Resmi Pimpin BI NTT Stevanus Donny Heatubun sebut Jurnalis Sobat dan Mitra BI

Birokrasi Jurnalisme Perbankkan Regional

NTT, TOPNewsNTT|| Stevanus Donny Heatubun resmi pimpin BI Perwakilan Provinsi NTT menggantikan I Nyoman Ariawan Atmaja setelah dilantik oleh gubernur BI pada 4 Januari 2023 lalu di Jakarta.

Hal ini diungkapkan Stevanus Donny Heatubun dalam jumpa media sekaligus  perkenalan di Lantai 3 Kantor Perwakilan BI NTT (Selasa, 17/01).

Donny Heatubun (sapaan pria asal Tei, Maluku) ini menyatakan bahwa  jurnalis adalah sobat dan mitra Bank Indonesia di dalam menyampaikan informasi dan kondisi ekonomi dan stabilitas moneter kepada masyarakat, dan BI akan terus berkolaborasi, bersinergi untuk memberikan informasi terkini kepada insan pers di NTT.

Oleh karena itu, ia berjanji akan menggelar pertemuan khusus dengan insan media setiap sebulan sekali demi memberikan informasi yang akurat bagi media terkait berbagai hal yang menjadi tupoksi serta kebijakan BI NTT. Karena Media (Jurnalis) diakunya sebagai sobat dan mitra BI NTT

Dalam sesi perkenalan, Donny Heatubun menjelaskan,  sebelum ke NTT dirinya pernah menjabat sebagai Deputi Direktur Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Bali dan Kepala Kpw. BI Provinsi Papua Barat.

Dirinya pernah menjabat pada bidang kebijakan moneter BI Pusat di Jakarta dan sudah berkarir selama hampir 16 tahun di BI, pernah dipercaya sebagai ekonom ahli Bank Indonesia.

Selanjutnya, Donny Heatubun memaparkan sscara singkat terkait kondisi pertumbuhan ekonomi NTT 2022.

Bahwa pada Triwulan ke IV tahun 2022 pertumbuhan ekonomi NTT sebesar 3,1%, sedangkan  inflasi NTT di Triwulan IV tahun 2022 sebesar 6,65% yoy, yang menunjukkan daya beli masyarakat menurun.

Ia juga menyentil inflasi NTT pada Desember 2022 sesuai data rilis dari BPS NTT, per tanggal 2 Januari 2023 terjadi Deflasi  sebesar 0,81% (mtm) tapi secara yoy terjadi Inflasi  (Des 2022) sebesar 6,65% yoy.

Donny Heatubun menegaskan bahwa Bank Indonesia NTT akan terus melakukan berbagai kebijakan makroprudensial dengan menjaga stabilitas sistem keuangan.

BI NTT juga akan mendukung Gerakan Nasional Pengendalian inflasi Pangan (GNPIP) bersama Pemerintah Daerah, seperti Urban Farming, guna menjaga komoditi barang agar inflasi dapat terkendali.

Acara diisi dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Daniel Agus Prasetyo, Deputi Kepala BI NTT.|| juli br