Bupati Korinus Masneno dan KODIM 1604 Kupang Tandatangi MoU TMMD ke-111 2021 di Sahraen

Birokrasi Daerah Pembangunan Desa TNI/POLRI

OELAMASI, TOPNewsNTT||Bupati Kupang Korinus Masneno tandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021 di ruang Rapat Bupati di Oelamasi (Selasa, 8/6).

Hadir Dandim 1604 Kupang, Kol.Arh.Abraham Kalelo dan jajarannya, Sekda Obed Laha, para asisten dan staf ahli lingkup setda Kabupaten Kupang, Kepala BP4K Rima K.S.Salean, kadis PUPR Maclon J.Nomseo, Kadis PMS Charles Panie, Kepala RSKK Kabupaten Kupang Bemediktus Selan dan Camat Amarasi Selatan Tonce Tauf.

TMMD Ke-111 2021 akan dilaksanakan di desa Sanraen Amarasi Selatan, yang akan diisi antara lain dengan kegiatan pembangunan fisik seperti pembangunan tiga ruang kelas baru san satu ruang guru, rahab gereja dan kapela, serta rehab pastori di kecamatan Amarasi Selatan.

Pembangunan non fisik seperti penyuluhan dan penanggulangan bencana kepada masyarakat.

Kegiatan dengan anggaran sebesar Rp977.500.000 dipertanggungjawabkan dengan menggunakan SPID.

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya menyatakan bahwa kerjasama Pemda dan TNI dalam membangun masyarakat sudah berlangsung sejak lama dan berkesinambungan.

“Ini merupakan tahun kedua kegiatan TMMD dikecamatan pesisir yang berbatasan dengan Australia. Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan TNI yang sudah berpartisipasi efektif. Karena program yang kita jalankan tahun lalu berjalan dengan efisiensi  yang baik dan waktu kerja yang cepat.” Ujar Bupati Masneno.

Bupati juga mengingatkan bahwa TMMD yang berlangsung selama sebulan ini berkat kerja sama Pemda, TNI dan masyarakat setempat,

“Saya percaya dengan adanya penandatanganan kerjasama beserta uraiannya, kegiatan TMMD ini akan selesai tepat waktu. Baik kegiatan fisik maupun administrasinya juga harus selesai tepat waktu agar bisa dipertanggungjawabkan. Prosesnya harus hati-hati karena menggunakan SIPD. Oleh karena itu tim keuangan harus berperan aktif agar bisa mendukung lancarnya kegiatan ini.” Kata Bupati Masneno.

Bupati juga berharap agar kelebihan nilai-nilai yang tumbuh dari masyarakat dapat menjadi daya dukung yang kuat untuk pekerjaan fisik maupun non fisik,

“Semoga TMMD bisa dilaksanakan dua kali setahun. Selain TMMD perbatasan, bisa juga TMMD reguler di desa maupun kecamatan pesisir.” Ujar Bupati Masneno.

Sementara itu, Dandim 1604 Kupang Abraham Kalelo dalam sambutan singkatnya menyatakan bahwa program TMMD ini akan sangat bermanfaat jika bekerjasama dengan pemda.

“Saya minta dan berharap agar bapak bupati dan jajarannya dapat memanfaatkan program ini karena program ini tidak kena recofusing.” Ungkap Abraham Kalelo.

Dandim Abraham Kalelo juga sampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemda kabupaten Kupang selama ini terhadap Kodim,

“Meskipun tugas pokok kami bukan membangun, namun kami difasilitasi untuk bersama membangun wilayah kabupaten Kupang seirama dengan program pemda. Kami juga akan  berusaha sebaik-baiknya untuk menyelesaikan tugas ini. Saya minta petunjuk dan asistensi bapak bupati dan  jajarannya agar kerjasama ini bisa terselesaikan.” Kata Dandim Abraham Kalelo akhiri sambutannya.|| juli br

sumber  : sp bag humas setda pemkab kupang