Pasien sembuh di NTT meningkat jadi 1.385 orang (57,2 %), hari ini 48 orang sembuh

Birokrasi Kesehatan Regional

NTT,Top News NTT|| Walau setiap hari terus bertambah pasien positif Covid-19 di NTT selama 6 hari di Tahun 2021, namun jumlah pasien sembuh juga terus alami peningkatan.

Dari rilis data perkembangan Covid-19 satgas gugus tugas provinsi NTT, walau hari ini 9 wilayah bertambah data kasus baru positif sebanyak 34 kasus, namun pasien sembuh juga bertambah setiap harinya. Hari ini (Rabu, 6/01) pasien sembuh bertambah 48 orang dinyatakan sembuh hari ini yang berasal dari kabupaten Belu 12 orang, kota Kupang 17 orang, kabupaten Kupang  1 orang, kabupaten Lembata 1 orang, kabupaten Rote Ndao 5 orang dan dari kabupaten Sikka sebanyak  12 orang. Sehingga total sembuh hingga hari ini di NTT sebanyak  1.385 orang atau 57,2 % yang tersebar merata di 22 kabupaten kota.

Hal ini tentu kabar menggembirakan bahwa Virus ini dapat diatasi jika masing-masing individu taat protokol kesehatan 3M.

Walau hari ini kota Kupang hanya bertambah 8 orang kasus positif, tapi sampai hari ini dari data satgas gugus tugas terdata jelas bahwa kota Kupang masih memberi kontribusi tertinggi pasien positif.  Bahkan saat ini  kluster penyebaran adalah transmisi lokal. Dari kota Kupang saja jumlah spesimen yang diperiksa yaitu PCR di RSUD W.Z.Yohanes Kupang sebanyak 70 orang.

Dengan pertambahan 8 orang positif hari ini, total positif di kota Kupang sudah mencapai  1.064 orang, sembuh sebanyak  392 orang, dirawat sebanyak 641 orang dan meninggal 31 orang.

Ke 34 kasus baru positif Covid-19 hari ini dari 9 wilayah; antara lain dari kabupaten Lembata sebanyak  1 orang  perempuan kluster pelaku perjalanan dari Makasar.

8 Orang positif dari kota Kupang adalah  3 orang laki-laki dan  5 orang perempuan kluster transmisi lokal.

1 Orang laki-laki dari Manggarai Barat juga kluster transmisi lokal.

Dari Flores Timur tambah 3 orang yaitu  1 orang laki-laki dan  2 orang perempuan transmisi lokal.

Sikka tambah hari paling banyak kasus baru yaitu 10 orang dan sudah merupakan kluster transmisi lokal. Dibanding seminggu sebelumnya masih kluster pelaku perjalanan luar NTT. 10 orang positif hari ini terdiri dari 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

Sedangkan Kabupaten Manggarai tambah 8 orang positif hari ini yaitu  1 orang laki-laki pelaku perjalanan dari Ende, dan 7 orang transmisi lokal terdiri dari 2 orang laki-laki dan  5 orang perempuan.

Kabupaten Rote Ndao tambah 1 orang laki-laki transmisi lokal.

Kabupaten Sabu Raijua tambah 1 orang laki-laki kluster perjalanan dari kota Kupang.

Dan terakhir dari kabupaten Manggarai Timur tambah 1 orang laki-laki transmisi lokal.

Jumlah spesimen yang diperiksa hari ini cukup banyak yaitu masih tinggi yaitu  284 spesimen, terdiri dari pemeriksaan PCR  di RSUD WZ. JOHANNES sebanyak 282 spesimen yang berasal dari kabupaten Sikka sebanyak 43 spesimen, kota Kupang 70 spesimen, Kabupaten Flores Timur sebanyak  87 spesimen, kabupaten Manggarai Timur sebanyak 8 spesimen, kabupaten Manggarai sebanyak  46 spesimen dari kabupaten Rote Ndao sebanyak 25 spesimen dari 279 orang.

Pemeriksaan TCM 1 spesimen dari kabupaten Manggarai Barat.
PCR yang dipriksa di Makasar 1 spesimen berasal dari Kabupaten Lembata.

Presentase rata-rata positif masih tinggi yaitu  21,5 % (WHO <5%) walau sedikit menurun dibandingkan sehari sebelumnya yang masih 22,57%.

Total positif hingga hari ini di NTT mencapai 2.421 orang dan hari ini tidak ada meninggal dunia.|| juli br

Sumber : data satgas gugus tugas Covid-19 NTT