Wagub NTT & Bupati Kupang Hadiri Peresmian Kancab.Swasti Sari Oelamasi Sekaligus Syukuran HUT Ke 35 Tahun Kopdit Swasti Sari

Birokrasi Daerah Infrastruktur Koperasi

OELAMASI, TOPNewsNTT||  Wakil Gubernur NTT Josep A.Nae Soi dan Bupati Kupang Korinus Masneno menghadiri peresmian kantor cabang Swasti Sari Oelamasi di Desa Naibonat, Kabupaten Kupang sekaligus syukuran HUT Ke 35 Tahun KSP Kopdit Swasti Sari yang jatuh pada Rabu, 1 Pebruari 2023.

Kegiatan peresmian diawali dengan pemberkatan oleh tokoh agama Katholik. Dalam peresmian Kancab.Oelamasi dan sekaligus Perayaan HUT ke 35 Kopdit Swasti Sari ini dirangkai juga dengan pengobatan gratis bertempat di halaman kancab.Oelamasi di Naibonat.

Dalam sambutan GM Swasti Sari Yohanes Sason Helan menyapa para anggota sebagai raja dan ratu dalam kopdit.

Kepada Wagub Josef Nae Soi sebagai pemprov NTT, Bupati Korinus Masneno sebagai pemkab.Kupang, bank-bank dan berbagai organisasi sebagai mitra Yohanes Sason Helan mengatakan  pemilik rumah (kancab.Oelamasi)  adalah sebagai orang-orang kurang bernasib baik dan terlantarkan.

“para anggota di Oelamasi banyak dari Amfoang dan kampung-kampung yang sangat kurang bernasib, tapi orang yang kurang bernasib ini bersepakat  membuat sebuah menara di NTT. Dan NTT mengangkat harkat dan martabat nasional dengan membangun rumah ini.” Ujar Yohanes.

Lembaga ini sangat disyukuri pertama.kepad TYME, keluluhur dan kekuatan yang kita milik dari orang-orang terlanyar yang membuat sebuah oerubahan.

Saya bcara di Oesao di kabupaten Kupang dan rumah ini dibangun dengan nilai.milyaran tanpa bantuan lewat proposal kemanapun. Padahal dalam masa pandemi dan ekonomi snagat lemah. Sehingga umkm belum terlalu bernai.melangkah bergerak. Rumah ini milik kurang lebih 27 ribu anggota yang cabang kupang kota.

Bapak buoati aset Rp12 m di kancab Oesao jandi jangan anggap.remeh. SwastiNsari Filosofi kerja benar sesuai dengan amanah anggota. Katena smeua yang dijalankan adalah amanah anggota kurnag lebi 170an ribu anggota denfan aset Rp1.04 t. Jadi jangan abggap remeh ornag kecil mereka bisa berjalan dna bagun dengan sebuah filosofi berjalan dengan kebenaran dan komitmen.

Mereka sudah buat perubahan akeena kopdit jangan rumah dair gewabg dna bebak, jalan dari tanah. Kita harus tingkatkan wpndaoatan ekonoki rumah dan tanah. Kita kuatkan dsri dalam dulu baru kuat ke.luar. semua kuat karena pendapatan. Swbuah daerah, negata dan rumah yangga hebat dan kuat akrrna ekonomi.

Rumah ini saya berikan kepada wagub dan bupati Kupang mari jaga dan rawat rumah i i.

Kedua ia tekankan orang pada bertanya jangan2 membangun rumah yanpa analisa kesehatan aset yang tidak mengjasilkan. Kita jalan berdassrkan kajian2 keuangan ,pers dna kesehanayan keuangan. Tidak sembaranga. Sudah masuk dalam rel jangan keluar dsri rel. Itu sikap managemen kita dalam rumah kecil Swasti sari dengan aset 1 t yang tidak dianggap. Tapi gwdung ing belum.mencapai 5 persen dari aset keseluruhan kita. Kita sudah kaji agar anggota pinjam uang masih bsia diakyani.

Kajian kami ke depan saya coba ambil conrph kecil waktu di kupang kota rumah kami masih kecil hanya bwberapa kamar krcil tpai kami namakan kantpr sejak 1971. Zan saya memberi inspirasi kepada managemen mari kita yampil dan disepakati investasi kantor di kelurahan fayululi. Dan 2010 pindah dari Oepoi dnegan aser 23 m, anggota 3 ribuan, kamintuun dan kulai.kegiatan dikantor yang dianggap layak. Damal 6 bulan per des 2010 aset naik jadi 79 m dsri 23 m. Anggota dr 3 rubian naik jadi 15 ribuan. Tinjauan infeastruktur ternyata membuat kepercayaan mssyarakat. Kami lebih menjamin dari pada koperasi harian.

Ia swbagai ektua pembangunan kancab oesao dan gm.swasti sari.memanagemen 400 karyawan, 6 kantor cabang. 30 kantor kas

Jika kita berani berjalan dengan benar maka kita tidak akan takut. Keberbaian dam kebanaran akan terjawab.

Miyra bank mandiri, bni, bukopin dan prodia dan.mitra bank.lain mari.kita berkolaborasi jangan kita anggap diri sombong hidup tidak ada yang kekal.

Pengurus Kopdit Lambertus Ara Tukan dalam sambutannya mengatakan hari ini 1 Pebruari 35 tahun perjalanan Kopdit Swwsti Sari dan kehadiran 12 pendiri yang masih hdiup dan sudha almarhum menjadi jejak perjalanan kopdit bersama semua anggota.

Rumah ininada 3 fungsi yakni perlindungan, melindunfinsleuruh anggota dannkaryawan di rumah dsri hujan panasbanjir dna melindunginaset aggota aman di rumah ini.

Fungsi pendidikan yakni ksp.kopdit oelamasi dna sleuruh mulai dengan pendidikan berkembabg dengan pendidik danndikontrol dna maju bersama pendidi 460 karyatwan didiki dirumwh ininjadi akrywan profesiona dna berkuaoitas.

Fungsi keriga melayani dengan benar senyum sapa sopan santun segera.

Atas nama kopdit sampaikan kepada gubernue dan wakil gubernur ntt.

Apresiasi pada wagub karena walau dalam kesibukan mau datang resmikan kantor ini.

Terima kasih kepada bupati Kupang ia juga berterima kasih atas dukungan selama ini.

Kepada wakil bupati Sikka sebagai bapak tokoh koperasi nasional Romanus awoga sebagai guru yang menggerakkan kopdit Swasti Sari.

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya mengatakan saya dalah orang yang mencintai koperasi karena saya menjalankan koperasi sebelum menjadi bupati.

Sebetulnya hakiki dari koperasi adalah anggota dibentuk oleh anggota, dikelola dan diperuntukkan untuk kepentingan anggota dann masyarakat.

Korinus Masneno sampaikan perkembangan Kopdit Swasti Sari dan ia resmikan kantor kecil dan ia menjadi anggoyabpertama dengan simpanan 5 juta rupiah. Awal saya diundnag RAY tapi lama2 tidak diundnag.

“Atas  pemkab saya sampaikan proviciat kepada ketua, pengurus dan GM KSP kopdit Swasti Sasri dan jajaran dan seluruh anggota. Ini adalah penacapaian terbesar dari anggota koperasi dan insan di kab Kupang.” Uajr Korinus.

Bupati Masneno  melanjutkan, “bahwa di tengah kondisi ekonomi masih belum stabil akibat pandemi dan seroja yang akibat ancaman krisis ekonomi tapi koperasi masih dapat stabil sebagai soko guru ekonomi dan menjaga kestabilan ekonomi masyarakay dan mampu ekspansi dalam usaha dalam kondisi paling stagnasi. Koperasi sudah menjadi pahlawan ekonomi yang tidak tergantikan dalam menaikkan dan menjaga kestabilan ekonomi.”  Pujinya.

Diakuinya banyak masyarakat ekonomi lemah dan petani terbantu dengan kehadiran kopdit ini karena mampu memberi solusi ekonomi.

KSP kopdit Swasti Sari, lanjutnya,  “sebagai motor penggerak ekonomi di kabupaten Kupang. Kopdit sudah sangat membantu dan ingin agar kopdit jadi pelopor kebangkitan demokrasi ekonomi ditengah krisis ekonomi yang dimensional. Semoga kopdit Swasti Sari bisa memberi solusi ekonomi bagi masyarakat kabupaten Kupang.” Ujar Bupati Masneno.

Wagub NTT sampaikan sambutan Swasti Sari harus memberi solusi ekonomi baik bidang kesejahteraan pangan, kesehatan, pendidikan dan pangan.

Ia anjurkan agar kopdit  Swasti Sari harus punya market sembako jangan hanya simpan dan pinjam uang agar anggota bisa membeli barnag kebutuhan dengan harga terjangkau dan uang kembali ke koperasi lagi.

Koperasi harus bergerak dari diri sendiri dan berinterakksi dengan orang dan menggerakkan orang lain.

Pergerakan dari diri sendiri penting agar dapat menggerakkan orang lain. Koperasi bergera luar biasa kami hanya fasilitator dan regulator kebergasikan kopdit karena anggota dan semua pengurus serta gm.

Inti dari koperasi adalah menangislah dengan orang yang menangis dan bergembiralah dengan orang yang bergembira.

“Kita akan buat peraturan yang mengingkat siapa yang menggunakan koperasi untuk menindak orang lain maka akan ditindak.” Tegas Wagub.geram.

“Saya tegaskan saudara-saudara yang masih berkeliaran dan mengggunakan koperasi untuk kepentingan diri sendiri maka pemprov.NTT akan bertindak. Anda jangan berdalih ada undang-undang karena undang-undang adalah dibuat untuk ditaati memberi keadilan tapi bukan untuk ketidakadilan dan menipu. Mari siapa yang berpendidikan mari berhadapan sama kami gubernur dan wakil gubernur NTT” tegas Wagub

“Ini bukan gedung tapi home dan house,  ini rumah kita mari kita pelihara dan bangun dinamika ekonomi dengan koperasi dan bangun NYT. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.” Ujar Wagub menutup sambutannya.

Acara dilanjitkan dengan penandangana plakat peresmian kantor kopdit oleh wagub NTT dan pemotongan pita serta peninjauan ke dalma gedung. || juli br