Pj.Wali Kota Kupang Ikut Pawai Takbiran Laut Sambut Idul Friti 1 Syawal 1444 H

Birokrasi Religi Warta Kota

KOTA KUPANG, TOPNewsNTT||Penjabat Walikota Kupang, George M. Hadjoh,SH melepas pawai takbiran laut yang digagas Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) NTT, dalam rangka menyambut perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah.

Takbiran laut yang mengusung tema “Gema Takbir, Gema Kemenangan Insan manusia Taqwa” ini  dilepas dari Pelabuhan Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak, Jumat (21/04) malam.

Yang menarik, Penjabat Wali Kota yang didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa,SH,M.Si turut serta dalam rombongan takbir laut hingga finish di kawasan wisata kuliner Pantai Kelapa Lima depan Hotel Aston.

Turut hadir dalam pelepasan iring-iringan perahu peserta takbiran laut tersebut, Ketua MUI Provinsi NTT, Ketua PW NU NTT, Ketua FKUB Kota Kupang, Kapolsek Alak, Staf Ahli Wali Kota Kupang Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang, Kasat Pol PP Kota Kupang, Kadis Perikanan Kota Kupang, Camat Alak, Lurah Nunbaun Sabu serta Ketua Serikat Nelayan Nahdatul Ulama dan Ketua PHBI Kota Kupang.

Kurang lebih 15 perahu nelayan yang sudah dihiasi lampu warna-warni berjejer di Pelabuhan Nunbaun Sabu sambil mengumandangkan lagu-lagu religi Islam lewat pengeras suara menjadi daya tarik sendiri bagi umat muslim yang sedang menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan (ngabuburit) juga warga non muslim sekitar.

Takbir laut diawali dengan pembagian sembako oleh Penjabat Wali Kota Kupang bagi 10 orang anggota masyarakat yang mewakili 5 agama.

Dalam sambutannya Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH., mengaku gembira dan mengucapkan terima kasih kepada panitia dan semua yang terlibat dalam menyukseskan acara takbir laut tahun ini. Baginya ini merupakan kali pertama berada dalam momen yang begitu spesial, mengikuti malam takbiran bersama saudara-saudaranya umat muslim.

“Saya merasakan suka cita yang luar biasa. karena ini adalah momentum bersejarah bagi saya sebagai bagian dari anak kampung sini, hadir dan bersama-sama dengan saudara-saudara sekalian melepas rombongan perahu pawai takbiran menyambut hari Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah tahun 2023,” ungkapnya.

George berharap seluruh rangkaian acara mulai dari pawai takbir laut ini hingga pelaksanaan Shalat Ied besok pagi bisa berjalan dengan baik. Pada kesempatan yang sama dia juga mengimbau kepada semua masyarakat Kota Kupang untuk turut membantu memelihara stabilitas keamanan, agar tetap kondusif seperti tahun-tahun yang lalu, sehingga saudara-saudara umat muslim dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan hikmat.

Sementara itu Ketua FKUB Kota Kupang, Pdt. Jeky Latuperissa, M.Th, menyampaikan selamat bagi saudara-saudara muslim di Kota Kupang yang siap menyambut hari kemenangannya setelah 1 bulan lamanya berpuasa. Dalam momen yang baik ini FKUB Kota Kupang kembali menegaskan bahwa akan terus mendukung dan selalu hadir bersama-sama dengan Pemkot Kupang dalam berbagai upaya mempertahankan kerukunan hidup umat beragama di Kota Kupang.

Kehadiran FKUB kota kupang dalam suka cita Umat Muslim saat ini menurutnya adalah satu bentuk nyata dukungan FKUB dalam memperkukuh dasar-dasar kerukunan hidup umat beragama di Kota Kupang dalam konteks toleransi umat.

Pada kesempatan yang sama Ketua FKUB menjelaskan bahwa bantuan sembako yang disiapkan oleh FKUB Kota Kupang bagi kaum duafa perwakilan 5 agama, dalam menyambut Idul Fitri tahun ini adalah merupakan hasil gerakan Dobel Serbu (Dua Ribu), yang digagas oleh pemuda lintas agama yang peduli dan merasakan apa yang dirasakan oleh umat.

Setelah melepas rombongan perahu takbiran laut yang ditandai dengan pengangkatan bendera dan semarak letusan kembang api dari perahu-perahu peserta, Penjabat Wali Kota Kupang bersama Ketua MUI NTT turut serta bergabung dalam rombongan.

Iring-iringan pawai takbiran laut tiba di finis, diterima oleh Wakapolda NTT Drs. Heri Sulistianto ditandai dengan penyerahan bendera pawai oleh panitia. Rangkaian kegiatan menyambut Idul fitri tahun ini ditutup dengan pemukulan beduk oleh Wakapolda NTT dan Penjabat Wali Kota Kupang. (**)

sp prokompim kota kupang.

(*PKP_jms)