PANTAU VAKSINASI, WABUP BELU MINTA PRIORITASKAN KELOMPOK RENTAN

  • Bagikan

 

ATAMBUA, TOPNewsNTT||Pemerintah Kabupaten Belu berperan memastikan kelompok rentan seperti lansia, penyandang disabilitas, masyarakat pra sejahtera, petani, ibu hamil atau menyusui, pekerja seks komersial dan termasuk orang dengan HIV/AIDS telah menjalani vaksinasi.

Pelaksanaan vaksin ini merupakan bagian dari kebijakan pemerintah yang menempatkan vaksinasi bagi kelompok rentan sebagai prioritas.
“Vaksinasi sangat penting untuk kekebalan tubuh dalam memerangi penyebaran virus covid-19,” ungkap Wakil Bupati Belu Dr. Drs Aloysius Haleserens MM saat memantau secara langsung kegiatan vaksinasi covid-19 bagi Kelompok Rentan di Kelurahan Manumutin Kecamatan Kota Atambua, Jumat (07/10/2022).

Disampaikan bahwa, bagi warga masyarakat yang sudah mendapat vaksin yang pertama, agar segera diikuti dengan vaksin kedua dan ketiga. Menurutnya, vaksin ini sangat penting bagi kekebalan tubuh dalam memerangi penyebaran virus covid-19.
“Selain menjaga tubuh kita agar tidak terinfeksi. Vaksin ini sangat bermanfaat untuk kepentingan kita semua, dimana kita saling menjaga agar tidak terjadi penyebaran virus covid-19 di tengah-tengah kita,” imbuh Wabup Belu.

Sementara itu, Project Officer CIS Timor Kabupaten Belu, Cosmas Davidson menjelaskan, program ini dicanangkan oleh Australia Indgonesia Health Partnership di empat Kabupaten yang salah satunya adalah Kabupaten Belu.
“Kita bekerjasama dengan Save The Children dan CIS Timor, dengan memberdayakan organisasi lokal untuk melakukan vaksinasi bagi kelompok rentan. Jangkuan kelompok rentan kita yang utama adalah lansia, disabilitas, masyarakat pra sejahtera, petani,ibu hamil atau menyusui, pekerja seks komersial dan termasuk orang dengan HIV/ AIDS,” ungkap Cosmas

Dikemukakan Cosmas, pihaknya berupaya mendekatkan sentra vaksin langsung ke lingkungan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi.

Untuk di ketahui, lokasi yang akan di lakukan vaksinasi selama enam bulan yakni Kecamatan Atambua Barat, Atambua Selatan, Nanaet dan Kecamatan Raimanuk. Pelaksanaan Vaksinasi tahap 1, 2 dan 3 ini terlaksana atas kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Belu dengan LSM CIS Timor.|| juli br

Sp (prokopimbelu)

 

  • Bagikan