khusus itu yang pertama memberikan pendidikan politik bagj anggota dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kegiatan politik dan pemerintahan,  yang kedua memperjuangkan cita-cita partai politik dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,  yang ketiga itu adalah memperjuangkan cita-cita partai politik dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dasar anggaran rumah tangga partai yang keempat tujuan khusus yang ketiga membangun etika dan budaya politik dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk kepentingan bangsa negara.” Lantang Leo menjelaskan.

Oleh karena itu, sambungnya, “Partai Demokrat menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat di abad ke-21 Sebutkan negara Indonesia disebut negara maju di tahun 2045 dan itu ada dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Partai Demokrat yang disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia tanggal 18 Mei tahun 2020 yang lalu.  Yang ketiga Indonesia sebagai negara dan kekuatan baru di tahun 2030 itu tertuang di dalam petisi  Partai Demokrat tahun 2020 kapasitas internal partai memiliki kapasitas dan ideologinya adalah nasionalis religius.  Jadi bukan nasionalis saja, tapi  beriman kepada Tuhan dan mampu mengemban tugasnya tidak mementingkan kepentingan pribadi, kelompok dan golongan tertentu.  Partai Demokrat tetap konsisten pada idealisme dan pada demokrasi dan  kesejahteraan.  Jika kita ingin menjadikan negara ini negara yang kuat, maka harus memperjuangkan cita-cita dan perjuangan atau idealisme yang tertuang di anggaran dasar dan rumah tangga partai. Harus dipelajari komitmen kuat untuk meraih sukses.” Ajaknya

Pada kondisi saat ini, diingatkannya,  “Partai Demokrat harus mempunyai gerakan hati nurani untuk memperjuangkan perubahan yaitu mau perjuangan perubahan dan perbaikan. Ada lima fungsi partai politik salah satunya adalah memberikan pendidikan dan masyarakat warga negara agar warga negara tahu kewajiban mana, hak mana berbangsa baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Jika sudah bergabung di Partai Demokrat kita punya tugas besar yanki memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.” Tegasnya.

Leo juga mengingatkan bahwa Partai Demokrat adalah Rumah Bersama. Salah satu fungsi partai politik yang dalam perhelatan politik maka calon anggota DPRD provinsi dan kabupaten kota bakal calon presiden dan wakil presiden bakal calon kepala daerah itu tugas partai fungsi partai fungsi partai salah satu dari lima fungsi selain pendidikan, yakni rekrutmen anggota dan kader politik.

“Sehingga harapan kepada Keluarga besar saya di Penkase dan juga dalam rumpun keluarga Baitanu-Feto Mone di sini saya berharap semoga dalam proses dan mekanisme nanti yang akan  kami jalankan dan saya jangan menjanjikan karena ini masih panjang prosesnya, penetapan DPS saja itu sampai dengan bulan Agustus, dan penetapan DPT nanti di tanggal 3 atau 4 November 2023.  Jadi proses masih panjang dan kita harus mengikuti seluruh proses yang ada di Partai Demokrat.  Partai juga akan  menggelar berbagai kegiatan nantinya. Misalnya Sabtu Belajar semua kader dan bacaleg partai Demokrat harus punya pengetahuan selain punya hati, tentang 10 program Umum Partai Demokrat.  Komitmen ketua umum Partai Demokrat Agus Harimukti Yudhoyono  salah satunya yakni mencetak kader unggulan dan militan, makanya kader partai kau harus punya komitmen, sehingga benar-benar menjadi jembatan aspirasi masyarakat. Salah satu fungsi partai politik adalah sebagai penyerap, penghimpun dan memperjuangkan aspirasi rakyat. Partai politik dalam rumusan kebijakan negara harus menjadi penghimpun dan pengasah aspirasi yang akan menjadi dasar dalam  menetapkan kebijakan negara. Partai Demokrat harus juga mempunyai pengetahuan, kecerdasan juga kesadaran. Harus juga  memiliki intelektualitas dan kecerdasan.  Kader partai harus pintar dan sadar. Mari bergandengan tangan berikan pikiran kritis dan cerdas. Agar aspirasi berkesinambungan, maka mari masuklah dan bergabunglah di Partai Demokrat.” Ajaknya diakhir sambutan.

Acara temu kader diakhiri dengan pencanangan baliho Alfret Baitanu oleh Ketua DPD NTT dan Ketua DPC Kecamatan Alak Partai Demokrat, Leo Lelo dan Moldy Dengah dan ramah tamah.|| jbr