Ketua HIPMI Kota Kupang Jadi Delegasi NTT Hadiri Pelantikan Presiden RDTL dan Team Kerja Investasi Bilateral

  • Bagikan

TIMOR LESTE, TOPNewsNTT||Ketua HIPMI Kota Kupang menjadi salah satu Delegasi NTT yang Menghadiri Pelantikan President Timor Leste dan team kerja Investasi Bilateral demikian penjelasan Yusak Benu dalam tilisnya, Sabtu, 21 Mei 2022.

Setelah melewati Pemilu Jose Ramos-Horta memenangkan pemilihan umum Presiden Timor Leste yang dilakukan penghitungan terhadap tiga perempat dari total suara yang masuk.

Dalam pemungutan suara yang dilakukan Pada 19 April 2022, pemimpin kemerdekaan Timor Leste dan peraih Nobel itu mengungguli mantan pejuang gerilya sekaligus Presiden petahana Francisco “Lu Olo” Guterres. Dan telah di laksanakan Inaguration Presiden Timor Leste pada 19/5/2022 yang berlangsung begitu meriah dan di hadiri oleh begitu banyak pemimpin manca negara.

Nampak yang hadir dan mendampingi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat adalah Yusak Benu, Ketua Umum HIPMI Kota Kupang yang juga Wakil Ketua Umum Kadin NTT menjadi salah satu dari 10 Delegasi Bersama Gubernur NTT dan Tamu lainnya antara lain Bupati Belu, Dirut Bank NTT, Ketua Umum Kadin NTT dan GM Pelindo.

Menurut Yusak, Kedatangannya ke Timor Leste bukan hanya mengikuti Pelantikan namun telah berkoordinasi untuk Rapat bersama (CCI-TL-Camara Comercio Ind├║stria Timor-Leste) untuk membahas tentang Investasi dari Timor Leste dan NTT yang di Jadwalkan Jumat 20 Mei 2022.

Beberapa masukan yang sudah di bahas sebelumnya yaitu Pengurusan Imigrasi di perbatasan yang masih menemui beberapa kendala, Investasi di Timor Leste dan juga berbagai hal yang menyangkut Bilateral antara Indonesia daj Timor Leste. Pertemuan ini di hadiri oleh Bupati Belu juga di Kantor CCI – TL. Nampak President, Vice dan Members CCI – TL menghadiri dan menyepakati beberapa pihak yaitu kesepahaman untuk Menjadikan NTT- Timor Leste seperti Singapore-Batam, Free Trade Zone di perbatasan, Penghapusan Visa, Membenahi permasalahan Trafic di Imigrasi, Investasi di Timor Leste dan Indonesia, Supply Pakan Ternak dan Trading.

Yusak sendiri menyampaikan adanya kerja sama dalam Bidang Maritim dan pihak Garda Maritim siap menginvestasikan kapalnya jika adanya bantuan dalam proses perijinan dan mengajak Timor Leste untuk menginvestasikan Energy Terbarukan sebagai bahan baku pengganti Batu Bara.

Pihak CCI – Timor Leste juga akan mengunjungi NTT dan direncanakan akan ada MOU bersama untuk menjadikan Dasar dalam kerja sama Indonesia dan Timor Leste kedepan. Dan Kadin NTT juga telah mempunyai Kantor di Timor Leste yang menjadi Pusat Investasi dan perdagangan NTT di Timor Leste.”Tegas Yusak.|| juli br

  • Bagikan