Bupati Dapawole Serahkan Bantuan Sosial di Kampung Kadoki, Desa Gaura yang terbakar

Birokrasi Daerah Kemanusiaan

LABOYA BARAT, TOP News NTT ■■ Bupati Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole meninjau lokasi kebakaran di Kampung Kadiki, Desa Gaura, Kecamatan Laboya Barat (Senin, 22/06

 Dalam peninjauan tersebut Bupati Dapawole sekaligus menyerahkan Bantuan Sosial bagi warga diwilayah tersebut.

Bupati Dapawole saat mwninjau lokasi kebakaran rumah 9 warga di desa.Kaboki, Gaura, Kecamatan Ladoya Barat

Pada kesempatan itu kepala Desa Gaura, menjelaskan  kepada Buapti Dapawole : “Kejadian kebakaran tersebut terjadi pada Minggu pagi jam 09.00 wita yang mengakibatkan sembikan unit rumah  terbakar. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran, dan tengah dalam penyelidikan pihak berwenang.”

Saat berada di lokasi kebakaran, Bupati Dapawole menyampaikan keprihatinan mendalam kepada para korban beserta keluarga mereka atas musibah tersebut. Keprihatinan disampaikan oleh Bupati Dapawole secara pribadi dan keluarga.
“Saya secara  pribadi dan keluarga merasa prihatin atas musibah ini.” Ujar Bupati Dapawole  lirih.

Namun patut disyukuri bahwa dalam musibah ini tidak terdapat korban jiwa, karenanya Bupati Dapawole menghimbau agar keluarga tetap sabar dan tabah menerimanya, dan jangan ada rasa saling menyalahkan karena terjadinya musibah ini, tapi beliau mengajak semua pihak mau berpikir jernih, bahwa peristiwa ini adalah ujian dari Yang Maha Kuasa.

Sebagai wujud tanggung jawab saat masih di lokasi kebakaran,  Bupati Dapawole langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait sehubungan dengan peristiwa tersebut. Saat itu Bupati Dapawole langsung memerintahkan Kadis Sosial dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerha (BPBD) Kabupaten Sumba Barat untuk segera membantu para korban dengan program Tanggap Darurat.

Selain itu, Bupati Dapawole memerintah Pemerintah Kecamatan dan Desa agar segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar keluarga korban segera mendapat bantuan yang layak pasca musibah tersebut.

Kadis Sosial Samuel Dato Mesa, S.Sos melaporlan bahwa Ba tuan Sosial yang diberikan antara lain berupa beras, pakaian seragam SD, SMP dan SMA, laki-laki dan perempuan, perlengkapan bayi, perlengkapan mandi, aqua, biskuit, selimut dan kebutuhan lainnya.

Sebagai tindak lanjutnya pada Selasa, 23/06 kepala BPBD Kabupaten Sumba Barat, Ir.Yanis E.LChr.Laebole,M.Si melaporkan bahwa bantuan sembako, pakaian seragam sekolah,  perlengkapan sekolah, perlengkapan rumah tangga dan kebutuhan lainnya telah didistribusikan ke lokasi kejadian. ■■ juli br

Sumber : SP Humas & Protokol Pemkab.Sumba Barat.

Penulis : moi