Pj.Walikota Apresiasi Gerakan Bersih Pantai Nunsui Komunitas ” SENGKANAUNG”, “Kebersihan Tugas Semua Pihak”

Birokrasi Kebersihan dan Lingkungan Hidup Organisasi Warta Kota

NUNSUI, OESAPA, TOPNewsNTT|| Penjabat Walikota Kupang Geroge M.Hadjoh mengapresiasi Gerakan Bersih Pantai Nunsui yang dilaksanakan oleh Komunitas Kerukunan Keluarga Sangihe Talaud (Sengkanaung) yang digelar pada Senin, 30/1/2023 pukul 06.00 wita.

Hal ino dinyatakan Penjabat Walikota saat meninjau Gerakan Bersih-Bersih yang berlokasi di Pantai Nunsui, kelurahan Oesapa Barat, penjabat walikota mendapati anggota komunitas Sengkaung yang diketuai oleh Janis Dumalang sudah membakar sampah-sampah berupa sampah plastik dan daun-daunan yang berada diseputaran pantai.

Berbincang dengan ketua dan anggota komunitas, penjabat mengapresiasi gerakan bersih sampah ini.

“JIka semua paguyuban, komunitas dan masyarakat terlibat dalam pembersihan dan menjaga lingkungan agar bersih, serta media mempublikasikan gerakan ini maka tidak akan ada lagi cerita sampah di kota Kupang.” Kata George.

Media, lanjutnya, “Harus memberitakan tentang gerakan seperti ini. Dan semua gerakan ini positif dan itu akan terus berlanjut dan menyatu dengan masyarakat agar membersihkan temapt dimana kita hidup. Ini tanggung jawab semua orang yang tinggal di kota. Mulai sudah kelola sampah mulai dari rumah, lingkungan hidup,  tempat usaha, dsbnya. Gerakan ini harus dimulai dari diri sendiri. Jangan tunggu semua dari pemerintah.” Tegas George memotivasi

Kedepan, ujar Geroge, “Kita akan ciptakan TPS3R. Dan sampah tidak akan sampai ke TPS lagi. Tapi ini bukan sulap tapi butuh proses. Semua harus sadar dan kelola sampah sudah mulai dari diri sendiri dan dari rumah tangga, dari tempat usaha, tempat pariwisata kantor-kantor dll sbgnya.” Anjur Geroge mengajak.

Ketua komunitas mengatakan kita mulai dan ingin memptivasi masyarakat untuk memulai gerakan kebersihan di ruang publik.

“Kepada paguyuban saya himbau,  karena kita berada diperantauan kalau bisa bersama kolaborasi dengan pemkot untuk bersihkan sampah di spot yang kumuh dan harus mulai dari diri sendiri. Kepada mssyarakat Kota Kupang ayo mari bersihkan lingkungan hidup dari rumah tangga masing-masing, kelola sampah dengan benar, jaga lingkungan selalu bersih.” Ujar Janis mengajak.

Untuk rencana pembersihan ke spot lain akan disusun bersama komunitas lain yang akan ikut gabung nantinya.

“Kami akan kolaborasi dengan komunitas Kawanua dan PERBS untuk gerakan pembersihan selanjutnya.” Ujar Janis.

Sementara Lurah Oesapa Kiai Kia mengatakan ia apresiasi upaya Komunitas Kerukunan Keluarga Sangihe Talaud yang sudah datang dan memberi diri bagi kelurahan Oesapa membersihkan lingkungan pantai ini.

“Kami sebenarnya malu juga karena komunitas sudah duluan bersihkan wilayah kami tapi kami anggap ini sebagai motivasi.” Ujar Kiai.

Tapi ia mengatakan secara jujur bahwa kesadaran masyarakat memang masih rendah dalam hal kelola kebersihan dan masih buang sembarang sampah.

Tapi ke depan kami minta komunitas dapat berkomunikasi dengan pemerintah Oesapa agar pemerintah kelurahan bisa  sertakan masyarakat ikut kerja bakti.

Tapi karena ada masa transisi rt maka akan usahakan lewat rt rw untuk gerakkan masyarakat kerja bakti.|| juli br