Boby Pitoby : “Pemkot Kupang gandeng Bank NTT dan DPD REI NTT Siapkan Rumah DP Rp0 bagi pemuka agama dan pendeta”

Perumahan rakyat Warta Kota
NTT, TOP News NTT ■■ Ketua DPD REI NTT Boby Thinung Pitoby jelaskan bahwa di TA 2020, Pemerintak Kota Kupang sudah canangkan program penyediaan perumahan DP Rp0 khusus  bagi pemuka agama dan pendeta di kota Kupang. “Bapak walikota Kupang DR.Jefritson Riwukore sudah canangkan sebuah program penyediaan perumahan DP Rp0 bagi pemuka agama dan pendeta di kota Kupang, yang merupakan program pertama di Indonesia yang bermitra dengan Bank NTT dan DPD REI NTT. Program  penyediaan perumahan  bagi para pemuka agama & gembala Tuhan ini adalah suatu terobosan luar biasa oleh Walikota Kupang.” Jelas Boby bangga.
Seperti kita ketahui, lanjut Boby menjelaskan  bahwa pemerintah pusat telah membuat kebijakan yang sangat memudahkan para MBR untuk dapat membeli rumah. “Yaitu dengan program FLPP, BP2BT, berbagai subsidi SBUM, bebas pajak PPN dll. Dan juga uang muka bisa 1% atau sekitar Rp1.7 juta saat ini karena harga rumah di NTT sudah 168 juta per 1 Januari 2020.” Jelas Boby lebih jauh.
Tapi sering kali, tandas Boby, “yang masih menjadi kendala besar bagi MBR untuk memiliki rumah adalah biaya-biaya yang timbul di awal dalam proses kepemilikan rumah. Biaya-biaya ini termasuk : biaya notaris (AJB & akad kredit), biaya bank (provisi & admin), biaya uang muka, biaya pajak daerah (BPHTB) dll. Semua biaya-biaya ini totalnya berkisar Rp10.2 juta hingga Rp17 jutan.” Ujarnya.
“Dalam program penyediaan perumahan bagi tokoh agama dan pendeta  ini,  pemkot Kupang yang akan menyediakan SEMUA biaya-biaya yang berkaitan dengan pembelian rumah tadi (yang besarannya sekitar Rp10.2 juta hingga Rp 17 jutan). Sehingga para pemuka agama ini HANYA perlu menyicil rumahnya saja. Tapi tentu persyaratan-persyaratan  bank dan persyaratan rumah subsidi harus dipenuhi. Seperti ini merupakan rumah pertama bagi pembeli, kredit historinya harus bagus, dll.” Jelasnya lagi.
Menurut Boby yang terpilih kedua kalinya sebagai ketua DPD REI NTT, program ini adalah bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap program sejuta rumah yang dicanangkan oleh presiden Jokowi.
“Ini sangat luar biasa karena merupakan program PERTAMA di Indonesia. Masuk rumah dengan 0 (nol) biaya sama sekali.
Di Indonesia ada program DP 0% di DKI Jakarta yang dicanangkan oleh Gub Anies B, tapi MBR tetap harus menyediakan dana sekitar Rp20 jutan untuk bisa masuk rumah. Tapi dengan program pak wali ini, para pemuka agama TIDAK menyediakan dana sama sekali alias 0 (nol) rupiah.
Ini luar biasa.” Jelasnya berpromosi.
“Ini berkat kerja sama antara Pemkot Kupang, Bank NTT & REI NTT. Peruntukan program ini adalah untuk semua pemuka agama pendeta, pastor, ulama, kyai, monk, dll.” Ujarnya lagi.
Untuk mendukung program ini juga, jelas Boby lagi, “REI NTT akan melaksanakan “Bank NTT REI expo”pada hari Jumat tgl 21 Feb hingga 01 Maret 2020. Persiapan EXPO 2020 sudah 85% dan expo kali ini akan diikuti oleh 18 developer dengan 35 lokasi perumahan  di seluruh NTT..” jelasnya tentang program awal rahun 2020 REI NTT.
“Kita harapkan penyerapan di expo kali ini bisa besar mengingat kuota rumah subsidi yang sangat terbatas di tahun ini 2020.
Diperkirakan kuota akan habis di bulan April atau Mei 2020. Sehingga kita himbau kepada masyarakat yang membutuhkan rumah agar segera mengambilnya.  Jangan tunggu2 karena pasti kehabisan kuota nantinya.” Tandas Boby mengingatkan.■■ juli br