Bupati Hery Nabit : “Jabatan Bukan Hak, Tapi Kepercayaan”

Birokrasi Daerah

RUTENG, TOPNewsNTT|| Demikian antara lain pesan Bupati Herybertus G.L.Nabit,S.E,MA kepada 139 Pejabat Administrator lingkup pemkab.Manggarai yang dilantiknya di Aula MCC Ruteng (Rabu, 02/02).

Dalam pesan pelantikan yang dilaksanakan berdasarkan KepMendagri nomor 821.23-5887 Dukcapil Tahun 2021 tertanggal 10 Desember 2021, Kepmendagri nomor 821.23-5889Dukcapil Tahun 2021 tangal 10 Desember 2021, Kep.Bupati Manggarai nomor HK/66/2022 tanggal 31 Januari 2021, Bupati Hery berpesan,

Berdasarkan UU nomor 5/2014 tengang managemen ASN bahwa jabatan administrator bertanggungjawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta admibistrasi pemerintahan dan pembangunan.
“Saya berharap bahwa pelantikan itu harus dimaknai sebagai penugasan atau kepercayaan untuk menjadi peminpin dalam meningkatkan kualitas pelayanan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.” Pesan Bupati tegas.

Bupati menegaskan kepada 139 pejabat agar melihat jabatan bukan hanya sebatas hak, tetapi kepercayaan .
“Pinsip ini sudah saudara-saudara ketahui. Kiranya sudah dalam hati saudara-saudara sejak awal mula menjadi ASN. Ketika dimaknai sebagai kepercayaan, itu berarti dia hanya titipan, tidak kekal. Karena itu dia tidak perlu dikejar-kejar. Biarkan semua berjalan normal. Tetaplah bekerja dengan tulus hati dan berikan performance yang terbaik dalam setiap pelayanan dimanapun saudara-saudara ditempatkan.” Pesannya bijak.

Bupati juga mengingatkan bahwa promosi dan rotasi dalam managemen sumber daya aparatur merupakan hal yang sangat biasa. “Bagi yang mendapat promosi saya minta janga eforia berlebihan, cukup disadari bahwa kepercayaan harus dibalas dengan tanggung jawab. Dan bagi yang alami rotasi, tidak perlu kecewa, rotasi dimaknai secara positof yaitu supaya semakin kaya dengan pengalaman dan pengetahuan sekaligus menrangsang daya inovasi sehingga di tempat baru akan berdampak positif dalam peningkatan kinerja organisasi.” Ungkapnya.

Bupati juga janjikan tidak akan ada yang nonjob, tetap akan ada tempat bagi ASN yang tidak dibacakan namanya pada hari ini.
“Saya minta kepada kita semua untuk bahu membahu bekerja keras dan bekerja cerdas seeta berkomunikasi satu dengan yang lain untuk wujudkan Manggarai yang maju, adil dan berdaya saing. Hentikan ego sektoral! Hari ini zamannya” kolaborasi, dan Kolaborasi adalah keharusan.” Ajaknya.

Diakhir sambutan Bupati Hery Nabit sampaikan beberapa point pentkng antara lain,
1. Segera pelajari seluruh aturan yang merupakan dasar pelaksanaan tugas dan pahami aturan untuk permudah pelaksanaan tugas-tugas dan terhindar dari berbagai masalah.

2. Segera sesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru.

3. Ciptakan suasana kerja kondusif dan pupuk kerja sama yang baik dengan pimpinan dan staf di lingkungan kerja masing-masing.

4. Tertib administrasi sebagai aspek utama dalam pelaksanaan pemerintah. Semua kegiatan harus dapat dipertanggungjawabkan secara administrasi.

5. Menjaga kepercayaan yang diberikan agar benar-benar berkontribusi positif bagi pembangunan di kabupaten Manggarai.

6. Terus Berinovasi demi peningkatan kinerja dari unit kerja masing-masing.

Tak lupa Bupati Hery ucapkan selamat atas pelantikan dalam jabatan baru kepada 139 pejabat dan berharap agar mereka bekerja dengan sepenuh hati.

Turut hadir wakil bupati Manggarai Heribertus Ngabut,S.H, sekda Manggarai Drs.Jahang Fansy Aldus, Para staf Ahli Bupati, Para Asisten dan para pimpinan perangkat dan rohaniawan.** {juli br}