Warga Bakunase Minta Pemkot Tindak Pelaku Buang Sampah Bukan Pada Tempatnya

Birokrasi Kebersihan dan Lingkungan Hidup Regulasi dan Kebijakan Warta Kota

BAKUNASE, TOPNewsNTT||Warga Kelurahan Bakunase minta Pemerintah Kota Kupang untuk menindak tegas oknum yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Permintaan tersebut disampaikan saat Penjabat Wali Kota Kupang berkantor di Kelurahan Bakunase, Selasa (28/3). Hadir mendampingi Penjabat Wali Kota Kupang, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Yanuar Dally, SH., M.Si, sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Kota Kupang, Camat Kota Raja serta beberapa Lurah se-kecamatan Kota Raja. Turut hadir pula dalam pertemuan tersebut para tokoh masyarakat, tokoh agama, RT/ RW, pegawai kecamatan, kelurahan serta unsur TNI-Polri

Ketua RT. 17 Kelurahan Bakunase, Alex Saununu mewakili warga dan para Ketua RT lainnya mengungkapkan, ulah oknum pembuang sampah sembarangan sudah sangat meresahkan. Karena itu dibutuhkan sikap tegas dari pemerintah dengan menjatuhkan sanksi yang memberikan efek jera. Menanggapi permintaan tersebut, Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh,SH, meminta Satpol PP Kota Kupang bekerja sama dengan TNI-Polri agar bisa menindak secara tegas para pelaku pembuang sampah sembarangan sebagai efek jera. Menurutnya Pemkot Kupang sebenarnya sudah memliki Perda yang mengatur tentang Penyelenggaraan Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga misalnya Perda No. 03 Tahun 2011 dan Perwali No. 33 Tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

Dia menegaskan, Pemkot akan melakukan pemantauan guna menindaklanjuti pengaduan ini. Oleh sebab itu bagi masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan diimbau untuk tertib membuang sampah pada tempat-tempat sampah yang sudah disediakan oleh pemerintah. Pemerintah Kota Kupang berkomitmen mengampanyekan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat, serta mengajak masyarakat untuk menjadikan kebersihan menjadi sebuah gerakan bersama seluruh warga masyarakat Kota Kupang. Karena menurutnya persoalan sampah bukan semata-mata menjadi urusan pemerintah saja, tapi menjadi persoalan bersama dalam rangka mewujudkan Kota Kupang yang bersih, sehat dan nyaman bagi warganya.

“Jika berbagai bentuk peringatan dan imbauan yang sudah kami lakukan tetap saja tak dihiraukan, maka kami akan melakukan penindakan. Saya akan minta kepada Satpol PP untuk berkoordinasi dengan TNI-Polri agar segera melakukan komunikasi terkait dengan substansi sanksi dan berbagai hal teknis lainnya,” tegasnya.

Seperti pada saat berkantor di kelurahan-kelurahan sebelumnya, pada pertemuan kali ini, sejumlah usulan seperti pengadaan tempat sampah yang memadai bagi masyarakat, jalan lingkungan, lampu jalan dan beberapa usulan tentang drainase dan tembok penahan kali, menjadi topik yang paling banyak diajukan warga kepada Penjabat Wali Kota Kupang.||jbr

Sp *PKP_jms