5 Hari Showroom Event PT SBM Kupang Animo Konsumen Suzuki Sangat Tinggi

Ekonomi Bisnis Otomotif Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT|| 5 (Lima) hari Showroom Event digelar di Mai Dealer Mobil Suzuki Kupang,  PT SBM Kupang, animo masyarakat sangat tinggi. Terbukti dalam waktu yang singkat tersebut (11–15 April), dalam kondisi ekonomi yang belum pulih akibat Pandemi serta ancaman krisis ekonomi, serta Ramdhan dan jelang Hari Raya Lebaran, PT SBM Kupang peroleh 75 SPK (Surat Perjanjian Kredit) kendaraan roda 4. Sedangkan untuk seluruh NTT dari 3 dealer besar lainnya yakni Dealer Daratan Timor sebanyak 61 SPK,  Dealer Flores Timur sebanyak 18 SPK dan Dealer Flores Barat sebanyak 36 SPK, sehingga total  dari NTT adalah  190 SPK.

Branch Managaer Theo Parera

Branch Managaer PT SBM Kupang, Theodorus Parera menjelaskan,  lewat Program Shpwroom Event PT SBM ingin memberi apreasisi sekaligus kesempatn bagi konsumen yang ingin punya mobil tapi selama ini kesulitan dengan DP yang besar.

“Jika dalam kondisi normal di program promosi konsumen harus membayar DP minimal Rp35juta, maka dalam program ini konsumen memperoleh DP mulai Rp5 jutaan hingga Rp65 jutaan dengan cicilan yang lebih ringan dan asa potongan cicilan (bebas ciciln) hingga 3 bulan. Bayangkan dengan DP Rp5jutaan, lewat program ini DP konsumen dihitung Rp35juta. Belum lagi ada hadiah langsung lemari pendingin (kulkas), mesin cuci dan lain sebagainya. Promo ini berlaku untuk semua type mobil Suzuki.” Jelas Theo.

Dari 190 SPK di seluruh NTT, tambah Theo type mobil terbanyak yang diminati konsumen adalah pick up. Selebihnya adalah jenis R3 dan Ignis.

Showroom Event digelar sejak 11–14 April 2023 di Diler PT SBM di kelurahan Oeba.

Walau diakuinya, pencapaian SPK tidak sesuai target hanya 50an persen, namun di kondisi saat ini animo masyarakat lumayan tinggi bahkan hingga hari ke 4 saja, sehari sebelum penutupan dari seluruh Diler SBM yang ada di NTT sudah mencapai 50% target SPK (Surat Perjanjian Kredit) atau dari target 100 SPK sudah mencapai 50 SPK.

Memang pencapaian target sehari 20 SPK belum tercapai karena ekonomi belum pulih, tapi dengan prediksi 2023 tahun krisis dan ini bulan Ramdhan dan jelang Idul Fitri 1 Syawal 144 H yang seharusnya kebutuhan masyarakat meningkat, pencapaian total 40an SPK hingga sehari jelang penutupan adalah hal yang patut diapresiasi.

“Ini menandakan kecintaan masyarakat kepada mobil Suzuki masih tinggi dan ekonomi tidak sulit-sulit amat. Sehingga ke depan kita berencana akan lakukan event setiap triwulan. Jujur animo masyarakat seperti ini justeru menjadi support bagi kita untuk terus lakukan promosi dengan cara event seperti ini.” Ujar Theo.

Sememtara sales marketing terbaik PT.SBM David Paulus kepada media pada penutupan showroom event 2023 menjelaskan,

Final perolehan Spk Showroom Event SBM (11-15 April 2023) SBM NTT secara menyeluruh peroleh 190 SPK dari target 400 SPK (4 Diler PT SBM seluruh NTT, Diler Kupang peroleh 75 SPK (75% dari target 100 SPK),  Diler Daratan Timor sebanyak 61 SPK, Diler Flores Timur sebanyak 18 SPK dan  Diler Flores Barat sebanyak 36, total seluruh NTT sebanyak 190 SPK.

Lewat event ini sangat memicu konsumen untuk kredit mobil.

“Sebagai contoh saya saja, sejak hari pertama selalu ada SPK. Mulai dari pick up hingga XL 7, Ignis dan R3. Animo masyarakat ternyata sangat tinggi. Mobil keluqrga dan Ignis. Dan memang orang tunggu event promo seperti ini. Karena ada hadiah langsung mesin cuci, kulkas dan speaker aktif serta DP ringan mulai Rp5 juta hingga Rp65 juta. Bayangkan hanya dengan tanda jadi DP Rp2.000.000 saja begitu tandatangan SPK tanpa diundi konsumen langsung membawa pulang hadiah dan mobil.” Jelas David.

Kemudahan lain adalah hanya dengan kk dan KTP konsumen dengan tanda jadi Rp2 juta diproses dengan survei ke rumah.

David mengatakan animo masyarakat kota Kupang makin tinggi untuk punya mobil selain untuk kebutuhan keluarga karena cuaca hujan dan panas, juga untuk usaha.

“Seperti contoh usaha ojek Online Maxim, Grab dll masyarakat berani kredit mobil untuk usaha itu. Dan mereka menunggu moment promo seperti ini. Saya berharap event promo seperti ini dilakulan setiap bulan dan lebih lama waktunya seperti 2 minggu misalnya agar konsumen yamg ingin punya mobip bisa lebih banyak. Dengannnya kita bisa memberi peluang bagi siapa saja untuk punya usaha.” Harap David.|| jbr