Berkantor di Kelurahan Batuplat, Warga Minta Pj.Walikota Wujudkan 3 Usulan Musrembangkel

  • Bagikan

BATUPLAT, TOPNewsNTT|| Pj.Wlaikota Kupang George Hadjoh kembali berkantor di kelurahan Batuplat (Rabu, 7/12).

Awali pertemuan dengan warga, tokoh masyarakat, ketua LPM dan DPRD Kota Kupang Esy Bire, Para Lurah se kecamatan Alak, Para Camat, Penjabat walikota mengungkapkan seperti biasa bahwa tujuan berkantor di setiap kelurahan adalah mendengar langsung apa saja yang jadi kebutuhan masayarakat, masalah dan kendala dan bagaimana memberi solusi serta mendekatkan diri pada masyarakat mulai dari tingkat kelurahan. Selain itu juga memberi informasi terkait kinerja, prosedur dan mekanisme di pemerintahan kota Kupang terkait keuangan dll sebagainya, sehingga masyarakat mengerti jika ada penundaan pada permintaan masyarakat bagi kepentingan publik.

Diingatkannya bahwa usulan dan permintaan dari kelurahan Manutapen jika ada yang masih belum diusulkan atau sudah diusulkan tapi bel terwujud lantaran DPRD dan pemkot sudah menutup sidang penetapan anggaran murni 2023 sehingga akan diusulkan kembali sidang perubahan anggaran 2023.

Ada 3 usulan besar warga yang merupakan kesepakatan Musrembangkel yakni peningkatan jalan ke pemukiman baru yang dari jalan sertu ke jalan lapen dan jalan lapen yang minta ditingkatkan ke jalan hotmix dan pembangunan Drainase karena wilayah Batuplat yang terletak di bagian bawah sehingga jadi tempat bermuara banjir serta lampu jalan di 6 titik.

Permintaan lain yakni tempat pengadaan tempat sampah, status Lahan Permandian Air Sagu dan Pembuatan Ruang Publik Lapangan Olahraga Batuplat yang sekarang tanah menjadi permanen.

Untuk semua keluhan yang diakhiri permintaan oleh warga, seperti jalan, lamlu jalan, bak sampah, drainase, operasioanl kader poayandu dan sarpras pendukung, lapangan Olahraga Batuplat, akte meninggal Pj.walikota meminta pimpinan dinas terkait segera melakukan upaya-upaya uang diperlukan untuk mewujudkannya dan menolong masyarakat.

Terkait status permansian Air Sagu, Pj Walikota berjanji akan mengadakan koordinasi dan pembicaraan dengan pemkab bagaimana pengelolaan ke depan termasuk pungutan parkir agar jangan terjadi masalah serta potensi air ini bisa digunakan bersama warga kedua wilayah.

Senada dengan warga, Esy Bire meminta atensi khusus agar pemkot dibawah kepemimpinan penjabat walikota Kupang dapar mewujudkannya karena sudah merupakan usulan dari tahun anggaran 2022.

Ia menyebut yang sudah diusulkan dan akan dikerjakan di TA 2023 adalah  jalan  hotmix sepanjang 150 m dan jalan lapen sepanjang 200 m² di RT 20 yang juga menjadi pokir DPRD.

Sedangkan permintaan lampu jalan sudah survei sejak pemerintahan lalu tapi belum di realisasi hanya baru pasang tiang hingga kini.

Potensi  lapangan Batuplat dengan luas 4000 m² ia minta dibuat 1 lapangan futsal di Batuplat.

Drainase di pinggir kali juga jadi penekanan Esy Bire untuk diperhatikan pemkot dikerjakan agar jangan lagi timbulkan kerugian bagi petani petambak ikan.

Selain itu ia juga minta bantuan bagi lanjutan pembangunan 2 gedung gereja yang semula adalah pos penginjilan dan perbaikan kantor lurah yang sudah bocor sejak seroja.

Pj walikota ungkapkan untuk perbaikan kantor lurah Batuplat pada tahun 2023 pemkot susah siapkan  200 juta  untuk perbaikan dan siap membantu pembangunan gereja dari Dana DAK.

Terhadap keluhan dan permintaan warga, pimlinan OPD diminta segera turun survei, foto dan buat proposal untuk didorong ke Kementerian masing-masing.

Terhadap beberapa keluhan warga seperti kekuatiran warga akan terjadinya kerawanan di wilayah ini, Pj walikota minta lurah Batuplat dapat melihat kegiatan apa saja yang bisa buat dengan gebrakan kreatifitas di keluarahan bagi kelompok-kelompok masyarakat, misal olahraga, umkm, pungutan liar parkir dibuat dalam bentuk proposal apa jenis usahanya dan ajukan ke pemkot melalui dinas Sosial karena ada Pokir KUBE dengan usaha pertanian dll yang selain memberi kesibukan postif juga menjadi ketahanan pangan dan ekonomi keluarga.

Permintaan Zebra Cross dijalan masuk ke sekolah dan gereja, pj minta Dinas Perhubungan menyikapinya apakah bisa dibuat zebra cross.

Masalah dana operasional kader posyandu, yang masih belum dibayarkan. Kursi dan timbangan yang sudah rusak minta diganti yang baru.

Dinkes 2023 dapat dana spesifik grand Rp50 m  sehingga pj minta Dinkes segera mengurusnya operasional kader dan kursi tenda bagi posyandu.

I Ngurah kabid Dinkes minta para kader segera masukkan SPJ agar bisa dibayarkan karena mekanisme pencairan harus dengan SPJ.

Pada tahun 2023 akan ada kenaikan transpor kader sebesar Rp93 ribu serta akan ada pengadaan sarpras posyandu dengan dana DAK.

Bagi pengadaan sarpras pendukung Posyandu, Pj.Walikota usulkan Dinkes menukar dengan fee pihak ketiga kontraktor yang kerja di Dinkes jangan dengan uang tapi dalam bentuk barang seperti kursi, meja, timbangan dan tenda.

Karena info sudah ada 3 pasien DBD di Kelurahan Batuplat yang opname, pj juga instruksikan Dinkes segera lakukan fogging dan pembagian abate, Dinkes berjanji akan melakukan fogging dan abate bisa diambil di setiap pustu dan puskesmas di Batupat.

Pj minta camat dan lurah serta dinas terkait dapat mendata seluruh usulan untuk tahun 2023 didata per kecamatan dan kelurahan serta pro aktif  disosialisasikan ke masyarakat sehingga bukan hanya diketahui masyarakat, tapi juga bisa dikawal langsung sehingga tidak ditanyakan berulang-ulang.

Pj juga minta Dinas Dukcapil segera memproses akte kematian warga, pemberian akte nikah sekaligus dengan kk yang sudah terpisah dari orangtua masing-masing bagi setiap pasangan yang menikah agar mempermudah keluarga baru mengurus segala keperluan administrasi mereka.

Sementara lurah Batuplat dalam wawancara terpisah mengatakan selain mengapresiasi penjabat walikota yang kau berkantor di Kelurahan Batuplat, ia juga lega semua kebutuhan yang merupakan kesepakatan yang tertuamg dalam Musrembangkel sudah didengar langsung oleh pemkot lewat penjabat dan kadis yang datang.

Ia berharap penjabat walikota dapat mengawal setiap dinas terkait untuk benar-benar merealisasikanya dalam perubahan anggaran 2024 dan anggaran murni 2024.

Karena walau ia mengerti kondisi keuangan daerah yang anjlok akibat pandemi dan seroja, tapi ia berharap di 2023 dapat direalisasi.

Ia dan para staf kelurahan sering mensosialisasikan kepada masyarakat terkait upaya yang sudah dilakukan pemerintan dan kendala apa yang sebabkan permintaan tetsebut belum diwujudkan dan meminta kesabaran masyarakat.0|| jbr

  • Bagikan