Penjabat Wali Kota Kupang Lepas Peserta Lari Obor Pattimura

Birokrasi Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT||Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH, melepas para peserta Lari Obor Pattimura yang digelar Ikatan Warga NTT Asal Maluku (Iwasma) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pattimura ke 206, Sabtu (20/5). Pelepasan ditandai dengan penyerahan obor oleh Penjabat Wali Kota didampingi Ketua Iwasma, Ir. Elvianus Wairata, M.Si dan para sesepuh Iwasma di halaman parkir Kantor Bank Mandiri Cabang Kupang, Jl. Urip Sumoharjo, Kota Lama Kupang.

Kepada para pemuda Maluku peserta Lari Obor Pattimura, Penjabat Wali Kota berpesan untuk melanjutkan semangat juang Pattimura membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya Kota Kupang. Iwasma diajak untuk turut terlibat dalam berbagai program prioritas Pemerintah Kota Kupang. “Lawamena haulala (maju terus pantang mundur)” pekiknya sambil menyerahkan obor kepada perwakilan pemuda peserta Lari Obor Pattimura.

Pesan senada juga disampaikan Wakil Gubernur NTT, Dr. Drs. Josef Nae Soi, yang menerima peserta Lari Obor Pattimura di garis finish yang bertempat di Alun-alun Kota Kupang, Kelapa Lima. Menurutnya teladan Pattimura sebagai pahlawan nasional harus menjiwai semangat dan memberi motivasi kepada pemuda Maluku di NTT untuk berkolaborasi dengan pemerintah membangun daerah ini. Saat ini menurutnya Pemkot Kupang tengah berjuang berperang melawan sampah. Karena itu Wagub minta dukungan Iwasma untuk menjadikan Kota Kupang bersih, bebas dari sampah.

Ketua Ikatan Warga NTT Asal Maluku (Iwasma), Ir. Elvianus Wairata, M.Si, menyampaikan peringatan hari ulang tahun Pattimura yang ke 206 tahun ini sengaja mereka gelar bersamaan dengan Hari Kebangkitan Nasional dengan tujuan agar Obor Patimura bisa membakar semangat Pattimura muda untuk turut terlibat membangun NTT yang sejahtera dan Kota Kupang yang berbudaya. “Kalau 206 tahun lalu Thomas Mattulesy (Pattimura) berjuang melawan penjajah, sekarang kita berjuang melawan stunting, kemiskinan, pengangguran serta berjuang mewujudkan kebersihan dan keindahan kota,” ungkapnya.

Ketua panitia kegiatan, Rain Louhenapessy menjelaskan peringatan HUT Pattimura yang ke 206 kali ini mengusung tema, ‘Dengan Semangat Perjuangan Pattimura Ketong Membangun NTT’. Selain Lari Obor Pattimura, panitia juga sebelumnya menggelar donor darah dan gerakan pungut sampah di pesisir pantai Oesapa untuk mendukung Pemkot Kupang menjaga kebersihan kota.

Setelah melepas peserta Lari Obor Pattimura, Penjabat Wali Kota juga ikut serta dengan rombongan berjalan kaki hingga titik finis. Di sana obor diserahkan kepada Wakil Gubernur NTT. Para undangan dan pengunjung disuguhi dengan berbagai hiburan atraksi seni dan budaya khas Maluku, seperti tari lenso, tari katreji, permainan trompet.|| jbr

Sp*PKP_ans