Penjabat Wali Kota Buka Kegiatan Kick Off Serambi Tahun 2024

Birokrasi Religi Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT.com||Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, SE., M.Si menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) Tahun 2024 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (18/03). Hadir dalam Kegiatan tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjayati, Direktur TI dan Operasional Bank Indonesia Perwakilan Provinsi NTT, Hilarius Mingu, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ketua MUI Provinsi NTT, Drs. H. Muhammad S. Wongso, Ketua LPPOM MUI NTT, Dr. Khalid K. Moenardy, M.Si, Direktur Bank NTT, Para Pimpinan Perbankan, serta wartawan dari berbagai media.

Kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) merupakan kegiatan yang dicanangkan Bank Indonesia untuk pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas kepada masyarakat pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Penjabat Walikota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, SE., M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1445 Hijriah kepada umat muslim yang hadir dan mendoakan semoga umat muslim diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadhan. Penjabat Wali Kota juga memberikan apresiasi serta menyambut baik dan memberikan dukungan atas penyelenggaraan kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri Bank Indonesia Tahun 2024 untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai serta untuk menyediakan layanan kas kepada masyarakat pada periode ramadhan dan Idul Fitri.

“Ketersedian uang layak edar sangat penting baik untuk menunjang aktivitas masyarakat, aktivitas ekonomi, maupun keperluan bersilaturahmi terutama di hari-hari besar keagamaan. Selaku Pemerintah Kota Kupang, saya menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah memilih Kota Kupang sebagai salah satu sasaran kegiatan Serambi 2024 ini,” ujarnya.

Penjabat Wali Kota menilai bahwa event Serambi Tahun 2024 merupakan bentuk kepedulian Bank Indonesia dalam rangka mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan juga wujud perhatian Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah bagi masyarakat, dengan mengusung tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkat”. Ia berharap, sesuai tujuannya, melalui kegiatan ini dapat semakin meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap gerakan cinta, bangga, dan paham (CBP) rupiah.

Lebih lanjut ia berharap melalui kegiatan Kick Off Serambi 2024, lebih banyak masyarakat yang berbelanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan, belanja produksi dalam negeri serta menabung dan berinvestasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui rupiah. Di akhir sambutan, tak lupa Penjabat Wali Kota Kupang berterima kasih kepada Kepala dan jajaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT yang senantiasa menjaga jalinan sinergi dengan Pemerintah Kota Kupang selama ini, terutama dalam mendukung upaya Pengendalian Inflasi di Kota Kupang.

Penjabat Wali Kota menyebutkan bahwa per bulan Februari 2024 Inflasi di Kota Kupang mengalami kenaikan dibandingkan dengan bulan lalu sebesar 3.06 dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 105,60. Inflasi month to month dan inflasi year to date Kota Kupang masing-masing sebesar 0,32 persen dan 1,30 persen. Angka tersebut berada di atas angka nasional dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk itu ia mengajak semua stakeholder pengendalian inflasi untuk lebih terus berupaya menekankan harga komoditas penyumbang inflasi.

Ia juga mengajak semua pihak khususnya Bank Indonesia dan perbankan untuk meningkatkan sinegritas dan kerja kolaborasi guna menekan tingginya angka inflasi di Kota Kupang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjayati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh pejuang Rupiah, baik dari Bank Indonesia maupun perbankan yang selalu berupaya semaksimal mungkin menyediakan Rupiah kepada masyarakat. Ia menjelaskan bahwa kegiatan Serambi merupakan bentuk sinergi bersama antara Bank Indonesia, perbankan, beserta seluruh stakeholders, terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan uang perbankan dan masyarakat jelang lebaran dan Idul Fitri. Ia juga menyampaikan apresiasi seluruh pihak yang turut mendukung terlaksananya kegiatan. “Semoga sinergi dan kontribusi yang kita lakukan menjadi berkah di bulan yang penuh rahmat ini. Kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) tahun 2024 merupakan kegiatan Serambi tahun ke-3 yang dilaksanakan secara nasional dan serentak di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam Negeri. Kegiatan pelayanan penukaran uang dilaksanakan setiap tahun. Serambi juga merupakan respon Bank Indonesia dan perbankan guna memenuhi kebutuhan uang Ramadan dan Idulfitri (RAFI) yang secara siklus tahunan secara nasional cukup tinggi,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjayat bahwa Pada tahun 2024, Kegiatan Serambi mengambil tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”. Tag line ini mencerminkan dukungan dan layanan Bank Indonesia dan Perbankan dalam mendorong perekonomian namun sekaligus juga mengimbau agar masyarakat bijak menggunakan Rupiah. “Ada 3 rangkaian kegiatan utama yang akan dilaksanakan pada kegiatan Serambi Bank Indonesia Perwakilan Provinsi NTT di tahun 2024 antara lain Layanan penukaran uang, lomba dakwah, lomba qasidah, dan lomba cerdas cermat antar santri, serta sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah,” jelasnya.

Di akhir sambutan, Agus menjelaskan layanan yang diberikan berupa penukaran uang bagi masyarakat yang bersinergi dengan 23 bank di Kota Kupang. Masyarakat dapat melakukan penukaran uang di loket perbankan di seluruh wilayah NTT yang tersebar di 70 titik penukaran pada loket perbankan. Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dapat mengunjungi website https://bit.ly/Selatan-NKRI. Sedangkan untuk masyarakat yang akan menukarkan uang di mobil layanan Kas Keliling Bank Indonesia dapat menggunakan aplikasi pintar, https://pintar.bi.go.id). Layanan penukaran uang akan dilaksanakan mulai hari ini, 18 Maret 2024 di halaman Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT, lalu selanjutnya Layanan Kas Keliling Bank Indonesia dan Perbankan akan dilaksanakan di Hypermart Bundaran Tirosa pada tanggal 20, 21, 22, 27 dan 28 Maret 2024, LANUD Eltari pada tanggal 26 Maret 2024 dan juga ada lomba dakwah antar pelajar, qasidah, serta cerdas cermat santri. “Kami bekerja sama dengan MUI, majelis taklim dan pihak terkait lainnya. Rencananya kegiatan final akan dilaksanakan di rumah jabatan Gubernur Provinsi NTT pada bulan April 2024. Untuk mendukung perekonomian, pada periode RAFI 2024 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT telah menyiapkan uang rupiah sebanyak Rp 2,48 Triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan penukaran jelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, termasuk untuk mengakomodir proyeksi perbankan atas kebutuhan masyarakat dan perbankan sebesar Rp 748 Miliar,” pungkasnya. ||**

Sp.PKP_nit